J

• Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name

Astronot Temukan Planet Baru Mirip Bumi, Punya Suhu yang Sama dan Berukuran Lebih Besar!

Kamis, 10 Jun 2021, 13:35 WIB
Planet kembali temukan sebuah planet baru di tahun 2021 ini, geng. Katanya sih, planet tersebut mirip banget sama bumi, bahkan lebih luas! Wah, seperti apa?

Ambisi manusia untuk berpindah ke planet lain sepertinya dapat menjadi kenyataan suatu saat nanti, mengingat ternyata banyak planet di luar angkasa yang cukup friendly untuk dihuni.

Setelah ilmuwan menemukan planet seusia alam semesta yang bisa jadi bumi super, kini mereka kembali mendeteksi keberadaan planet mirip Bumi, seperti dilansir dari BGR.

Exoplanet di dunia ini begitu banyak, sehingga para ilmuwan harus memprioritaskan beberapa di antaranya saja yang dinilai pantas untuk diteliti lebih lanjut.

Nah, salah satu exoplanet yang menarik perhatian para peneliti untuk menelitinya lebih jauh adalah TOI-1231b.

TOI-1231b ditemukan oleh sekelompok ilmuwan internasional, termasuk ilmuwan dari Jet Propulsion Laboratory NASA dan The University of New Mexico, seperti dilaporkan Phys.org.

Detail TOI 1231b 74baa

Observasi terhadap TOI-1231b awalnya dilakukan dengan strategi yang diadopsi oleh TESS (Transiting Exoplanets Survey Satellite) milik NASA yang membagi setiap belahan bumi menjadi 13 sektor yang disurvei selama kurang lebih 28 hari.

Pendekatan ini telah membuktikan kemampuan TESS untuk mendeteksi planet besar dan kecil di sekitar bintang mulai dari yang mirip matahari hingga bintang katai merah bermassa rendah.

Salah satu penyebab TOI-1231b dapat ditemukan adalah berkat ukuran bintangnya. Ketika mengintip jauh ke luar angkasa, para ilmuwan merasa jauh lebih mudah untuk melihat planet yang mengorbit bintang yang lebih kecil karena pengaruh yang dimiliki planet terhadap bintang itu sendiri.

Dalam hal ini, planet yang sangat menarik tersebut mengorbit bintang yang suhunya jauh lebih dingin daripada matahari dengan periode orbit 24 hari, geng.

Bintang yang diorbit oleh TOI-1231b tersebut merupakan katai merah berrnama NLTT 24399.

Meski jarak TOI-1231b lebih dekat ke bintangnya daripada Bumi ke matahari, planet tersebut sebenarnya memiliki suhu yang serupa dengan Bumi dan atmosfer yang kuat, sehingga mendukung dilakukannya penelitian lebih jauh di masa depan.

Exoplanet TOI 1231b 476e7

TOI-1231b juga disebut sebagai "sub-Neptunus", yang berarti lebih kecil dari Neptunus tetapi lebih besar dari Bumi, geng.

Planet itu juga bukan planet yang berbatu, tetapi atmosfer substansialnya dapat menghasilkan beberapa informasi yang sangat berguna bagi para ilmuwan.

Kepadatan rendah TOI-1231b menunjukkan bahwa ia dikelilingi oleh atmosfer yang substansial daripada dikategorikan sebagai planet berbatu. Tetapi komposisi dan luasnya atmosfer ini tidak diketahui, ujar Diana Dragomir, salah satu ilmuwan yang terlibat dalam penelitian ini.

"TOI-1231b dapat memiliki atmosfer hidrogen atau hidrogen-helium yang besar, atau atmosfer uap air yang lebih padat. Masing-masing akan menunjuk ke asal yang berbeda, memungkinkan para astronom untuk memahami apakah dan bagaimana planet terbentuk secara berbeda di sekitar katai merah jika dibandingkan dengan planet di sekitar Matahari kita," lanjutnya.

Dalam upaya mencari kehidupan di planet lain yang mirip dengan Bumi, penting bagi ilmuwan untuk memahami bagaimana planet dan atmosfernya terbentuk di sekitar berbagai bintang.

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.