7 Orang Asia Ini Berhasil Cetak Sejarah dalam Oscar 2021, Menang Besar!

Default

Perhelatan Academy Awards atau Oscar 2021 baru saja digelar pada hari Senin, 26 April 2021 lalu. Meskipun sarat akan kontroversi, tapi penghargaan Oscar tahun ini terbilang sangat heterogen.

Hal ini dibuktikan dengan nominasi aktor, aktris, maupun orang-orang di balik layar film yang berasal tidak hanya dari Amerika Serikat ataupun Britania Raya, akan tetapi juga dari Benua Asia, seperti yang bisa kamu lihat di sini.

Nah, ada beberapa penggiat sineas berdarah Asia yang berhasil menambatkan namanya dalam Oscar tahun ini, baik sebagai pemenang ataupun nominasi. Berikut daftar lengkapnya!

1. Lee Isaac Chung

Orang Asia Oscar 1 62692

Lee Isaac Chung merupakan sutradara Amerika kelahiran 19 Oktober 1978. Meskipun ia lahir di Negeri Paman Sam, tapi orang tuanya merupakan imigran dari Korea Selatan.

Kariernya sebagai sutradara melonjak drastis saat filmnya yang berjudul "Minari" (2020) berhasil menjuarai berbagai macam penghargaan prestisius di tingkat internasional, termasuk kategori Best Foreign Language Film dalam ajang Golden Globe Awards 2021.

Nggak heran, nama Lee Isaac Chung berhasil masuk dalam nominasi Best Director dan Best Original Screenplay sekaligus dalam Oscar 2021, membuatnya menjadi sutradara berdarah Asia pertama sepanjang sejarah yang bisa masuk dalam nominasi tersebut.

2. Chloe Zhao

Orang Asia Oscar 2 034bf

Selain Lee Isaac Chung, sutradara Asia lainnya yang juga berjaya dalam Oscar 2021 adalah Chloe Zhao. Bahkan, ia berhasil memenangkan Oscar tahun ini untuk kategori Best Director sekaligus Best Picture atau Film Terbaik berjudul "Nomadland" (2020).

Film ini berhasil mencuri perhatian publik karena jalan ceritanya yang sangat khas, ditambah performa akting para pemerannya yang maksimal. Nggak heran, film ini jadi sorotan utama dalam Oscar 2021.

Chloe Zhao sendiri merupakan sutradara yang berkarya di Tiongkok. Sejak lahir di Beijing, 31 Maret 1982, ia sering menelurkan berbagai macam film Tiongkok terbaik dan ikonik.

Ia pun menjadi sineas Tiongkok pertama dalam sejarah perfilman dunia yang berhasil merebut 2 penghargaan utama Oscar sekaligus. Hebat banget!

3. H.E.R

Orang Asia Oscar 3 61204

Siapa sih yang nggak familier dengan H.E.R? Sebagai aktris sekaligus penyanyi populer, lagu-lagunya selalu merajai tangga musik internasional. Bernama asli Gabriella Sarmiento Wilson, H.E.R lahir di California, 27 Juni 1997 dari orang tua berdarah Filipina.

Berkat dedikasinya di dunia musik, ia pun berhasil memenangkan banyak penghargaan. Namun, yang paling membanggakan, lagu "Fight For You" yang menjadi soundtrack film "Judas and the Black Messiah" (2021) berhasil meraih penghargaan Oscar untuk kategori Best Original Song.

Lagu yang ditulis oleh H.E.R dan Tiara Thomas ini dinilai memiliki karakter yang sangat kuat, lengkap dengan pesan yang penuh emosi dan pengharapan untuk melawan ketidakadilan dan diskriminasi orang berkulit hitam yang terjadi di Amerika Serikat.

4. Derek Tsang

Orang Asia Oscar 4 Ee0e9

Derek Tsang merupakan aktor dan sutradara Hong Kong kelahiran 8 November 1979. Ia merupakan anak dari aktor sekaligus komedian legendaris Hong Kong, Eric Tsang.

Nggak heran, darah seni mengalir deras dalam tubuhnya. Derek Tsang pun berhasil menarik perhatian publik saat film-filmnya memenangkan penghargaan internasional, termasuk "Soul Mate" (2017) dan yang terbaru adalah "Better Days" (2019).

Film "Better Days" sendiri berhasil masuk nominasi Oscar 2021 untuk kategori Best International Feature Film bersama film-film internasional lainnya. Hebat!

5. Steven Yeun

Orang Asia Oscar 5 15d76

Nama Steven Yeun menjadi sorotan setelah ia, bersama dengan Riz Ahmed berhasil masuk dalam nominasi Best Actor Oscar 2021, sekaligus menjadi aktor Asia pertama sepanjang sejarah yang berhasil masuk dalam nominasi ini.

Steven Yeun sendiri lahir di Seoul, Korea Selatan pada tanggal 21 Desember 1983. Ia bersama keluarganya kemudian pindah ke Amerika Serikat, sebelum akhirnya Steven Yeun mencoba peruntungannya di Hollywood.

Sebelumnya, Steven sudah terkenal saat ia memerankan Glenn Rhee dalam serial televisi terbaik sepanjang masa, "The Walking Dead". Hingga akhirnya, perannya dalam film "Minari" (2020) langsung melambungkan popularitasnya karena aktingnya yang sempurna.

6. Riz Ahmed

Orang Asia Oscar 6 84fc9

Riz Ahmed merupakan aktor berkebangsaan Inggris yang lahir pada tanggal 1 Desember 1982 dari keluarga berdarah Pakistan dan Timur Tengah. Ia pun merupakan keturunan Shah Muhammad Sulaiman, seorang tokoh Islam terkemuka di India.

Sebelumnya, Riz Ahmed juga pernah mencetak sejarah sebagai aktor Muslim dan keturunan Asia pertama sepanjang sejarah yang berhasil memenangkan piala Emmy di tahun 2017 berkat aktingnya di film "The Night Of" (2017).

Kini, ia pun juga bangga karena berhasil masuk ke dalam nominasi Best Actor Oscar 2021 melalui film "Sound of Metal" (2019). Kepiawaiannya dalam berakting memang tidak perlu diragukan lagi.

7. Youn Yuh-Jung

Orang Asia Oscar 7 34231

Buat kamu yang gemar banget menonton film ataupun drama Korea Selatan terbaik, pastinya sudah sangat familier dengan nenek cantik nan berbakat yang satu ini.

Lahir pada tanggal 19 Juni 1947, Youn Yuh-Jung sudah berkiprah di dunia perfilman Korea Selatan sejak tahun 1966. Namanya pun langsung mencuat saat ia bermain dalam film "Fire Woman" (1971).

Puncaknya, Youn Yuh-Jung berhasil membintangi film "Minari" (2020) dengan sangat apik. Ia berperan sebagai nenek eksentrik yang menemani cucu-cucunya hidup dalam lingkungan Amerika yang tak pasti.

Berkat aktingnya yang ikonik, Youn Yuh-Jung berhasil menyabet penghargaan Oscar 2021 dalam kategori Best Supporting Actress. Iapun menjadi artis Korea pertama sepanjang sejarah yang berhasil memenangkan penghargaan ini.

Akhir Kata

Itulah tadi deretan orang Asia yang berhasil mencetak sejarah membanggakan dalam penghargaan Oscar 2021. Benar-benar berjaya!

Jangan lupa tuliskan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah. Sampai jumpa di artikel Jaka yang selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

BACA JUGA

5 Artis Indonesia yang Bersahabat dengan Artis Luar Negeri, Ada yang Deket Sama Miyabi!

Gara-Gara Sering Dihujat, 5 Selebgram Indonesia Ini Makin Tajir & Kaya Raya

7 Penemuan Ilmuwan Muslim yang Diklaim Barat | Fakta Sejarah Membuktikan!

Ratusan Warga Indramayu Tiba-tiba Jadi Miliarder Berkat Ganti Rugi, Cuan Banget!

ARTIKEL TERKAIT
Page Fb8d8
7 Film Ini Tidak Boleh Diremake Hollywood, Auto Ancur!
Naskah Be6b0
Joker Termasuk! 7 Film Terkenal yang Naskahnya Bocor ke Publik
Page Cbfcc
7 Film Populer yang Nggak Perlu Dibuat Sekuelnya, Buang-Buang Uang!
1 4naa663odeju9u7m2f63a 1e7cb
7 Film Batman Terbaik yang Pernah Diproduksi, Mana Favoritmu?
Page 63ff4
7 Film Ini Dicintai Kritikus Tapi Dibenci Penonton, Kok Bisa?
Goblinost Custom 97734
7 Drama Korea dengan Plot Twist Terbaik, Endingnya Bikin Shock!
Tags Terkait: chinapakistankorea
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal