Miris! Demi Menyambung Hidup, Wanita Difabel Kerja Menguliti Jagung dengan Bayaran Rp250 Perak

Default

Semakin hari, perjuangan untuk mencari pekerjaan yang layak sudah semakin sulit. Terlebih karena zaman yang sudah semakin canggih dan saingan para pencari kerja yang semakin tak kalah banyak.

Jika bagi orang biasa mencari pekerjaan begitu sulit, maka bagaimana pula bagi orang-orang yang memiliki kekurangan dalam tubuhnya alias difabel, geng.

Setidaknya, hal itu terpancar dari kisah wanita difabel yang satu ini. Walaupun cobaan dalam hidupnya begitu berat, namun ia tetap teguh dalam melakoni harinya meski harus bekerja dengan bayaran kecil.

Bagaimana tidak, wanita difabel ini hanya bekerja sebagai orang yang menguliti isi jagung, geng. Kisahnya diunggah oleh pemilik akun TikTok @yusufjahit dan menjadi viral di media sosial.

Dalam video, tampak wanita itu sedang duduk sambil bekerja menguliti jagung dengan kondisi tangan tidak sempurna.

Warganet pun semakin sedih setelah mengetahui fakta bahwa sang wanita harus menguliti jagung hingga 60 liter banyaknya.

Di satu sisi, ia hanya diberikan ubah sebesar Rp250 perak untuk setiap liter jagung yang berhasil dikupas.

Wanita Disabilitas Pengupas Jagung 6b453

"Jangan lupa bersyukur. Protolin jagung 3 hari dapet 50 liter dikali 250 perak gajian," tulis keterangan dalam video.

Setiap harinya wanita pengupas jagung itu sudah disiapkan satu buah baskom berukuran besar berwarna hitam.

Dengan penuh ketekunan, wanita berambut pajang itu tampak satu per satu memisahkan biji jagung yang kemudian dikumpulkan dalam ember tersebut.

Terlihat pula kondisi fisiknya yang penuh keterbatasan, di mana kedua tangannya tidak memiliki jari.

"Nahan pegel. Ga enak duduk protolin jagung 1 liter 250 perak. Sehari paling dapet 5 ribu," lanjut keterangan tersebut.

Meski dengan fisik yang tidak sempurna dan dibayar sangat sedikit, wanita difabel yang tidak diketahui asal dan namanya ini tetap bekerja sungguh-sungguh demi menyambung hidupnya.

Sontak, video tersebut pun mengundang ragam komentar dari para warganet. Tak sedikit dari mereka yang turut sedih dan jadi merasa bersyukur dengan keadaan yang dijalani saat ini.

"Semoga Allah beri jalan bang buat si mbanya bisa punya penghasilan yang lebih. Saya yakin karena mbanya rajin," tulis salah seorang warganet.

"Ya Allah, semoga selalu diberikan kesehatan mbanya dan diberikan rezeki yang banyak untuk mbanya," komentar warganet lainnya.

Kisah penyandang difabilitas yang kesulitan hidup dan mencari penghasilan memang tidak sekai atau dua kali terjadi, geng.

Pasalnya, potret semacam ini juga terjadi pada sejumlah penyandang difabilitas lainnya, salah satunya adalah Martinus, pria asal Desa Salumokanan, Rantebulahan Timur, Masa, Sulawesi Barat.

Memiliki kondisi kaki yang lumpuh sejak kecil, pria difabel paruh baya ini terpaksa bekerja sebagai pandai besi demi menafkahi keluarganya.

Di usianya yang tak lagi muda, Martinus harus berjuang sekuat tenaga untuk membentuk lempengan besi tua menjadi parang untuk kemudian dijual.

Nasibnya tampak semakin memprihatinkan ketika melihat kondisi tubuhnya yang tidak sempurna. Ia harus susah payah merangkak untuk berpindah tempat karena tidak memiliki kaki yang normal.

Sama seperti kisah wanita difabel di atas, penghasilan Martinus pun tidak seberapa. Parang hasil produksinya biasa dijual seharga Rp70.000 sampai Rp100.000 tergantung ukuran dan tingkat kesulitan.

Difabel Bekerja E97b5

Setiap harinya ia pun hanya bisa menghasilkan tiga buah parang atau pisau. Namun terkadang, ia sama sekali tidak bisa memproduksi parang karena sulitnya mendapatkan bahan baku.

Terlepas dari hal tersebut, apa yang dialami kedua sosok difabel ini seakan menjadi untuk selalu bersyukur dengan keadaan yang sekarang, geng. Semoga kisah ini dapat memotivasi kamu, ya!

ARTIKEL TERKAIT
Page1 195a8
10 Potret Pejabat Negara di Akad Nikah Atta-Aurel, Ada Jokowi dan Prabowo!
15 Foto Menakjubkan Hasil Sentuhan Master Photoshop Indonesia Banner
15 Foto Menakjubkan Jokowi Hasil Sentuhan Master Photoshop Indonesia
Artis Indonesia Yang Dapet Kado Dari Jokowi Banner C2f02
5 Artis Indonesia yang Dapat Kado dari Jokowi, Ada Atta dan Aurel!
Para Menteri Kabinet Indonesia Maju 80b3e
5 Triliuner yang Jadi Menteri Jokowi | Siapa Paling Tajir?
Foto Viral Internet
16 Foto Viral yang Sukses Mengubah Internet! Masih Bingung Sama No. 9?
Artis Dengan Ngidam Paling Unik 3d1d0
8 Artis Indonesia dengan Ngidam Paling Unik | Ada yang Pengin Foto Bareng Jokowi!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal