J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Teori Konspirasi Virus Corona yang Masih Terus Dipercaya, Kok Bisa?

Jumat, 4 Des 2020, 18:30 WIB
Pandemi Covid-19 akibat virus Corona menyebabkan munculnya info-info palsu yang berbahaya. Simak penjelasan di bawah supaya kamu nggak kena hoax!

Pandemi Covid-19 masih berlangsung di seluruh dunia hingga kini. Belum tersedianya vaksin membuat kita masih harus menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan, seperti memakai masker dan melakukan social distancing.

Dampak yang dirasakan dari penyakit ini pun begitu masif, mulai dari kesehatan, ekonomi, pendidikan, bisnis, bahkan hiburan. Salah satu contohnya adalah bioskop-bioskop besar hampir bangkrut akibat tutup selama pandemi.

Sayangnya, ketika dunia sibuk berjuang melawan Covid-19, ada satu hal lagi yang harus diperangi, yaitu misinformasi. Terbukti kesalahan informasi tentang Covid-19 nggak kalah berbahaya dibanding penyakit itu sendiri.

Hal ini bisa membuat orang-orang meremehkan betapa seriusnya ancaman kesehatan yang diakibatkan oleh virus Corona. Selain itu, penyebaran teori konspirasi tentang Covid-19 jadi semakin nggak terkontrol seperti yang bisa kamu baca di bawah ini.

7 Mitos tentang Covid-19 yang Terbukti Salah

Rasanya, netizen memang paling jago dalam membuat teori konspirasi. Bukan hanya ada teori tentang film yang jadi kenyataan, namun kini banyak bermunculan teori tentang Covid-19.

Padahal, teori-teori tersebut sudah dibantah oleh para ilmuwan melalui berbagai penelitian dan bukti ilmiah yang ada. Sayangnya, masih ada saja yang percaya, geng.

Kalau kamu penasaran dengan mitos-mitos Covid-19 yang banyak beredar, berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Virus Corona Dikembangkan di Lab di Tiongkok

Corona Virus 3f9d3

Akibat patogen Corona pertama kali muncul di Wuhan, Tiongkok, Donald Trump pun mengklaim bahwa dari sanalah virus tersebut berasal. Bahkan, ada juga yang beranggapan bahwa virus ini sengaja dibuat sebagai senjata biologis.

Tapi, anggapan tersebut telah dibantah oleh agensi intelijen Amerika Serikat (AS). Berdasarkan konsensus ilmiah, virus Covid-19 bukan buatan manusia atau dimodifikasi secara genetik.

Seorang virologis Tiongkok, Shi Zhengli, juga membandingkan urutan patogen dengan sample virus Corona yang diambil dari gua kelelawar dan nggak menemukan kecocokan di antara keduanya.

2. Virus Corona Sengaja Disebarkan oleh Orang Kaya

Covid 19 82536

Pada video cuplikan dari film tentang teori konspirasi berjudul Plandemic, Judy Mikovits menuduh Anthony Fauci, direktur National Institute of Allergy and Infectious Diseases, dan Bill Gates bahwa mereka sengaja menyebarkan virus Corona untuk mendapatkan keuntungan.

Video tersebut banyak disebarkan oleh kelompok anti-vaksin dan grup teori konspirasi bernama QAnon. Pada berbagai media sosial seperti YouTube, Facebook, Twitter, dan Instagram, video tersebut telah ditonton lebih dari 8 juta kali sebelum akhirnya dihapus.

Mikovits sendiri adalah seorang penulis buku dan pernah menerbitkan penelitian tentang sindrom kelelahan kronis. Namun, penelitiannya ditarik dan dia dianggap sebagai seorang aktivis anti-vaksin.

3. Covid-19 Tidak Lebih Buruk dibanding Flu

Virus Corona D88aa

Pada masa awal pandemi, Trump berkali-kali mengklaim bahwa Covid-19 nggak lebih berbahaya dibanding influenza. Namun, ternyata sejak awal Trump tahu bahwa Covid-19 lebih mematikan dibanding flu, hanya saja ia ingin mengecilkan tingkat keparahannya.

Hal ini terungkap pada 9 September 2020, ketika The Washington Post mempublikasikan rekaman wawancara Trump dengan jurnalis Bob Woodward pada awal Februari dan akhir Maret.

Sepanjang sejarah, virus influenza memang menjadi salah satu virus paling mematikan, beberapa contohnya adalah H1N1 yang mengakibatkan wabah Spanish Flu dan H5N1 yang menyebabkan Flu Burung.

4. Tidak Perlu Memakai Masker

People Wearing Mask 2be43

Meskipun saat ini banyak dikembangkan teknologi canggih untuk membantu menghentikan virus Corona, namun salah satu yang paling sederhana yang bisa kita gunakan adalah masker.

Sempat terjadi kelangkaan masker bedah dan N95 akibat panic buying, kini masker kain banyak digunakan sebagai alternatif dan dikatakan efektif untuk mencegah penyebaran droplet yang menjadi sarana penularan Covid-19.

Sayangnya, masih ada orang-orang yang menolak menggunakan masker. Gubernur negara bagian Georgia, Brian Kemp, bahkan sempat melarang para pemerintah kota untuk menerapkan kebijakan memakai masker. Untungnya, saat ini larangan tersebut sudah dihapus.

5. Hydroxychloroquine adalah Obat Covid-19 yang Efektif

Hydroxychloroquine B24e6

Sempat ada isu bahwa obat malaria hydroxychloroquine efektif untuk menyembuhkan Covid-19. Obat ini pun sempat didorong oleh Food and Drug Administration di AS agar bisa segera disebarluaskan kepada masyarakat.

Namun, berdasarkan beberapa penelitian ilmiah, hydroxychloroquine nggak mampu mengobati mereka yang telah terekspos virus Corona.

Selain itu, National Institutes of Health menghentikan uji klinis terhadap obat tersebut karena meskipun nggak berbahaya terhadap pasien, namun juga nggak memberikan manfaat apa pun.

6. Menciptakan Herd Immunity dengan Membiarkan Corona Menyebar

Herd Immunity 6b8f7

Ada anggapan bahwa dengan membiarkan virus Corona menyebar, manusia akan mencapai herd immunity yang berarti akan ada cukup banyak orang yang kebal terhadap Corona, sehingga mereka nggak menyebarkannya ke orang lain.

Padahal, agar hal ini terjadi, setidaknya dibutuhkan 60 sampai 70 persen umat manusia yang terkena Covid-19. Tentu jumlah tersebut akan mengakibatkan angka kematian yang begitu besar.

Pada awal pandemi, Inggris dan Swedia dituding melakukan langkah ini sebagai upaya pemberantasan Covid-19, meskipun keduanya menyangkal dugaan tersebut sebagai strategi nasional mereka.

7. Semua Vaksin Tidak Aman dan Berisiko Besar

Covid 19 Vaccine B0387

Ketika para ilmuwan bekerja keras mengembangkan vaksin untuk melawan Covid-19, terdapat laporan yang menunjukkan bahwa banyak orang akan menolak diberikan vaksin ketika sudah tersedia.

Keputusan tersebut didasarkan pada teori-teori konspirasi dan video viral tentang vaksin. Contohnya, di film Plandemic, Mikovits mengklaim bahwa vaksin Covid-19 akan membunuh jutaan orang sebagaimana yang telah terjadi pada vaksin-vaksin lainnya.

Selain itu, ada juga teori konspirasi yang mengatakan bahwa vaksin Covid-19 adalah cara Bill Gates untuk memasukkan microchips yang bisa melacak keberadaan manusia. Tuduhan tersebut sudah dibantah langsung oleh Gates.

Akhir Kata

Itu dia teori-teori konspirasi tentang virus Corona yang sayangnya masih banyak menyebar, bahkan dipercayai oleh sebagian pihak. Berbagai misinformasi di atas dapat menimbulkan kepanikan dan membuat beberapa orang menyepelekan Covid-19.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu mengecek kebenaran informasi yang beredar dari sumber ilmiah dan jangan gampang percaya dengan isu-isu yang sedang viral.

Baca juga artikel seputar Out Of Tech atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Cek Penyebaran Virus Corona Dan Kondisi Terkini Indonesia 1761a
Cara Deteksi Corona Indonesia di HP Lewat Situs & Peta Sebaran (Update Kondisi Terkini)
Page 86e1b
7 Aplikasi Ini Gratiskan Layanan Premiumnya Selama Wabah Corona
Page D7fc5
7 Film yang Gambarkan Pandemi Paling Akurat, Ada yang Ramalkan Corona!
Banner D1745
7 Film yang Ditunda Penayangannya Akibat Virus Corona, Takut Rugi?
7 Game Bertema Penyebaran Virus Mematikan Bisa Bikin Virus Corona 3de94
7 Game Bertema Penyebaran Virus Mematikan, Mirip Penyebaran Virus Corona?
Banner 828d6
7 Serial TV tentang Kasus Penyebaran Virus, Lebih Serem dari Virus Corona!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Benarkah Film Contagion Ramalkan Virus Corona? Ini Faktanya!
Benarkah Film Contagion Ramalkan Virus Corona? Ini Faktanya!
7 Teori Konspirasi & Hoaks Virus Corona, Bikin Server PUBG Down?
7 Teori Konspirasi & Hoaks Virus Corona, Bikin Server PUBG Down?
Cara Deteksi Corona Indonesia di HP Lewat Situs & Peta Sebaran (Update Kondisi Terkini)
Cara Deteksi Corona Indonesia di HP Lewat Situs & Peta Sebaran (Update Kondisi Terkini)
5 Teknologi Canggih yang Dapat Menghentikan Penyebaran Virus Corona
5 Teknologi Canggih yang Dapat Menghentikan Penyebaran Virus Corona

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal