J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Sering Diremehkan, 7 Sinetron Indonesia Ini Ternyata Terkenal di Luar Negeri

Minggu, 25 Apr 2021, 14:40 WIB
Deretan sinetron Indonesia ini berhasil berjaya di luar negeri dengan peminat yang luar biasa banyak!

Apakah kamu pernah menonton sinetron? Atau bahkan kamu merupakan penggemar setia sinetron? Yap! Program drama bersambung khas Indonesia ini seperti nggak pernah habis buat dibahas.

Walau tayangannya kerap dikecam karena memiliki plot cerita yang bertele-tele, nggak penting, atau bahkan vulgar dan nggak layak ditonton, namun peminatnya tetap luar biasa banyak, apalagi dari kalangan menengah ke bawah.

Nah, tahukah kamu bahwa sinetron-sinetron garapan Indonesia tersebut ternyata mendapat respon positif di luar negeri? Bahkan, peminatnya juga nggak kalah banyak dibanding penonton dalam negeri. Tanpa berlama-lama, berikut daftar sinetron Indonesia yang terkenal di luar negeri!

Nggak hanya film Indonesia terbaik dan terbaru saja yang terkenal hingga Hollywood, sinetron hasil kreasi anak bangsa pun turut berjaya di luar negeri. Apa sajakah itu? Berikut daftarnya!

1. Tersanjung (1996)

1 Custom 6b88e

Generasi milenials pasti tahu sinetron ini, dong! Sinetron Tersanjung merupakan garapan Multivision Plus yang ditayangkan Indosiar sejak tahun 1998 hingga tahun 2005 dengan 7 musim. Bayangin, 7 musim, saking tinggi ratingnya!

Sinetron ini pula yang berhasil melambungkan nama para pemeran utamanya, seperti Ari Wibowo dan Lulu Tobing. Jalan ceritanya pun terbilang bagus dan berkelas, nggak seperti sinetron zaman sekarang (ups!).

Saking epiknya sinetron ini sampai dibikin VCD nya loh. Kepingan VCD ini kemudian dijual hingga luar negeri, termasuk Malaysia dan Singapura. Jaka bahkan dengar sampai Taiwan juga, loh!

2. Benci Jadi Cinta (2006)

2 Custom 17f89

Ditayangkan di tahun 2012 oleh RCTI, sinetron Benci Jadi Cinta ini sebenarnya banyak menuai kontroversi. Pasalnya, sinetron ini diduga menjiplak konsep dan ide cerita dari drama Korea, yaitu My Girl (2005).

Biarpun begitu, sinetron ini tetap populer di kalangan wanita, khususnya ibu-ibu dan remaja, apalagi diperankan sederet aktor dan aktris terkenal, seperti Nia Ramadhani dan Jonathan Frizzy.

Yang keren, sinetron ini berhasil ditayangkan kembali di stasiun TV milik Malaysia, yakni Astro Ria pada tahun 2012 dan sukses menjaring peminat dari Negeri Jiran yang luar biasa banyak.

3. Para Pencari Tuhan (2007)

3 Custom E7e32

Sinetron Para Pencari Tuhan terbilang unik. Selain karena tayang menyambut Lebaran, sinetron ini selalu diselingi dengan kuis-kuis dengan hadiah menarik. Konsep ini berlangsung sejak ditayangkan perdana di SCTV tahun 2007, loh!

Maka dari itu, selain menonton film pendek bertema Lebaran, sinetron yang dibintangi Deddy Mizwar ini paling pas buat menemani bulan yang penuh kemenangan.

Apalagi, sinetron Para Pencari Tuhan berhasil mendapat penghargaan internasional dari Festival ConFesta Japan untuk kategori Special Award for Foreign Drama. Keren banget!

4. Bayu Cinta Luna (2009)

4 Custom 88686

Pernah dengar sinetron yang satu ini? Bayu Cinta Luna adalah sinetron garapan MD Entertainment yang ditayangkan oleh SCTV dari tahun 2009 sampai 2010.

Diperankan oleh Bunga Citra Lestari (BCL) dan Chico Jericho, plot ceritanya sebenarnya biasa banget, yakni mengisahkan cinta remaja sekolah pada umumnya.

Namun, oleh stasiun TV9 Malaysia, sinetron ini ditayangkan ulang dan mendapat respon positif yang besar. Hal ini juga dipengaruhi dengan status BCL sebagai istri aktor Malaysia, mendiang Ashraff Sinclair.

5. Dia Jantung Hatiku (2010)

5 Custom C9419

Dia Jantung Hatiku adalah sinetron yang diproduksi oleh Sinemart Productions (Sinemart) dan ditayangkan di RCTI pada awal November 2010 hingga selesai.

Plot ceritanya mirip-mirip dengan film Indonesia bertema kisah sedih, yakni perjuangan Aida (Naysila Mirdad) yang menderita kelainan jantung dan terancam nggak bisa menikmati usia remajanya dengan bahagia seperti teman-teman lainnya.

Ya seperti pengamatan Jaka, sinetron bertema kesedihan pasti sukses besar karena mampu menguras air mata para penontonnya. Hal ini juga berlaku bagi penonton Malaysia. Sejak stasiun TV3 menayangkannya tahun 2013, rating sinetron ini selalu besar dan mendapat apresiasi positif dari Negeri Jiran.

6. Tukang Bubur Naik Haji: The Series

6 Custom 238ec

Siapa sih yang nggak tahu dengan sinetron Tukang Bubur Naik Haji? Sinetron yang episodenya nyaris menyamai anime dengan episode terbanyak ini berhasil mendapatkan peringkat tinggi selama 5 tahun berturut-turut!

Dimulai dari penayangan perdananya di RCTI tahun 2012, sinetron ini terus berjalan walau sang tokoh utama yang dibintangi Mat Solar sudah "dimatikan" duluan. Kenapa? Ya karena ratingnya sangat tinggi!

Untungnya, rating yang tinggi juga sejalan dengan banyaknya penghargaan prestisius yang diterima, baik di dalam maupun luar negeri, salah satunya pada Festival Drama Internasional Tokyo tahun 2014.

7. Cinta Fitri (2007)

7 Custom 4ddf9

Yang Jaka bahas terakhir ini adalah sinetron kesayangannya ibu-ibu dan remaja sekolah. Apalagi kalau bukan Cinta Fitri! Seperti bersaing dengan Tukang Bubur Naik Haji, episode dan musim dalam Cinta Fitri juga nggak kalah banyak.

Hal tersebut didasari kesuksesan luar biasa yang diraih sinetron ini sejak pertama kali ditayangkan di SCTV dari tahun 2007 sampai berganti hak penyiaran di RCTI khusus season 7. Ratingnya selalu tinggi!

Bahkan saking suksesnya, sinetron ini ditayangkan ulang di Malaysia dan Brunei Darussalam hingga sekarang. Peminatnya? Wah banyak banget, bahkan para pemerannya sampai diundang ke negara-negara tersebut buat Meet and Greet!

Akhir Kata

Itulah tadi sederet sinetron garapan Indonesia yang terkenal di luar negeri. Gimana pendapatmu, geng?

Jangan lupa tuliskan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah. Sampai jumpa di artikel Jaka yang selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Untitled 4 3ea4f
Ssssstt....Ini 7 Rahasia Terbesar di Balik Adegan Film Terkenal
Untitled 3 Ccb77
7 Alur Cerita Paling Buruk & Ngaco di Film MCU, Bikin Fans Murka!
Page B7b12
7 Film Indonesia dengan Biaya Produksi Termahal, Gak Balik Modal?
Page B05d7
7 Film Tanpa Adegan Romantis Sama Sekali, Tetap Seru & Menghibur!
Page 9bad8
7 Aktor Hollywood yang Mendadak Berhenti Main Film, Udah Gak Laku?
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Aktris Indonesia dengan Julukan Ratu Sinetron, Apa Kabar Sekarang?
7 Aktris Indonesia dengan Julukan Ratu Sinetron, Apa Kabar Sekarang?
7 Sinetron Indonesia Terpanjang, Sampai Ribuan Episode!
7 Sinetron Indonesia Terpanjang, Sampai Ribuan Episode!
Kocak! 7 Judul Sinetron Indonesia ini Bikin Ngakak Abis
Kocak! 7 Judul Sinetron Indonesia ini Bikin Ngakak Abis
7 Aktor Indonesia yang Gak Cocok Meranin Penjahat, Terlalu Alim!
7 Aktor Indonesia yang Gak Cocok Meranin Penjahat, Terlalu Alim!

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal