J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Fakta Lubang Neraka (Legendaris) yang Ditemukan Ilmuwan Rusia | Hoaks Atau Nyata?

Senin, 5 Apr 2021, 14:45 WIB
Pernah dengar rumor ditemukannya lubang neraka yang ditemukan ilmuwan di Rusia pada awal tahun 2000-an ternyata begini faktanya!

Buat para anak milenial pasti masih ingat di masa kecil dengan viralnya sebuah lubang menuju ke neraka di Rusia oleh ilmuwan pada sekitar awal tahun 2000-an dulu.

Dari situ, merebak pula rekaman "suara neraka" dan rumor panasnya yang mencapai 1.000 derajat Celcius yang ditemukan di kedalaman hingga 14 kilometer di perut Bumi.

Urban legend ini merebak di internet terjadi sejak tahun 1997 dan pernah diberitakan dalam acara stasiun televisi religius asal Amerika Serikat, Trinity Broadcasting Network pada tahun 1998.

Cerita ini bermula saat tim engineer Rusia yang dipimpin Azakov menggali sebuah lubang di kawasan Siberia hingga kedalaman 14,4 kilometer hingga mencapai sebuah rongga.

Penasaran dengan rongga tersebut, mereka menurunkan mikrofon dan perangkat sensor tahan panas lainnya masuk ke dalam lubang tersebut.

Mereka mengklaim bahwa lubang tersebut panasnya tembus hingga lebih dari 1.000 derajat Celcius ditambah terdengar suara manusia yang seperti tengah mengalami siksaan. Mereka pun berkesimpulan kalau telah menemukan neraka di sana.

Rumor ini makin berlanjut dengan kisah kalau mereka dirawat paramedis yang memberi mereka obat untuk mengahapus ingatan jangka pendek mereka tersebut, sehingga cerita ini ditutup rapat.

Fakta Sebenarnya Lubang Neraka Rusia

Lubang Neraka Surabaya 7510d

Semua klaim dan cerita yang disebutkan sebelumnya tentu saja adalah kabar hoaks semata. Bahkan rekaman suara 'neraka' ini belakangan diketahui adalah hasil gabungan suara-suara lain yang direkayasa.

Sebenarnya, penggalian Kola Superdeep Borehole memang benar dilakukan di Uni Soviet sejak tahun 1970-1992. Namun, lokasinya bukanlah di Siberia melainkan di semenanjung Kola yang berbatasan dengan Norwegia dan Finlandia.

Sebenarnya, penggalian lubang sedalam 12 kilometer ini merupakan untuk kepentingan sains dan tidak ada sama sekali unsur 'gaib' dan supernatural lainnya.

Pada kedalaman lubang ini bahkan ditemukan air yang sebelumnya dianggap tidak mungkin. Selain itu, pada kedalaman 7 kilometer terdapat fosil mikroskopis dari 24 spesies!

Penggalian lubang ini juga berhasil membuat akses untuk penemuan bebatuan yang ternyata berusia 2,7 miliar tahun. Namun, tinggi suhu panas lubang ini tidak memungkinkan penyelidikan lebih lanjut.

Meski begitu kedalaman Bumi tetap menyimpan beragam misteri hingga sekarang. "Penggalian lubang semacam ini dilakukan karena kita hanya tahu lebih sedikit apa yang ada di bawah kaki kita dibandingkan di Tata Surya," cetus Hank Green, presenter acara sains SciShow dikutip dari BBC.

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana

BACA JUGA

7 Pohon Tertua di Bumi | Candi Borobudur dan Piramida Mesir Kalah Tua!

Download Capcut Pro MOD APK v3.1.0 Terbaru 2021 | No Watermark & Premium Unlocked!

6 Aktris Indonesia yang Punya Perut Six Packs | Bikin Para Cowok Iri!

75+ Nada Dering WA Terbaru & Terlengkap 2021, Gratis!

5 Atlet Esports yang Banting Stir Jadi Content Creator, Makin Sukses?

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Cari Teman Sekitar Terbaik 2020 Banner Ba87c
10 Aplikasi Cari Teman di Sekitar Kita Terbaik 2020, Bisa Dapat Jodoh?
Aplikasi Pencari Kerja 7a188
8 Aplikasi Pencari Kerja Terpercaya & Terbaik, Setiap Hari Ada Loker!
Aplikasi Edit Nama Ac2cf
7 Aplikasi Edit Nama Terbaik & Terbaru 2020 | Nama Makin Kece!
Aplikasi Al Quran Terbaik 277be
12 Aplikasi Al Quran Bahasa Indonesia Terbaik dan Terlengkap 2021
0 Vnxpzxovujy72qvg Custom 5a5dc
Cara Mudah Mengubah Bahasa di Aplikasi Google Classroom di HP & PC
Menerjemahkan Tulisan Lewat Kamera Banner 4ad20
Trik Cepat untuk Menerjemahkan Tulisan Bahasa Asing dengan Kamera, Gak Ribet!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal