Ilmuwan Temukan Exoplanet Mirip Bumi Seusia Alam Semesta, Bisa Dihuni Manusia?

Setelah kabar mengenai asteroid raksasa yang akan mendekati Bumi, kini astronom telah menemukan exoplanet baru.

Di sekitar salah satu bintang tertua di galaksi, yaitu bintang kecil oranye bernama TOI-561 yang berjarak 280 tahun cahaya, ditemukan tiga exoplanet yang mengorbit di sekitarnya.

Secara teori, sebuah exoplanet ang terletak sangat dekat dengan bintangnya dikategorikan tak layak huni, bahkan jika planet itu berbatu seperti hal nya Bumi, Venus, atau Mars sekalipun.

Hal ini disebabkan planet semacam itu umumnya memiliki suhu sekitar 2.480 kelvin atau 2206,85 celsius - belum lagi adanya lautan magma dan sisi planet yang tak pernah berubah jadi malam hari.

Sistem TOI-561 merupakan salah satu yang tertua yang pernah ditemukan, dengan perkiraan usia sekitar 10 miliar tahun!

Untitled 1 87d64

Itu berarti, usia sistem tersebut dua kali lebih tua dari Tata Surya dan hampir setua alam semesta itu sendiri. Tua banget, kan?

Menurut seorang astronom dari Universitas Hawai'i, Lauren Weiss, keberadaan planet ini menunjukkan bahwa alam semesta telah membentuk planet berbatu hampir sejak awal pembentukannya 14 miliar tahun yang lalu.

Ketiga planet yang ditemukan oleh para astronom tersebut bernama TOI-561 b, TOI-561 c, dan TOI-561 d yang diidentifikasi oleh teleskop luar angkasa milik NASA, TESS. Bahkan, TOI-561 b yang merupakan planet berbatu itu disebut juga sebagai 'Bumi Super'.

Sementara itu, TOI-561 d berada di sisi paling luar sistem dengan ukuran sekitar 2,3 kali ukuran Bumi dengan periode orbit 16,3 hari.

Tetangganya, TOI-561 c berukuran lebih besar yaitu 2,9 kali Bumi dengan periode orbit 10,8 hari dan TOI-561 b merupakan yang terkecil dengan ukuran 1,45 kali Bumi dengan periode orbit sekitar 10,5 jam lebih.

Kemungkinan Planet TOI-561 b untuk Dihuni

Exoplanet 1 B2589

Berdasarkan hasil observasi para astronom, kerapatan planet TOI-561 b ternyata hampir sama dengan Bumi meskipun ia berusia sangat tua dan seharusnya memiliki tingkat kerapatan yang lebih tinggi.

Dilansir Science Alert, seorang ahli astrofisika dari University of California, Stephen Kane menyatakan bahwa planet-planet tersebut mungkin tak bisa mulai dihuni di masa sekarang, tetapi penemuan ini dapat menjadi pertanda bahwa masih banyak planet berbatu yang belum ditemukan.

Sebagai perbandingan, Bumi diperkirakan berumur 4,5 miliar tahun, sedangkan tanda-tanda kehidupan paling awal muncul 1 miliar tahun berikutnya.

Mengamati dari umur fosil yang pernah ditemukan, vertebrata bahkan baru muncul 500 juta tahun yang lalu.

Nah, bisa ditarik kesimpulan bahwa kehidupan kompleks seperti di Bumi membutuhkan waktu yang lama untuk tercipta, sama hal nya dengan planet-planet berbatu yang memungkinkan untuk ditinggali di masa depan.

Belum dapat dipastikan apakah planet TOI-561 b dapat menjadi planet layak huni berikutnya, tetapi ditemukannya planet ini membuat para peneliti bersemangat untuk terus menemukan kehidupan baru di luar sana.

Sebagai informasi, penelitian ini telah dipresentasikan pada pertemuan ke-237 dari American Astronomical Society dan sudah masuk ke The Astronomical Journal.

Baca juga artikel seputar Planet atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.