J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Bukti Ilmiah Ini Menunjukkan Keberadaan Benua Atlantis, di Indonesia?

Jumat, 19 Mar 2021, 19:15 WIB
Atlantis selalu dianggap sebagai dongeng dari masa ke masa. Tapi ada sejumlah teori yang disebut sebagai bukti Atlantis itu benar-benar ada.

Selama ini, Atlantis masih dianggap sebagai kisah mitologi semata. Memang, pulau legendaris tersebut pertama kali disebut oleh Plato dalam buku Timaeus dan Kritias yang jika dilihat-lihat lebih berupa dongeng daripada catatan sejarah.

Akan tetapi, legenda tentang benua ini sangat hidup hingga jadi pencarian para ilmuwan hingga bajak laut sejak abad pertengahan.

Nah, di abad ke-21 ini, para ilmuwan mulai menemukan beberapa bukti tak terbantahkan akan keberadaan Altantis.

Mau tahu apa saja? Simak ulasan di bawah ini!

1. Temuan Benda-Benda Mitologi di Kapal Karam

Atlantis Itu Nyata 1 893a9

Dalam bukunya, Plato menyebutkan bahwa Atlantis dipenuhi dengan benda-benda berbahan dasar logam orichalcum. Logam ini dulunya disebut sebagai 'tembaga emas', dan punya nilai jual tertinggi kedua setelah emas murni.

Menariknya di tahun 2015, para arkeolog menemukan logam berjenis orichalcum di sebuah kapal karam. Kapal tersebut kemungkinan besar tenggelam pada abad 6 SM.

Inipun menggegerkan para ilmuwan, mengingat sejauh ini belum pernah ditemukan logam orichalcum, menjadikannya penemuan perdana sepanjang sejarah.

Kandungannya sendiri terdiri atas 75-80% tembaga, 15-20% zinc, sisanya nikel, raksa, dan besi. Menarik sekali, bukan?

2. Temuan Mekanisme Antikythera

Atlantis Itu Nyata 2 72588

Mekanisme Antikythera merupakan sebuah kalkulator mekanik yang diyakini sebagai cikal bakal komputer mekanik di dunia. Alat ini ditemukan pada tahun 1901 di sebuah kapal karam di lepas pantai Antikythera, Yunani.

Alat ini sendiri kemungkinan besar diciptakan antara tahun 86 dan 67 SM. Padahal di masa tersebut, perkembangan teknologi masyarakat Yunani masih belum mampu menciptakan alat sekompleks itu.

Yang lebih mengejutkan, alat tersebut tidak ditemukan lagi hingga 1000 tahun mendatang, sehingga menimbulkan spekulasi bahwa teknologi itu memang diciptakan oleh masyarakat yang pada masa itu sudah sangat maju lalu menghilang tanpa jejak. Mungkinkah itu Atlantis?

3. Struktur Monolitik di Irlandia

Atlantis Itu Nyata 3 E5519

Ada banyak teori yang mengemukakan letak Atlantis. Salah satunya, beberapa ilmuwan megklaim lokasi Atlantis ada di Irlandia.

Hal tersebut sesuai dengan penggambaran Plato mengenai kondisi geografis serta luas Atlantis yang kurang lebih sama dengan Irlandia.

Selain itu, Irlandia juga memiliki beberapa situs bangunan monolitik yang dibangun jauh sebelum adanya peradaban modern. Hal itu bisa mengarahkan dugaan bahwa Irlandia adalah Atlantis sebenarnya.

4. Pilar Batu di Selat Gibraltar

Atlantis Itu Nyata 4 7dc0c

Plato mengklaim bahwa Atlantis berlokasi di antara 'Pilar Herkules', yang mana lokasi ini sejak lama dikenal sebagai Selat Gibraltar.

Dalam dokumentasi berjudul 'Atlantis Rising' yang digarap James Cameron, nampak jelas bukti-bukti tak terbantahkan akan keberadaan Atlantis di sana.

Salah satunya adalah keberadaan pilar-pilar batu di dasar laut yang diduga merupakan bekas pelabuhan Atlantis di masa lalu. Menarik sekali ....

5. Santorini Mungkin Adalah Atlantis di Masa Lalu

Atlantis Itu Nyata 5 929da

Yap, bukan Indonesia atau Amerika, teori lainnya mengemukakan bahwa Atlantis bisa jadi terletak di Kepulauan Santorini, Italia. Kok bisa?

Jadi dulunya di masa Yunani Kuno, Kepulauan Santorini merupakan sebuah pulau besar yang bernama Thera. Sayangnya, pulau ini hancur dan tenggelam pasca meletusnya gunung berapi dahsyat di sana sekitar 3600 tahun lalu.

Ahli geologi memprediksi bahwa Santorini merupakan Atlantis didasarkan pada penggambaran Plato yang sesuai dengan kondisi geografis Santorini di masa lampau.

Akhir Kata

Itulah tadi ulasan khusus Jaka mengenai bukti keberadaan Atlantis. Bagaimana menurutmu? Percaya, atau punya pendapat yang berbeda?

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

BACA JUGA

5 Kelakuan Aldi Taher yang Dianggap Cari Sensasi

5 Inovasi Teknologi yang Gagal Mengubah Dunia, Mau Untung Malah Buntung!

5 Hewan Purba yang Masih Hidup di Indonesia | Bikin Takjub Dunia!

8 Foto Kehidupan Hikikomori di Jepang, Gaya Hidup Terisolasi yang Mengkhawatirkan!

5 Orang Super Kaya yang Hidup Luar Biasa Hemat, Tak Peduli Gengsi!

ARTIKEL TERKAIT
Sin133 F56ff
Vaksin COVID-19 Bisa Memperbesar Penis, Hoaks atau Bukan?
Page C784e
Viral Ikan Penis yang Sempat Bikin Geger Media Sosial, Ini 5 Fakta di Baliknya!
Page 92745
Percaya atau Tidak, 5 Hal Mengerikan Ini Bisa Kamu Alami saat Tidur!
4444 2a05c
5 Misteri Terbesar Alam Semesta yang Tak Terjawab, Hanya Tuhan yang Tahu!
Pageooo 8086d
8 Gorila di Kebun Binatang Ternyata Positif COVID-19, Kok Bisa?
Banner Jadi B4d0a
7 Film Science Fiction yang Dibenci oleh Ilmuwan, Ngawur Parah?
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal