Akhirnya! Astronom Berhasil Lihat Bagian Belakang Lubang Hitam | Buktikan Teori Albert Einstein

Default

Siapa yang tak pernah dengar soal lubang hitam? Lubang hitam atau black hole adalah tempat di mana gravitasi memiliki daya tarik sangat kuat sehingga cahaya sekalipun tidak bisa keluar.

Namun untuk pertama kalinya, seperti dikutip National Geographic Indonesia, para astronom bisa melihat bagian belakang dari lubang hitam.

Adanya Gema Cahaya Sinar-X

Tim peneliti internasional mempelajari lubang hitam supermasif yang jaraknya 800 juta tahun cahaya dari bumi. Mereka menggunakan teleskop sinar-X bertenaga tinggi untuk mempelajari lubang hitam yang terletak di pusat sebuah galaksi jauh tersebut.

Mereka berhasil melihat ciri khas lubang hitam seperti biasa. Namun uniknya, mereka juga bisa melihat cahaya dalam bentuk sinar-X yang dipancarkan oleh sisi jauh lubang hitam tersebut.

Sosok peneliti yang berhasil menemukan hal ini adalah Dan Wilkins, seorang astrofisikawan di Stanford University.

Setelah memeriksa data, dia melihat bahwa sinar-X dimuntahkan langsung ke bumi dari inti lubang hitam. Namun ternyata ia menemukan gema tak terduga tak lama kemudian.

Menurut Dan, gema tersebut adalah sinar-X yang terlempar ke arah berlawanan dari bumi. Namun dipantulkan kembali oleh medan magnet lubang hitam yang hancur. Temuan ini kemudian dipublikasikan di jurnal Nature pada Rabu (28/7/2021).

Padahal diduga seharusnya tidak mungkin cahaya dari bagian belakang lubang hitam bisa terlihat. Pasalnya, lubang hitam sendiri terlahir ketika sebuah bintang raksasa meledak dalam supernova dan kemudian runtuh dengan sendirinya.

Ledakan inilah yang membuat lubang hitam jadi bentuk material yang sangat padat yang menelan segala sesuatu di sekitarnya.

Membuktikan Teori Relativitas Umum

Ilustrasi Lubang Hitam National Geographic 35ba3 62240

Penemuan ini sekaligus membuktikan kebenaran teori relativitas umum Albert Einstein pada 1915. Ia meramalkan bahwa tarikan gravitasi lubang hitam bisa membelokkan struktur ruang, memutar medan magnet, dan bahkan membelokkan cahaya.

Teorinya ini menegaskan bahwa mungkin saja kita bisa melihat gelombang cahaya yang dikeluarkan dari sisi jauh lubang hitam. Sebab menurutnya medan magnet yang terdistorsi itu bisa bertindak sebagai cermin.

Teori tersebut diterima secara umum. Namun para ahli belum bisa mengamati fenomena tersebut secara langsung, hingga hari ini.

Akhirnya manusia bisa memembuktikan kebenaran teori ilmuwan asal Jerman tersebut berkat penggunaan teleskop modern dan pengembangan instrumen yang sangat sensitif.

Menurut Profesor Roger Blandford dari Stanford University yang juga jadi rekan Wilkins mengatakan bahwa 50 tahun lalu hal ini mungkin tak terbayangkan.

Para astrofisikawan baru bisa berspekulasi tentang bagaimana medan magnet mungkin berperilaku dekat dengan lubang hitam.

Apalagi para ilmuwan belum memiliki alat dan teknik yang bisa digunakan untuk mengamati hal itu secara langsung. Namun kini, mereka telah berhasil melakukannya dan melihat teori relativitas umum Einstein benar-benar terbukti.

BACA JUGA

Foto Ijazah 9 Pesohor Indonesia yang Curi Perhatian | Ada Salah Tanggal dan Bikin Pangling!

Siap-siap Kedinginan! Inilah Kota Terdingin di Indonesia yang Suhunya Bisa Mencapai Titik Beku

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.9.0 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

Download Domino Topbos v1.72 Terbaru 2021, Dapat Koin Gratis!

Inilah Pemilik Nama Terpanjang di Indonesia dengan 17 Kata, Tapi Panggilannya Cuma Y

ARTIKEL TERKAIT
Pjimage 11 Dc44f
Peta Galaksi Bima Sakti Terbaru Menunjukkan Bumi Semakin Dekati Lubang Hitam
Misteri Lubang Hitam Di Kutub Utara Tempat Tinggal Alien Dan Monster C0701
Misteri Lubang Hitam di Kutub Utara, Tempat Tinggal Alien dan Monster?
Jenis Jenis Black Hole 08d7b
7 Fakta Mengerikan Soal Black Hole di Luar Angkasa | Bikin Merinding!
1 Jam Di Luar Angkasa Berapa Tahun Di Bumi 883f9
7 Hal Aneh yang Dialami Astronaut di Luar Angkasa | UFO Ternyata Ada?
Untitled Design 2021 01 11t171701 519 981d4
7 Objek Paling Aneh di Alam Semesta, Ada Cahaya Infrared di Luar Angkasa?
Tanda Kiamat Alam Semesta Banner Cff64
3 Tanda Alam Semesta Akan Kiamat, Ada yang Sudah Terbukti!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal