5 Rekor Dunia Sains yang Baru Terpecahkan, Ada Sperma Tertua!

Default

Tahun 2020 menjadi tahun yang cukup menantang bagi dunia Sains, mengingat di tahun ini, pandemi Covid-19 menyebar ke seluruh dunia dan para ilmuwan dituntut menciptakan vaksin dengan cepat dan efektif.

Meskipun begitu, kita patut bersyukur bahwa di tahun 2020, dunia Sains menemukan banyak sekali capaian rekor baru yang tersebar dari berbagai macam khazanah.

Tanpa perlu berlama-lama, berikut daftar rekor dunia Sains yang terpecahkan di tahun 2020. Selamat membaca!

1. Penerbangan Burung Terjauh di Dunia

Buruh Terjauh 62bf4

Pada tanggal 16 September 2020, para ilmuwan berhasil menemukan bahwa burung biru-laut ekor-blorok (Limosa lapponica) melakukan penerbangan jauh dari Alaska Selatan hingga New Zealand.

Yang keren, burung yang diberi nama "4BBRW" ini berhasil melakukan penerbangan selama 11 hari non-stop sejauh 12.200 km.

Rekor sebelumnya dipegang oleh burung biru-laut ekor-blorok betina di tahun 2007. Saat itu, sang burung terbang sejauh 11.500 km selama 9 hari non-stop.

2. Debu Bintang Tertua di Bumi

Debu Bintang Tertua 2ad82

Pada bulan Januari 2020, para ilmuwan menemukan debu bintang yang terperangkap di dalam meteorit yang jatuh di Victoria, Australia, sekitar 50 tahun lalu.

Nah, debu bintang sendiri merupakan partikel yang tersisa dari ledakan supernova dan ditemukan sekitar 5 persen meteorit yang jatuh di Bumi.

Berdasarkan hasil temuan, debu bintang tersebut berusia antara 4,6 hingga 4,5 miliar tahun. Ada yang bahkan lebih tua dari usia Bumi, loh!

3. Gelombang Suara Tercepat

Gelombang Suara 8b1f0

Sementara itu pada bulan Oktober 2020, para ilmuwan berhasil menemukan kecepatan suara yang paling cepat di Bumi. Gelombang suara tersebut bergerak dengan kecepatan 36 km per detik di dalam atom hidrogen padat.

Penelitian ini merupakan kolaborasi beberapa universitas, yakni Queen Mary University of London, University of Cambridge, dan Institute for High Pressure Physics di Moskow, Rusia.

Kerennya, kecepatan suara pada atom hidrogen padat tersebut tercatat 2 kali lebih cepat ketika melalui berlian. Padahal, berlian adalah bahan yang paling sulit dilewati gelombang suara.

4. Temuan Kerangka Kembar Identik Tertua

Rekor Sains Kembar Tertua C0b99

Sekelompok peneliti berhasil mengidentifikasi kerangka kembar identik tertua di situs arkeologi Krems-Wachtberg, tepatnya di tepi Sungai Danube, pusat kota Krems, Austria.

Bayi kembar tersebut ditutupi dengan oker, pigmen merah yang sering digunakan di pemakaman kuno di seluruh dunia. Diduga bayi tersebut berusia 31.000 tahun alias berasal dari zaman batu tua/paleolitikum.

Berdasar hasil peneliti, bayi pertama meninggal tak lama setelah dilahirkan. Sementara itu, saudara kembarnya hidup sekitar 50 hari, atau kurang lebih sekitar 7 minggu.

5. Sperma Tertua di Dunia

Sperma Tertua 6abe5

Berusia sekitar 100 tahun, sperma tertua di dunia ini ditemukan di dalam cakram tumbuhan amber berukuran prangko, di sebuah tambang Myanmar Utara.

Pada gumpalan kecil tersebut ditemukan 39 spesies ostracods, yang mana 31 spesies di antaranya milik spesies terbaru yang disebut sebagai Myanmarcypris Hui.

Dengan ukuran 0,02 inci, spesies ini didaulat jauh lebih kecil daripada diameter rambut manusia dan jadi temuan paling besar di tahun 2020.

Akhir Kata

Itulah tadi pembahasan khusus Jaka mengenai rekor dunia Sains yang terpecahkan di tahun 2020. Gimana menurutmu, geng?

Jangan lupa tuliskan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah. Sampai jumpa di artikel Jaka yang selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Sin133 F56ff
Vaksin COVID-19 Bisa Memperbesar Penis, Hoaks atau Bukan?
Pageooo 8086d
8 Gorila di Kebun Binatang Ternyata Positif COVID-19, Kok Bisa?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal