Fosil Otak Hewan Berusia 310 Juta Tahun Berhasil Ditemukan

Para peneliti berhasil menemukan fosil otak kepiting tapal kuda yang diduga berasal dari 310 juta tahun lalu. Penemuan fosil otak ini belum pernah terjadi sebelumnya karena biasanya jaringan lunak seperti otak tidak bisa terawetkan hingga jadi fosil.

Mengutip Livescience, fosil otak kepiting tapal kuda yang ditemukan ini berasal dari spesies yang sudah punah, yakni Euproops danae. Penemuan ini dipublikasikan pada 26 Juli 2021 di jurnal Geology.

Fosil otak tersebut ditemukan di Mazon Creek, Illinois, Amerika Serikat. Lokasi itu memang terkenal memiliki kondisi yang tepat untuk menjaga jaringan lunak hewan tetap awet.

Saat ini, ada 4 spesies kepiting tapal kuda yang masih ada. Semuanya memiliki kerangka luar yang keras, dengan 10 kaki dan kepala berbentuk U.

Walaupun bernama kepiting tapal kuda, hewan ini sebenarnya termasuk dalam jenis arakhnida yang punya hubungan erat dengan kalajengking dan laba-laba, menurut The National Wildlife Federation.

Penemuan fosil otak ini sangat luar biasa. Karena belum ada penemuan fosil otak purba yang berhasil ditemukan, walaupun fosil kepiting tapal kuda pada umumnya cukup banyak ditemukan.

"Ini adalah bukti pertama dan satu-satunya terkait otak dalam bentuk fosil kepiting tapal kuda," kata penulis sekaligus ahi paleontologi Russel Bicknell mengutip Livescience, Kamis (5/8/2021).

Kesempatan menemukan fosil otak, lanjut Bicknell, adalah 1 berbanding 1 juta. Bahkan bisa jadi lebih langka lagi.

Pasalnya, jaringan lunak yang membentuk otak sangat mudah mengalami pembusukan dalam waktu yang cepat. Menurut Bicknell, diperlukan kondisi geologis yang sangat khusus atau ambar untuk bisa mengawetkan otak.

Ambar merupakan resin yang dihasilkan pohon. Biasanya ambar akan menjebak berbagai jenis organisme, misalnya serangga, yang akan mengawetkan mereka sebagai fosil.

Dalam kasus ini, kondisi geologis jadi yang paling berperan dalam menjaga kondisi jaringan lunak pada otak, atau lebih tepatnya duplikasi dari otak hewan tersebut.

"Kami memiliki cetakan dari otaknya, bukan otak itu sendiri," tukas Bicknell.

A Fosilnya B Dan C Penggambaran Fosil D Bagian Otak Dari Kepiting Tapal Kuda Masa Kini 0571a

Endapan di Mazon Creek terbuat dari mineral besi karbonat yang disebut siderit, yang kemudian membentuk konkresi atau endapan mineral yang dapat dengan cepat membungkus bangkai hewan dan alhasil mengawetkannya.

Meskipun kondisi tersebut bisa mengawetkan bagian tubuh dari kepiting tapal kuda, jaringan otaknya tetap membusuk dan pada akhirnya menghilang.

Namun, seiring dengan membusuknya otak tersebut akan digantikan oleh mineral tanah liat yang disebut kaolin. Dengan kata lain, mineral tanah liat itu akan berperan seperti gips pada otak dan menghasilkan cetakan otak.

Kaolin berwarna putih, sementara siderit berwarna abu-abu tua. Warna yang kontras ini berhasil membuat fosil otak tersebut terlihat lebih menonjol dari bagian fosil lainnya.

Karena penemuan ini, para peneliti pun mulai mencari lebih banyak fosil otak purba yang mungkin saja terjadi akibat kondisi geologis. Seperti kasus fosil otak kepiting tapal kuda ini.

"Endapan di Mazon Creek ini sangat luar biasa. Jika kita mulai mencari, kita mungkin akan cukup beruntung menemukan lebih banyak (fosil otak)," tutur Bicknell.

Penemuan ini membuat para peneliti mendapatkan kesempatan langka untuk mempelajari bagaimana otak araknida itu berevolusi seiring berjalannya waktu.

Namun mereka mengaku terkejut, karena otak purba tersebut sangat mirip dengan otak kepiting tapal kuda yang hidup pada masa kini. Padahal, fosil otak tersebut diperkirakan berasal dari periode Carboniferous, yakni sekitar 359 juta 299 juta tahun yang lalu.

"Walaupun mengalami evolusi selama 300 juta tahun, fosil otak kepiting tapal kuda masih terlihat cukup mirip dengan otak yang sekarang," tutup Bicknell.