Diduga, Lebih dari 30 Peradaban Alien Aktif Ada di Galaksi Kita | Bisa Tentukan Masa Depan Bumi?

Sebuah studi besar yang dilakukan oleh University of Nottingham pada tahun 2020 menunjukkan kemungkinan ada lusinan peradaban alien 'aktif' di Bima Sakti.

Studi ini menggunakan perhitungan yang dikenal sebagai Astrobiological Copernican Limit untuk menentukan berapa banyak planet di galaksi kita yang bisa menjadi rumah bagi kehidupan alien yang cerdas, dan ternyata kita mungkin memiliki lebih dari 30 tetangga ekstra-terestrial.

Untuk tujuan penelitian ini, para peneliti berasumsi bahwa kehidupan berkembang di planet lain dengan cara yang mirip dengan bagaimana ia berkembang di Bumi.

Tak hanya itu, spesies baru juga perlu berkembang di lingkungan yang kaya logam dengan cara yang sama seperti yang dilakukan manusia, karena logam yang ada di Matahari.

Kehidupan Lain Di Galaksi Bima Sakti Fb49e

Christopher Conselice dari University of Nottingham menjelaskan dalam sebuah siaran pers bahwa butuh lima miliar tahun bagi kehidupan cerdas untuk terbentuk di Bumi.

Oleh karena itu, dengan asumsi tersebut, Conselice dan tim memperkirakan setidaknya ada beberapa lusin peradaban aktif di galaksi kita.

"Dalam kriteria kuat, di mana diperlukan kandungan logam yang setara dengan Matahari (Matahari secara relatif cukup kaya akan logam), kami menghitung bahwa seharusnya ada sekitar 36 peradaban aktif di Galaksi kita," jelas Tom Westby, salah seorang penulis dari studi itu.

Adapun kemampuan untuk mendeteksi peradaban lain sangat bergantung pada seberapa baik kita dapat menangkap sinyal, seperti transmisi radio dari satelit dan televisi, yang dikirim ke luar angkasa.

Jika peradaban teknologi ini bertahan selama peradaban kita, diperkirakan akan ada 36 peradaban cerdas yang sedang berlangsung.

Di sisi lain, mungkin saja peradaban lain memang berkembang, tetapi mati sebelum kita bisa mendeteksinya.

Kehidupan Alien Di Galaksi Bima Sakti 5571d

"Penelitian baru kami menunjukkan bahwa pencarian peradaban cerdas di luar bumi tidak hanya mengungkapkan keberadaan bagaimana kehidupan terbentuk, tetapi juga memberi kita petunjuk berapa lama peradaban kita sendiri akan bertahan," ungkap Conselice.

Menurut Conselice, jika kehidupan cerdas adalah sesuatu yang umum ada di luar Bumi, maka peradaban kita bisa bertahan lebih lama dari beberapa ratus tahun.

Tetapi jika peradaban aktif di galaksi kita tidak dapat ditemukan, itu bisa menjadi pertanda buruk untuk eksistensi kita dalam jangka panjang.

Dapat disimpulkan, dengan mencari kehidupan cerdas di luar bumi bahkan jika kita tidak menemukan apa pun kita menemukan masa depan dan nasib kita sendiri.

Sayangnya, kalau memang kita berbagi galaksi Bima Sakti dengan 'penduduk' lainnya, kita nggak akan bisa kumpul-kumpul dan nongkrong bareng mereka.

Gimana enggak, jarak rata-rata bumi ke peradaban lainnya saja kira-kira 17.000 tahun cahaya, geng.

Baca juga artikel seputar Luar Angkasa atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.