Nur Afifah Balqis, Koruptor Termuda di Indonesia yang Terlibat Suap Miliaran Rupiah

Default

Jika ditanya siapakah koruptor Indonesia berusia paling muda, mungkin jawabannya adalah Nur Afifah Balqis, geng.

Bagaimana tidak, nama Nur Afifah Balqis kini menjadi sorotan karena terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan telah ditetapkan sebagai tersangka.

Namanya pun mendadak tenar karena masih berusia sangat muda, yakni 24 tahun. Ia merupakan salah satu dari 10 orang yang ikut tertangkap OTT KPK pada Rabu (12/01/2022).

Nur Afifah diduga terlibat kasus suap yang ikut menyeret nama Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, Abdul Gafur Mas'ud.

Profil Nur Afifah Balqis

Profil Nur Afifah Balqis Eec8d

Sebagai informasi, Nur Afifah Balqis adalah wanita kelahiran Balikpapan tahun 1997, geng.

Sebelum resmi menjadi tersangka, ia lebih dikenal sebagai politisi muda yang menjabat sebagai Bendahara Umum DPC Demokrat Balikpapan.

Posisi tersebut sebenarnya masih sesuai dengan latar belakang pendidikan yang dimilikinya, di mana ia merupakan alumni Binus University dengan jurusan Hukum Bisnis.

Jika dilihat dari akun Instagram pribadinya, @nafgis_, Nur Afifah tampaknya memiliki hobi jalan-jalan ke sejumlah tempat bahkan hingga ke luar negeri.

Fakta menarik lainnya, ia memang dikenal sangat dekat dengan Bupati Penajam Paser Utara, Abdul Gafur Ma'sud, yang ikut tertangkap OTT KPK.

Proyek Miliaran Rupiah

Nur Afifah Balqis 2b67c

Sumber foto: IG/nafgis_

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menyebutkan, bahwa perkara suap ini berkaitan dengan sejumlah proyek yang nilai kontraknya mencapai Rp112 miliar, geng.

Adapun proyek yang dimaksud berupa sejumlah proyek dari Pemkab PPU melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, serta Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga tahun 2021.

Proyek tersebut antara lain menyangkut peningkatan jalan Sotek-Bukit Subur dengan nilai kontrak Rp58 miliar dan pembangunan gedung perpustakaan senilai Rp9,9 miliar.

Kasus ini juga melibatkan sejumlah kader Partai Demokrat yang ditugaskan khusus oleh Abdul Gafur untuk mengelola uang dari beberapa proyek di PPU. Uang itu nantinya digunakan untuk keperluan pribadi Sang Bupati.

Peran Nur Afifah

Ig Nafgis Afb45

Sumber foto: IG/nafgis_

Berusia masih 24 tahun, lantas, apa peran Nur Afifah dalam kasus tersebut? Usut punya usut, perempuan muda ini diduga berperan sebagai pengelola uang hasil suap.

"Tersangka AGM (Abdul Gafur Ma'sud) diduga bersama tersangka NAB (Nur Afifah Balqis) menerima dan menyimpan serta mengelola uang yang diterimanya dari para rekanan," kata Alex.

Lebih lanjut, Alex mengungkapkan kalau uang itu disimpan di rekening milik Nur Afifah yang juga sebagai Bendahara Umum DPC Partai Demokrat Balikpapan.

"Uang dari para rekanan disimpan dalam rekening bank milik NAB yang berikutnya dipergunakan untuk keperluan AGM," lanjutnya.

Adapun jumlah uang yang tersimpan di rekening bank milik Nur Afifah Balqis adalah sebesar Rp447 juta. Uang itu diduga merupakan hasil dari rekanan proyek di PPU.

Kronologi Penangkapan

Nur Afifah Dengan Abdul Gafur Bdf31

Sumber foto: Antara

Selain Abdul Gafur dan Nur Afifah, KPK juga mengamankan Plt Sekda PPU Mulyadi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang PPU Edi Hasmoro, dan Kepala Bidang Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga PPU Jusman.

Selain itu, KPK juga menangkap satu pihak dari swasta bernama Achmad Zuhdi alias Yudi yang diduga merupakan pemberi suap kepada Bupati PPU.

Awalnya, tim KPK menerima laporan dari masyarakat soal dugaan transaksi suap yang dilakukan penyelenggara negara terkait proyek dan izin usaha di Kabupaten PPU.

Sebelumnya pada Selasa (11/01/2022), Abdul Gafur melalui orang kepercayaannya bernama Nis Puhadi, diduga melakukan pengumpulan uang dari beberapa kontraktor di sejumlah tempat di Balikpapan.

Uang yang terkumpul sejumlah Rp950 juta itu lalu dibawa ke Jakarta oleh Nis Puhadi atas perintah Abdul Gafur.

Tiba di Jakarta, Nis Puhadi dijemput oleh Rizky, keduanya langsung mendatangi kediaman Abdul Gafur di kawasan Jakarta Barat untuk menyerahkan uang tersebut.

Kemudian, Abdul Gafur meminta Nis Puhadi dan Nur Afifah untuk ikut hadir bersamanya ke sebuah acara di Jakarta.

Usai dari acara tersebut, ketiganya lalu pergi menuju ke sebuah mall di Jakarta Selatan dengan membawa uang sebanak Rp950 juta tersebut.

Di mal itu, Abdul Gafur kemudian memerintah Nur Afifah untuk menambahkan uang sebanyak Rp50 juta dari rekening miliknya. Uang itu pun diduga merupakan hasil suap.

Setelah Nur Afifah melakukan perintah Abdul Gafur, maka uang yang terkumpul genap menjadi Rp1 miliar. Uang itu lantas disimpan ke dalam koper yang sudah disiapkan oleh Nur Afifah.

Dari situlah penangkapan ini dimulai. Saat ketiganya hendak keluar dari lobi mal, tim KPK langsung bergerak cepat untuk mengamankan mereka.

Di waktu yang tak jauh berbeda, tim KPK lainnya juga berhasil mengamankan sejumlah orang di Jakarta dan Kalimantan Timur.

"Barang bukti berupa uang tunai sejumlah Rp1 miliar dan rekening bank dengan saldo Rp447 juta serta barang belanjaan yang dibawa ke gedung Merah Putih," ungkap Alex.

Baca juga artikel seputar Viral atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

BACA JUGA

Bukan Cuma Egy & Witan, Inilah 7 Pemain Indonesia yang Juga Dikontrak Klub di Eropa!

8 Fakta Perceraian Vicky Prasetyo dan Kalina, Terus Bertengkar Hingga Tak Pernah Dinafkahi

Batas Umur Matahari Akhirnya Terungkap, Peneliti Ingatkan Dampaknya Bagi Bumi!

Ketuk Palu! Gaga Muhammad Divonis 4,5 Tahun Penjara, Sempat Salahkan Laura Anna

Miss Kay, Sosok Sebenarnya Dibalik Video 61 Detik: Netizen Buru Video Asli Demi Memastikannya

Impian Kinan Asli untuk Pergi Ke Cappadocia Akhirnya Terwujud, Its My Dream!

ARTIKEL TERKAIT
Koruptor Terkorup Di Dunia Ed170
10 Koruptor Terkorup di Dunia | Ada yang dari Indonesia!
Artis Jadi Pejabat Bf97f
10 Gaya Artis Saat Tampil di TV vs Bertugas Sebagai Pejabat | Aura Diva Gak Bisa Bohong!
Ayah Novita Wibowo 544e4
7 Artis Indonesia yang Gaet Anak Pejabat | Ada yang Berhenti dari Dunia Hiburan!
Page1 195a8
10 Potret Pejabat Negara di Akad Nikah Atta-Aurel, Ada Jokowi dan Prabowo!
Barbie Paling Sadis Banner
32 Foto Sadis Pembunuhan yang Dilakukan Boneka Barbie
Bahaya Film Joker Banner Bce3d
5 Bahaya Nonton Film Joker yang Harus Kamu Ketahui, Bisa Memicu Pembunuhan?
Tags Terkait: Viral
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal