Bumi Tengah Alami Fenomena Aphelion | Suhu di Indonesia Bertambah Dingin

Apakah kamu merasa pagi hari tadi atau beberapa hari belakangan suhu di pagi hari dan malam hari terasa lebih dingin dari biasanya?

Rupanya ada fenomena alam yang menyebabkan hal ini terjadi. Bumi saat ini tengah berada di titik terjauhnya dengan Matahari.

Fenomena antariksa ini disebut sebagai Aphelion yang terjadi pada Rabu (06/07/2021) kemarin. Pihak Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan) sendiri yang menjelaskan fenomena tersebut.

Tidak seperti kejadian antariksa lainnya, seperti fenomena gerhana matahari misalnya, Aphelion tidak bisa dilihat tetapi dampaknya bisa dirasakan oleh masyarakat.

Apa Dampak Aphelion ke Bumi?

Aphelion Terjadi Berapa Kali 83582

Peneliti dari Pusat Sains dan Antariksa Lapan, Andi Pangerang menjelaskan, Aphelion adalah fenomena di mana letak Bumi saat itu ada titik terjauh dengan Matahari. Hal tersebut terjadi lantaran orbit Bumi tak sepenuhnya lingkaran sempurna, melainkan berbentuk elips.

"Karena berbentuk elips, setiap tahunnya Bumi berada pada jarak terdekat dengan Matahari (yang disebut Perihelion) yang terjadi setiap Januari, dan berada pada jarak terjauh dari Matahari (yang disebut sebagai Aphelion) yang terjadi setiap bulan Juli," terang Andi seperti dilansir dalam Kompas.com.

Andi turut menambahkan kalau fenomena Aphelion tersebut terjadi pada 6 Juli 2021 antara pukul 05.27 WIB atau 06.27 WITA atau 07.27 WIT.

Sebenarnya, fenomena Aphelion tak memberikan dampak yang signifikan bagi Bumi. Karena ini terjadi pada pertengahan tahun, siklus tersebut masuk saat musim kemarau di Indonesia sehingga bikin suhu dingin terjadi di pagi hari belakangan ini.

"Kejadian ini nanti berlangsung sampai dengan Agustus, dan merupakan hal yang biasa pada musim kemarau," tambah Andi.

Menurut Andi, turunnya suhu di pagi hari ketika musim kemarau disebabkan oleh tutupan awan yang sedikit.

Hal ini menyebabkan tidak adanya panas dari permukaan Bumi yang diserap dari cahaya Matahari, yang dilepaskan pada malam hari kemudian dipantulkan kembali ke permukaan Bumi oleh awan.

Angin Penyebab Dingin yang Lebih Signifikan

Dampak Aphelion 56744

Pasti kamu masih ingat kehebohan Matahari yang terbit di sebelah utara beberapa waktu lalu. Nah, tekanan udara di Bumi belahan utara memang lebih rendah apabila dibandingkan belahan selatan yang sedang musim dingin.

Sehingga angin bertiup dari arah selatan menuju utara dan sekarang angin yang bertiup ini berasal dari arah Australia yang tengah musim dingin.

Dampaknya yakni efek penurunan suhu, khususnya di Pulau Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara, yang terletak di selatan khatulistiwa yang saat ini sedang terjadi.

Namun, posisi Bumi yang berada di titik terjauh dari Matahari tidak banyak memengaruhi panas yang diterimanya. Lantaran panasi Matahari terdistribusi ke seluruh Bumi yang secara signifikan disebabkan oleh pola angin.

"Mengingat saat ini angin bertiup dari arah selatan yang musim dingin, maka kita akan merasakan suhu yang lebih dingin," tutur Andi.

"Terlebih, diameter tampak Matahari akan terlihat sedikit lebih kecil dibandingkan rata-rata, yakni sekitar 15,73 menit busur atau berkurang 1,68 persen," tambahnya.

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.

BACA JUGA

10 Potret Jadul Artis yang Sudah Berkarier Sejak Kecil | Maudy Ayunda Bikin Pangling!

Dulu Miliarder, Pemilik Siomay Pink Kini Bangkrut dan Kembali Jualan Keliling Pakai Sepeda

300+ Caption Instagram Keren & Kekinian Terbaik 2021

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.8.0 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

Ilmuwan Perkirakan Penampakan Peta Bumi 250 Juta Tahun ke Depan | Dunia Menyatu Lagi

ARTIKEL TERKAIT
Untitled Design 2021 02 12t163838 330 3010d
7 Artis Indonesia yang Menikah dengan Teman Sekolahnya, Teman Tapi Menikah!
Artis Indonesia Di Luar Negeri 140d6
10 Orang Indonesia Ini Jadi Artis di Luar Negeri, Tak Dihargai di Tanah Air?
Untitled Design 2021 02 10t155304 121 56944
7 Artis Indonesia yang Pernah Terjerat Utang Besar, Sampai Dipenjara!
Untitled Design 2021 02 10t125159 104 675aa
5 Artis Indonesia yang Ngamuk di Acara TV, Emosi Hingga Lepas Kendali?
Tags Terkait: Alam
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal