5 Tipe Dinosaurus Paling Mengerikan dalam Sejarah, T-Rex Kalah Serem!

Dinosaurus adalah salah satu kelompok hewan purbakala yang masih terus jadi bahan diskusi ilmiah hingga saat ini. Banyak yang menduga bahwa ia hidup berdampingan dengan manusia purba, walau punah sebelum era peradaban manusia modern.

Berbicara tentang dinosaurus, mungkin selama ini kamu bertanya-tanya, kira-kira spesies apa yang paling menyeramkan dan buas dalam sejarah?

Nah, pertanyaanmu bakal terjawab lewat artikel ini, geng. Jaka secara spesifik bakal membahas dinosaurus paling mengerikan dalam sejarah peradaban dunia. Selamat membaca!

1. Carnotaurus

Dino5 Custom 87225

Berasal dari bahasa Latin carno (=daging) dan taurus (=banteng), nama Carnotaurus bisa diartikan sebagai "banteng pemakan daging".

Kalau dibandingkan dengan dinosaurus lain, carnotaurus terbilang kecil dengan tinggi hanya 8 hingga 9 meter dan berat sekitar 1,35 ton metrik.

Meskipun begitu, jangan salah! Hewan ini terkenal mampu berlari dengan kecepatan tinggi sambil mengejar mangsanya. Struktur ototnya yang kokoh juga membuatnya sangat mudah mendapatkan mangsa.

2. Spinosaurus

Dino4 Custom Feb00

Spinosaurus dikenal memiliki tubuh yang kokoh dan khas dengan adanya "layar" berupa tulang belakang yang memanjang ke atas.

Ciri khas berupa tulang belakang menyirip (neural spine) itulah yang menjadi dasar penamaan dinosaurus mengerikan satu ini.

Dengan tinggi sekitar 12,6-18 meter dan berat sekitar 21 ton membuat spesies ini begitu ditakuti karena ukurannya yang besar dan lebar. Bahkan melebihi besar T-Rex, lho!

Meskipun begitu, para ilmuwan menganggap bahwa Spinosaurus masihlah sebuah misteri karena ketika ditemukan hanyalah berbentuk fragmen tulang saja.

Kalau kamu nonton film Jurassic Park III, kamu bakal menemukan spinosaurus dengan mudahnya melumat mangsanya dengan sekali gigit. Mengerikan!

3. Utahraptor

Dino3 Custom Aa4e1

Dari namanya saja, kita sudah bisa menebak kalau Utahraptor adalah dinosaurus yang tulang belulangnya ditemukan di Utah, Amerika Serikat.

Hidup di awal Zaman Kapur, spesies dinosaurus yang satu ini memiliki tinggi sekitar 8,7 meter. Ciri khas dinosaurus tersebut adalah panjang kuku kakinya yang bisa mencapai 24 cm.

Nah, berkat kaki yang besar dan kokoh, utahraptor dikenal sebagai sebagai salah satu pelari cepat yang mampu menempuh kecepatan puluhan km/jam.

Selain itu, cakarnya yang besar dan tajam membuatnya mampu mengoyak mangsanya dalam sekejap. Nggak heran spesies ini begitu ditakuti.

4. Giganotosaurus

Dino2 Custom 32390

Memiliki tinggi sekitar 13 meter dan berat sekitar 15,2 ton, Giganotosaurus memiliki postur tubuh dan rangka yang jumbo, persis seperti namanya.

Giganotosaurus sendiri hidup di Zaman Kapur yang merupakan era terakhir kehidupan dinosaurus dan hewan-hewan purba lainnya.

Memiliki gigi yang tajam, giganotosaurus sangatlah buas dan mampu menangkap mangsanya dalam hitungan detik. Yang lebih ngeri, ia dikenal sebagai pelari ulung. Ia mampu berlari dalam kecepatan 50 km/jam!

5. Tyrannosaurus Rex

Dino1 Custom 7758f

Tyrannosaurus Rex menjadi salah satu spesies dinosaurus paling menakutkan dalam sejarah. Apalagi dengan tinggi sekitar 12,3 meter dan berat sekitar 9-10 ton membuat dinosaurus ini jadi sosok yang menakutkan.

T-Rex, demikian nama populernya, pertama kali "dikomersialisasikan" dalam salah satu film dinosaurus terbaik yaitu Jurassic Park (1993).

Nama tersebut diambil dari bahasa latin Tyrannos yang berarti tiran, Sauros yang berarti kadal, dan Rex berarti raja. Jika digabungkan, nama T-Rex artinya raja kadal yang tiran/kejam.

Spesies yang hidup di Zaman Kapur ini digambarkan begitu buas dan ganas. Bahkan reputasinya sebagai karnivora raksasa begitu mengerikan hingga ia tak segan menyantap habis korban-korbannya.

Meskipun begitu, ilmuwan sudah sejak lama mencoba membuktikan kalau T-Rex yang kita kenal sangat mengerikan, sebenarnya gak serem-serem banget.

T-Rex digambarkan para ahli sebagai dinosaurus pemakan bangkai rendahan, alih-alih sebagai pemburu ulung. Gak cuma itu, para ahli percaya kalau tubuh T-Rex dipenuhi bulu.

Penelitian juga menemukan bahwa T-Rex masih berkerabat dengan ayam yang biasa kita konsumsi setiap hari. Menurut kamu, T-Rex masih mengerikan atau nggak, geng?

Akhir Kata

Itulah tadi pembahasan khusus Jaka mengenai tipe dinosaurus paling mengerikan yang terekam dalam sejarah. Gimana menurutmu, geng?

Jangan lupa tuliskan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah. Sampai jumpa di artikel Jaka yang selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Diptya.