Akhirnya! Astronom Berhasil Lihat Bagian Belakang Lubang Hitam | Buktikan Teori Albert Einstein

Siapa yang tak pernah dengar soal lubang hitam? Lubang hitam atau black hole adalah tempat di mana gravitasi memiliki daya tarik sangat kuat sehingga cahaya sekalipun tidak bisa keluar.

Namun untuk pertama kalinya, seperti dikutip National Geographic Indonesia, para astronom bisa melihat bagian belakang dari lubang hitam.

Adanya Gema Cahaya Sinar-X

Tim peneliti internasional mempelajari lubang hitam supermasif yang jaraknya 800 juta tahun cahaya dari bumi. Mereka menggunakan teleskop sinar-X bertenaga tinggi untuk mempelajari lubang hitam yang terletak di pusat sebuah galaksi jauh tersebut.

Mereka berhasil melihat ciri khas lubang hitam seperti biasa. Namun uniknya, mereka juga bisa melihat cahaya dalam bentuk sinar-X yang dipancarkan oleh sisi jauh lubang hitam tersebut.

Sosok peneliti yang berhasil menemukan hal ini adalah Dan Wilkins, seorang astrofisikawan di Stanford University.

Setelah memeriksa data, dia melihat bahwa sinar-X dimuntahkan langsung ke bumi dari inti lubang hitam. Namun ternyata ia menemukan gema tak terduga tak lama kemudian.

Menurut Dan, gema tersebut adalah sinar-X yang terlempar ke arah berlawanan dari bumi. Namun dipantulkan kembali oleh medan magnet lubang hitam yang hancur. Temuan ini kemudian dipublikasikan di jurnal Nature pada Rabu (28/7/2021).

Padahal diduga seharusnya tidak mungkin cahaya dari bagian belakang lubang hitam bisa terlihat. Pasalnya, lubang hitam sendiri terlahir ketika sebuah bintang raksasa meledak dalam supernova dan kemudian runtuh dengan sendirinya.

Ledakan inilah yang membuat lubang hitam jadi bentuk material yang sangat padat yang menelan segala sesuatu di sekitarnya.

Membuktikan Teori Relativitas Umum

Ilustrasi Lubang Hitam National Geographic 35ba3 62240

Penemuan ini sekaligus membuktikan kebenaran teori relativitas umum Albert Einstein pada 1915. Ia meramalkan bahwa tarikan gravitasi lubang hitam bisa membelokkan struktur ruang, memutar medan magnet, dan bahkan membelokkan cahaya.

Teorinya ini menegaskan bahwa mungkin saja kita bisa melihat gelombang cahaya yang dikeluarkan dari sisi jauh lubang hitam. Sebab menurutnya medan magnet yang terdistorsi itu bisa bertindak sebagai cermin.

Teori tersebut diterima secara umum. Namun para ahli belum bisa mengamati fenomena tersebut secara langsung, hingga hari ini.

Akhirnya manusia bisa memembuktikan kebenaran teori ilmuwan asal Jerman tersebut berkat penggunaan teleskop modern dan pengembangan instrumen yang sangat sensitif.

Menurut Profesor Roger Blandford dari Stanford University yang juga jadi rekan Wilkins mengatakan bahwa 50 tahun lalu hal ini mungkin tak terbayangkan.

Para astrofisikawan baru bisa berspekulasi tentang bagaimana medan magnet mungkin berperilaku dekat dengan lubang hitam.

Apalagi para ilmuwan belum memiliki alat dan teknik yang bisa digunakan untuk mengamati hal itu secara langsung. Namun kini, mereka telah berhasil melakukannya dan melihat teori relativitas umum Einstein benar-benar terbukti.