Pakaian Nussa Dituduh Promosikan Taliban, Netizen Hingga Produser Turut Angkat Bicara

Film animasi anak-anak Nussa dan Rara yang kental dengan nilai-nilai agama dan kebaikan mendapat komentar pedas dari seorang penggiat media sosial, Eko Kuntadhi.

Melalui akun Twitter pribadinya @eko_kuntadhi, ia menuding busana yang dikenakan oleh dua karakter utama tersebut tak mencerminkan anak Indonesia dan dipandang mirip seperti yang dikenakan Taliban di Afganistan.

Nussa Dianggap Promosikan Taliban F2c5a

Menurutnya, pakaian islami yang dikenakan Nussa dan Rara tidak mencerminkan dan memiliki khas Indonesia.

Tak hanya itu, Eko juga mengatakan promosi film Nussa ke seluruh dunia bermaksud menghadirkan citra bahwa Indonesia adalah negara khilafah atau merupakan bagian dari kekuasaan Taliban.

Reaksi Public Figure dan Tokoh Terkait

Pendapat tersebut terang saja ditentang habis-habisan oleh sejumlah public figure dan mayoritas warganet yang sudah menonton filmnya dan merasakan kehadiran pesan-pesan positif.

Salah satu yang berdiri paling depan dalam menentang Eko adalah Ernest Prakasa yang notabene merupakan seorang sutradara. Ia memilih sindiran sebagai bentuk ketidaksetujuannya terhadap pria yang kerap disebut buzzer tersebut.

"Belum kebagian jatah komisaris ya Mas? Semoga segera, amin!" kicaunya.

Ernest Prakasa Dukung Nussa 3f473

Tanggapan lainnya juga datang dari Ryan Adriandhy, komika yang turut menggarap film Nussa bersama dengan Visinema Pictures.

"Taliban talibun nih baca aja sinopsis film kami di website BIFAN. Noh sekalian gue kasih gambar NUSSA pake baju astronotnya. Biar lo sekalian tau NASA ada cabang di Ciledug. Dipimpin NASSA-R KDI. Dia nyanyi dangdut sebenernya cuma propaganda biar kita semua pindah ke Saturnus," kicaunya.

Reaksi Cuitan Eko Kuntadhi E8736

Ryan juga mengungkapkan bahwa ia sudah mengundang Eko untuk menonton filmnya terlebih dahulu di Premiere XXI Plaza Senayan sekaligus mendiskusikannya secara santai - yang ditolak mentah-mentah oleh sang pemilik cuitan.

Tuduhan Eko juga membuat sutradara dan produser Nussa dan Rara, Angga Sasongko, gerah hingga ikut terjun untuk mengomentari kicauan tersebut.

Senada dengan Ryan, ia juga mengungkapkan rasa kesalnya karena Eko kerap mengkritik tanpa pernah mau menonton film Nussa terlebih dahulu, apalagi berdiskusi.

Reaksi Tuduhan Film Nussa 7f8a8

"Ah elo ayam sayur, Eko. Diajak nonton dan diskusi lgsg sama gue, gak nongol idung lo. Mengkonfirmasi untuk tidak datang. Ayam sayur kayak lo cuma berani sembunyi di balik jempol. Gak cukup pny nyali dan intelektualitas buat berdebat. Bisanya cm datang isu identitas pake jempol," kata Angga.

Bikin Bangga, Film Nussa tayang di Festival Film Internasional Korsel

Meski tengah diterpa tuduhan miring di negaranya sendiri, film Nussa berhasil melenggang ke Bucheon International Fantastic Film Festival (BIFAN) yang diselenggarakan pada 8-18 Juli 2021 mendatang.

Film yang menjadi animasi panjang pertama garapan Visinema dan The Little Giantz tersebut maju sebagai perwakilan Indonesia dan masuk dalam kategori film keluarga.

Film Nussa Dan Rara 13d21

Acara BIFAN inilah yang disebut-sebut Eko Kuntadhi sebagai promosi ke luar negeri; namun dibantah langsung oleh Angga Sasongko.

"Harus Anda pahami, itu bukan promo ke luar negeri, tapi filmnya dipilih pihak Bucheon International Fantastic Film Festival. Dipilih oleh kurator festivalnya," kata Angga dalam wawancaranya dengan Detik pada Senin (21/06/2021) lalu.

Jika dilihat dari sinopsisnya sendiri, tak ada yang aneh dari film Nussa. Justru, plot yang diusung sangatlah sesuai untuk ukuran film animasi anak.

"Berencana untuk mengesankan ayahnya yang akan pulang setelah setahun di luar negeri, Nussa, anak cerdas berusia 9 tahun, berpartisipasi dalam kompetisi sains di sekolahnya. Namun ketika ia menerima kabar bahwa ayahnya membatalkan perjalanan pulang dan tidak dapat hadir dalam kompetisi, dan pada saat yang sama seorang siswa baru yang cerdas bernama Jonni, menjadi saingannya dalam kompetisi sains itu. Nussa belajar arti sebenarnya dari rasa syukur," bunyi sinopsis film Nussa.

Baca juga artikel seputar Viral atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

BACA JUGA

10 Potret Anak Artis yang Persis Banget dengan Sang Ayah, Mirip Plek Ketiplek!

Arkeolog Temukan Danau Purba Raksasa di Bumi | Indonesia Bisa Nyemplung Masuk!

Nonton Film Fast & Furious 9 (2021) Full Movie | Ancaman Masa Lalu Yang Terkuak!

Download Higgs Domino MOD APK v1.72 Terbaru 2021 | Unlimited Money!

Melihat Rumah Bekas Orang Terkaya Se-Asia Tenggara | Dihuni Puluhan Warga & Tak Terawat

ARTIKEL TERKAIT
Untitled Design 2021 06 22t110007 565 03cba
Terombang-Ambing di Tengah Laut Selama 3 Jam, Bocah Ini Berhasil Diselamatkan TNI AL
Untitled Design 2021 06 21t105250 100 64d41
Viral! Ini Kisah Risma, TKW Arab yang Tak Lulus SD dan Kini Jadi Miliarder di Mekkah
Untitled Design 2021 06 21t123254 457 E464b
Sukses Jualan Cilok, Harsono Jadi Miliarder | Punya 3 Apartemen dan 13 Rumah Kontrakan!
Untitled Design 2021 06 17t122024 480 94c8a
Anak Crazy Rich Ini Stress dan Tertekan Meski Duitnya Nggak Pernah Habis, Kenapa?
Untitled Design 2021 06 16t150802 949 02d0f
10 Potret Iptu Vivin Febriyanti, Polwan Cantik Mirip Nabila Syakieb | Cantik dan Berwibawa!
Untitled Design 2021 06 16t123455 360 Cf2ff
Kisah Pendeta Hadiri Pernikahan Putrinya yang Seorang Muslim Bercadar, Mengharukan!
Tags Terkait: animasi
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal