J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Arkeolog Temukan Arena Gladiator di Turki, Mirip Colosseum Versi Mini!

Sabtu, 1 Mei 2021, 17:00 WIB
Para peneliti asal Turki berhasil menemukan arena gladiator yang terkubur selama ribuan tahun lamanya. Nggak kalah keren sama Colosseum yang ada di Roma!

Para arkeolog di Turki berhasil menemukan puing-puing sebuah arena pertarungan yang megah dan diperkirakan mampu menampung hingga 20.000 penonton.

Stadium tersebut dulunya digunakan sebagai arena pertandingan gladiator dan perkelahian hewan liar, seperti ditulis Live Science pada Selasa (20/04/2021).

Area pusat dari arena pertarungan itu dipenuhi dengan tanah dan tumbuhan selama berabad-abad.

Arena berusia 1.800 tahun tersebut ditemukan di perbukitan kota kuno Mastaura, di Provinsi Aydin yang berlokasi di barat Turki.

Proses Penemuan

Penemuan ini terjadi pada musim panas 2020 lalu, setelah para arkeolog mendapat izin dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Turki untuk melakukan penelitian arkeologi di kota kuno itu.

Setelah para arkeolog menemukan batu besar yang menjulang di tanah, mereka segera membersihkan barang-barang di sekitarnya dan mempelajari situs sejarah tersebut.

Arkeolog Temukan Colosseum Mini 2470b

Menurut Mehmet Umut Tuncer, direktur provinsi Kebudayaan dan Pariwisata Aydin dan pemimpin survei proyek Sedat Akkurnaz, seorang arkeolog di Adnan Menderes University di Turki, sebagian besar dari struktur amfiteater berada di bawah tanah.

Mereka juga mengatakan bahwa struktur yang terlihat hampir seluruhnya ditutupi oleh semak-semak dan pohon liar.

Para arkeolog menebang semua semak dan pohon liar untuk melindunginya dari kerusakan dan menggali situs tersebut.

Arena gladiator dan sejarahnya di masa lalu

Menurut para arkeolog yang menemukannya, arena gladiator tersebut berasal dari sekitar tahun 200 M yang berarti dibangun di era Dinasti Severan dibawah kepemimpinan lima kaisar dengan masa pemerintahan dari tahun 193 hingga 235 M.

Kota Mastaura menjadi kota yang sangat kaya dan berkembang pada masa dinasti tersebut karena administrator Romawi membantu kota itu tumbuh secara ekonomi.

Arena Gladiator Mastaura 98b07

"Ada peningkatan besar dan variasi koin Mastaura selama periode ini," ungkap Akkurnaz dan Tuncer dalam emailnya kepada Live Science.

Mereka juga mengungkapkan bahwa sebagian besar struktur yang ada di bawah tanah terpelihara dengan baik dan masih kokoh, seolah baru saja dibangun.

Sementara itu, bangunan yang berada di atas tanah telah runtuh selama bertahun-tahun, tetapi masih mungkin untuk menemukan beberapa baris kursi, arena tempat gladiator bertarung, dan dinding pendukung di luar gedung.

Arena Gladiator Di Turki Dfb06

Di masa lalu, antara 15 hingga 20 ribu orang dapat masuk ke dalam arena tersebut, yang berarti lebih sedikit dari Colosseum di Roma yang dapat menampung sekitar 50 ribu orang.

Sebagai perbandingan, Colosseum yang dibangun pada sekitar tahun 70 M memiliki arena pusat seluas 87 x 55 meter, sedangkan arena di Mastaura ini hanya sebesar 40 x 30 meter.

Namun, secara struktur, arena ini dapat dikatakan mirip dengan Colosseum.

Disamping itu, arena di Mastaura juga memiliki area khusus, termasuk ruang tunggu gladiator dan ruang hiburan untuk penonton pribadi.

Primadona acara gladiator

Akkurnaz dan Tuncer memperkirakan pertarungan gladiator di Mastaura sama mengerikannya dengan yang terjadi di Colosseum, baik pertarungan antar gladiator maupun antar hewan buas.

Di kawasan Anatolia (sebutan untuk kawasan di bagian Asia negara Turki di masa lalu) dan sekitarnya tidak ada amfiteater semacam ini, sehingga arena ini kemungkinan berhasil menarik penonton dari seluruh penjuru, termasuk dari kota kuno Anatolia Barat Aphrodisias, Ephesus, Magnesia, Miletus dan Priene.

Penemuan Arena Gladiator Di Turki Aa83a

"Orang-orang dari kota tetangga datang ke kota Mastaura untuk menonton acara besar di gedung ini, yang dirancang khusus untuk pertunjukan berdarah," kata Akkurnaz dan Tuncer.

Ke depannya, tim bekerja sama dengan Museum Arkeologi Aydin dan Kota Nazilli, yang meliputi Mastaura, untuk membersihkan dan melestarikan arena itu.

Mereka berencana untuk mengatasi retakan di dinding bangunan serta batu bata yang jatuh dari struktur kuno tersebut.

Peneliti Temukan Arena Gladiator Di Turki 01f44

Tim telah melestarikan salah satu dinding arena dan mulai melakukan pemindaian laser pada struktur tersebut sehingga mereka dapat membuat gambar 3D virtual.

Setelah itu dilakukan, kemungkinan pada bulan Mei, para arkeolog berencana untuk melakukan survei geofisika di atas bangunan tersebut sehingga mereka dapat memahami seperti apa bagian bawah tanah dari bangunan tersebut.

Baca juga artikel seputar Penemuan atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

BACA JUGA

5 Artis Indonesia yang Bersahabat dengan Artis Luar Negeri, Ada yang Deket Sama Miyabi!

Gara-Gara Sering Dihujat, 5 Selebgram Indonesia Ini Makin Tajir & Kaya Raya

7 Penemuan Ilmuwan Muslim yang Diklaim Barat | Fakta Sejarah Membuktikan!

Ratusan Warga Indramayu Tiba-tiba Jadi Miliarder Berkat Ganti Rugi, Cuan Banget!

ARTIKEL TERKAIT
Untitled Design 2021 04 30t154324 644 05d42
Amerika Diinvasi Spesies Cacing Gila, Bisa Melompat Hingga Bertelur Tanpa Pasangan!
Untitled Design 2021 04 30t121702 691 910ad
5 Makanan Paling Ekstrem di Dunia | Bikin Mual dan Geli, Mendingan Puasa Aja!
Expectation 5bd01
12 Ekspektasi vs Realita Tempat Wisata di Dunia | Gak Se-Aesthetic di Medsos!
Untitled Design 2021 04 29t162232 081 Dc08f
Bekas Tragedi, Ukraina Perjuangkan Chernobyl Jadi Situs Warisan Dunia UNESCO
Untitled Design 2021 04 28t154107 262 98a80
Rumah di Sicilia, Italia Dibanderol Seharga 1 Euro Saja | Gak Pusing Bayar Cicilan!
Untitled Design 2021 04 28t114407 113 7b0cd 0d6f5
Kisah 5 Wanita yang Menyamar Jadi Pria Demi Menggapai Mimpi, Cerdas dan Berani!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal