5 Fakta Menjijikan dari Hewan Paling Menjijikan, Jijiknya Kuadrat!

Default

Ketika berbicara mengenai binatang, di benakmu pasti terbayang hewan berbulu yang imut, kan? Nyatanya, ada juga lho hewan-hewan yang mengerikan dan menjijikan.

Sebagai sesama makhluk hidup, tentu saja kita harus menghormati hewan. Namun, mungkin kamu bakalan menjaga jarak dengan hewan berikut, apalagi setelah mengetahui fakta-fakta menjijikan dari hewan tersebut.

Mulai dari hewan yang suka muntah dan BAB sembarangan hingga melahirkan dari punggung, berikut adalah fakta menjijikan dari hewan paling menjijikan.

1. Lalat Muntah dan BAB Setiap Kali Mereka Mendarat di Makanan

Lalat adalah hewan menjijikan yang paling umum kamu temui sehari-hari. Kebiasaan lalat hinggap di makanan ternyata lebih menjijikan dari yang kamu kira, lho.

Kalau kamu sering mendengar rumor tentang lalat yang muntah, hal itu bukanlah mitos, geng. Lalat tidak dibuat untuk memakan makanan padat seperti manusia, jadinya mereka harus mencairkannya agar dapat dicerna.

Untuk melakukan ini, mereka menggunakan corong di moncongnya untuk mengubah makanan menjadi cairan, dan kemudian memuntahkannya sehingga mereka dapat dengan mudah memakannya.

Selain proses yang menjijikkan itu, lalat juga banyak mengeluarkan kotoran. Karena lalat terlalu banyak muntah, mereka perlu minum banyak air untuk menghindari dehidrasi.

Apa yang masuk harus selalu keluar. Jadi seringkali, kotoran dan muntahan lalat hinggap setiap kali mereka mendarat di atas sesuatu.

Penting juga untuk diperhatikan bahwa lalat merasakan dengan kaki mereka. Dan mereka merasakan banyak hal, bahkan benda yang bukan makanan, termasuk kotoran hewan lain.

Jadi, ketika lalat hinggap di makanan, kamu gak akan pernah tahu jenis kuman apa yang mungkin mereka bawa. Hiii.., ngeri banget kan, geng?

2. Isopoda Pemakan Lidah Betina Memakan Ikan yang Hinggapi dari Dalam

Cymothoa exigua adalah krustasea dan parasit yang hidup di laut, tetapi banyak yang menyebutnya sebagai "isopoda pemakan lidah" karena kebiasaan menjijikkan yang dimilikinya.

Ketika dewasa, makhluk yang sekilas mirip kecoa laut ini dapat berubah kelamin dari jantan menjadi betina. Nah, isopoda betina lah yang suka memakan lidah ikan lain.

Ketika masih muda, isopoda ini menyerang ikan dengan cara masuk melalui insang. Awalnya, mereka semua laki-laki, tapi kemudian satu akan berubah menjadi perempuan.

Isopoda betina akan menempelkan dirinya pada lidah ikan dan menghisap darah dari ikan tersebut. Hal itu bikin lidah ikan lama-kelamaan mengkerut.

Alhasil isopoda tersebut menggantikan peran dari lidah ikan. Ikan betina terus memakan darah dan lendir ikan, sedangkan ikan jantan biasanya tinggal di dalam insang.

Betina bahkan mungkin kawin dan bereproduksi dengan salah satu jantan sambil nongkrong di mulut ikan.

Untungnya, makhluk menjijikkan ini hanya menyerang ikan. Tapi kamu bisa menemukannya di beberapa ikan yang Anda makan. Jadi, kalau kamu pernah menangkap ikan untuk dimasak, ada baiknya cek mulutnya terlebih dahulu.

3. Lintah Bisa Tumbuh Hingga 0,5 Meter

Kalau kamu suka nonton film atau acara TV anak-anak, kadang-kadang terdapat adegan di mana seseorang yang berenang di air tiba-tiba tubuhnya dipenuhi lintah. Meski terlihat lucu, namun di dunia nyata hal ini cukup mengerikan, lho.

Lintah adalah parasit lembut penghisap darah yang sangat hebat dalam masuk ke ruang kecil. Makanya, kamu wajib banget berhati-hati ketika memasuki air yang menjadi habitat lintah.

Nyatanya, lintah gak selalu kecil seperti yang kamu bayangkan. Mark Siddall dari Museum Sejarah Alam Amerika telah meneliti lintah dengan cermat dan menemukan lintah Amazon dengan panjang hampir setengah meter.

Sebagai referensi, lintah tersebut berukuran sama dengan lengan pria dewasa. Lintah dapat bertahan hidup bahkan setelah kehilangan 80% air tubuh mereka.

Kalau dihisap darahnya oleh lintah ini, bisa-bisa kita mati kering kehabisan darah ya, geng?

4. Kodok Suriname Melahirkan dari Punggung

Kebanyakan hewan melahirkan dengan bertelur atau melalui melahirkan seperti manusia. Tetapi kodok Suriname punya cara yang unik sekaligus menjijikan.

Hewan amfibi yang gepeng seperti daun ini melahirkan bayinya dari punggungnya, bukan dari alat reproduksi biasa. Kebayang gak sih betapa menjijikannya hal tersebut?

Di habitatnya yaitu hutan hujan Amerika Selatan, kodok ini kawin ketika jantan menempatkan puluhan telur yang telah dibuahi ke punggung betina.

Setelah itu, si kodok betina akan menumbuhkan kulit di punggung untuk melindungi telurnya. Setiap lubang di punggung kodok betina adalah rahim kecil untuk bayi kodok. Mirip bubble wrap gitu deh geng.

Begitu bayi-bayi itu sudah cukup dewasa, alih-alih menetas secara normal, mereka meletus dari punggung ibu mereka sebagai anak kodok kecil.

Mereka tetap berada di air saat mereka terus tumbuh. Tetapi tidak seperti kebanyakan katak dan kodok, mereka melewatkan tahap kecebong.

5. Hagfish Menghasilkan Banyak Lendir yang Menyebabkan Kecelakaan

Pernahkah kamu menyaksikan atau mengalami kecelakaan lalu lintas? Nah, bagaimana perasaanmu ketika mengetahui bahwa kecelakaan itu bisa saja disebabkan oleh lendir hewan?

Hagfish adalah ikan silindris yang bentuknya seperti belut. Mereka memiliki tubuh berwarna abu-abu merah muda yang bakal menghasilkan lendir ketika dipegang.

Saat merasa terancam atau stres, mereka tidak segan-segan mengeluarkan lendir ini dalam jumlah yang sangat banyak. Bahkan, terdapat sebuah kasus kecelakaan yang disebabkan oleh lendir hagfish.

Pada 2017, sebuah truk yang mengangkut hagfish terbalik di jalan raya Oregon. Karena panik, ratusan hingga ribuan hagfish tersebut spontan mengeluarkan lendir dalam jumlah sangat besar.

Saking banyaknya, lapisan lendir hagfish tersebut sampai menutupi jalan raya. Alhasil, terjadilah kecelakaan beruntun yang gak dapat dihindari karena jalanan yang super licin.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai fakta menjijikan dari 5 hewan paling menjijikan di dunia. Membayangkannya saja sudah bisa bikin merinding ya, geng?

Sampai jumpa lagi di artikel menarik Jaka selanjutnya!

Baca juga artikel IPTEK atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba.

BACA JUGA

5 Misteri Samudera Pasifik Paling Seram, Ada Monster di Indonesia?

Nonton Film Mortal Kombat (2021) | Ketika Joe Taslim Jadi Villain Super Kuat

Kosmonot China Ketakutan! Ini 7 Hal Aneh Dialami Astronot di Luar Angkasa

Download Higgs Domino MOD APK v1.69 Terbaru 2021 | Unlimited Money!

5 Perubahan Wajah Artis Indonesia Paling Drastis, Bikin Pangling!

ARTIKEL TERKAIT
6 Danau Paling Aneh Di Dunia Ad688
6 Danau Paling Aneh, Ada yang Airnya Mendidih dan Punya Gunung di Dalamnya!
Untitled Design 2021 02 26t213728 514 205e9
12 Fenomena Alam di Dunia yang Bikin Kamu Ternganga, Serasa Ngintip Surga!
Fenomena Sains Di Al Qur An 30961
7 Fenomena Sains Mencengangkan yang Terbukti di Al-Quran
Page3 76a10
5 Fenomena Sains Ini Bikin Bingung Para Ilmuwan, Benarkah UFO Sungguh Ada?
5271db475fed92f64b866b9a562a2c2d
10 Penemuan Paling Penting di Bidang Teknologi Hingga Saat Ini
Gadget Masa Lalu F2b2c
10 Penemuan Gadget di Masa Lalu Ini Pasti Bikin Kamu Bengong
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal