Nonton Kadet 1947 (2021), Terinspirasi Peristiwa Agresi Militer Belanda I

Default

Kadet 1947 (2021) adalah film berlatar sejarah Indonesia terbaru yang tayang di bioskop pada 25 November 2021. Film ini terinspirasi dari peristiwa serangan udara pertama Indonesia ke tentara Belanda pada Agresi Militer Belanda I tahun 1947.

Seperti judulnya, film ini menampilkan perjuangan para kadet atau calon perwira/taruna. Film yang disutradarai oleh Rahabi Mandra dan Aldo Swastia ini jadi bukti semangat anak muda di masa itu untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Selain itu, daya tarik lain adalah kehadiran aktor-aktor Indonesia senior dan pendatang baru populer untuk mengisi peran-peran dalam film sejarah ini.

Mereka antara lain, Sigit (Bisma Karisma), Mul (Kevin Julio), Har (Omara Esteghlal), dan Adji (Marthino Lio) dan penembak udara, Tardjo (Wafda Saifan), Dul (Chicco Kurniawan), dan Kaput (Fajar Nugra). Mereka bertujuh adalah para kadet, calon siswa TNI Angkatan Udara.

Film perang ini digadang-gadang jadi film nasionalis berkualitas yang ditunggu-tunggu. Mengingat, sinema Indonesia tentang peristiwa sejarah jarang dibuat.

Seberapa seru dan menariknya film ini hingga pantas ditunggu dan ditonton di layar besar? Mari simak sinopsis, pemain, fakta, dan cara nonton Kadet 1947 (2021).

Sinopsis Film Kadet 1947 (2021)

Nonton Kadet 1947 2021 Sinopsis B09a7
Sumber foto: Temata

Sesuai dengan judulnya, film ini berlatar pada 1947. Saat itu, Indonesia dan Belanda baru saja melakukan Perundingan Linggarjati, yang berisi kesepakatan bahwa Belanda mengakui status kemerdekaan Indonesia dan mereka akan segera meninggalkan negeri ini.

Namun, beberapa bulan setelahnya, Belanda melanggar kesepakatan tersebut dengan melakukan serangan ke wilayah Jawa dan Sumatera untuk menguasai Indonesia kembali. Peristiwa ini disebut dengan Agresi Militer Belanda I.

Sekelompok kadet atau perwira dari sekolah penerbang Angkatan Udara di Maguwo, yaitu Sigit (Bisma Karisma), Mul (Kevin Julio), Har (Omara Esteghlal), dan Adji (Marthino Lio), berambisi untuk ikut serta menjaga Indonesia dari Belanda.

Namun, ambisi mereka terhalang berbagai rintangan, karena mereka masih berstatus pelajar Angkatan Udara, sehingga mereka tidak mendapat izin untuk membawa pesawat dan senjata.

Pertentangan pun datang dari para petinggi Angkatan Udara yang dipimpin oleh KASAU Komodor Udara Soerjadi Soerjadarma (Mike Lucock), Adisutjipto (Andri Mashadi), Abdulrachman Saleh (Ramadhan Al Rasyid), dan Halim Perdanakusuma (Ibnu Jamil).

Demi menjalankan aksi nekatnya, para kadet meminta bantuan kepada sersan udara Tardjo (Wafda Saifan), serta penembak udara Dul (Chicco Kurniawan) dan Kapoet (Fajar Nugra).

Kisah ini bukan hanya mengenai perjuangan Indonesia saja, tapi juga tentang sekelompok anak muda yang sedang melakukan pembuktian diri dan harus menghadapi konflik persahabatan, serta pertaruhan kisah cinta.

Bagaimana cara mereka membuktikan diri? Nonton film Kadet 1947 (2021) di bioskop.

Pemain Film Kadet 1947 (2021)

Setelah mengetahui sinopsis Kadet 1947 (2021), Jaka akan sajikan daftar pemain yang akan memeriahkan film Indonesia terbaru genre sejarah ini. Mereka akan berikan akting berbeda dengan film-film sebelumnya dan siap bikin penonton kagum sepanjang film.

  • Bisma Karisma sebagai Sigit (Sutardjo Sigit)

    Nonton Kadet 1947 2021 Bisma Karisma 3e25e
    Sumber foto: Temata
  • Kevin Julio sebagai Mul (Mulyono)

    Nonton Kadet 1947 2021 Kevin Julio 9a130
    Sumber foto: Temata
  • Marthino Lio sebagai Adji (Bambang Saptoadji)

    Nonton Kadet 1947 2021 Marthino Lio 59470
    Sumber foto: Temata
  • Wafda Saifan sebagai Tardjo (Sutardjo)

  • Fajar Nugra sebagai Kapoet

  • Omara Esteghlal sebagai Har (Suharnoko Harbani)

  • Chicco Kurniawan sebagai Dul (Dulrachman)

  • Andri Mashadi sebagai Tjip (Agustinus Adisoetjipto)

  • Ario Bayu sebagai Soekarno

  • Ibnu Jamil sebagai Halim Perdanakusuma

  • Ramadhan Al Rasyid sebagai Karbol (Abdulrachman Saleh)

  • Mike Lucock sebagai Soerjadi Soerjadarma

  • Indra Pacique sebagai Soedirman

  • Hardi Fadhillah sebagai Kardi

  • Givina Lukita sebagai Asih

Fakta Film Kadet 1947 (2021)

Nonton Kadet 1947 2021 Fakta 88a45
Sumber foto: Temata

Selain dibintangi aktor-aktor Indonesia populer, Kadet 1947 (2021) juga memiliki fakta menarik yang seru untuk dibahas. Simak deretan faktanya yang sudah Jaka rangkum buat kamu di bawah ini ya!

  • Ide film ini pertama kali datang saat sang sutradara, Rahabi Mandra, mengunjungi Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, Yogyakarta. Dia kagum terhadap kisah perjuangan para Kadet.

  • Melibatkan lebih dari 200 kru dan proses syuting selama 27 hari.

  • Syuting film Kadet 1947 ini dilakukan mulai dari Wonosari di Gunung Kidul, Yogyakarta hingga kawasan Gunung Sindur di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

  • Kadet 1947 juga mendapat dukungan dari TNI AU. Selain para pemain mendapat pelatihan khusus, saat syuting berlangsung TNI AU juga membantu untuk memberikan arahan dan masukan. Mulai dari garis besar cerita, karakter dalam film, hingga detail perlengkapan syuting.

  • Tim produksi membuat 12 replika pesawat dengan beragam bentuk hingga membangun tiga hanggar di lokasi syuting yang terletak di daerah Wonosari dan Yogyakarta.

  • Film ini menggunakan kamera dari APRI, agar bisa menghasilkan gambar yang lebar dan terasa.

  • Bisma Karisma sebagai pemain merasakan ikatan emosional. Dia jadi lebih menghargai ayahnya yang seorang Angkatan Udara.

  • Indra Pacique mengaku kesulitan memerankan sosok Jenderal Sudirman karena kekurangan referensi tentang kepribadian sang pahlawan.

  • Diketahui film Kadet 1947 mempunyai garis besar cerita saat Indonesia berhadapan dengan Agresi Militer Belanda I pada Juli 1947. Tepat setelah Perundingan Linggarjati.

  • Sebelum syuting film, semua pemain juga dilatih ala militer sampai dikenalkan teknis mesin pesawat tempur zaman perang. Mulai dari lari keliling lapangan bawa senjata buka baju, jurit malam, punya yel-yel, hingga dibangunin dari tidur dengan bom molotov.

  • Lagu berjudul Bakti diciptakan oleh Melly Goeslaw untuk soundtrack dari film Kadet 1947. Lagu ini dinyanyikan oleh Annet Idol.

  • Awalnya, Kadet 1947 merupakan film persembahan untuk menyambut HUT RI-75 2020. Namun karena pandemi rencana tersebut harus ditunda.

Nonton Kadet 1947 (2021)

Judul Kadet 1947
Tayang 25 November 2021
Durasi 1 jam 51 menit
Produksi Temata, Legacy Pictures, Screenplay Films
Sutradara Rahabi Mandra, Aldo Swastia
Cast Kevin Julio, Bisma Karisma, Marthino Lio, dkk
Genre History, Drama, War
Rating TBA (IMDb.com)

Kamu bisa langsung nonton film Kadet 1947 (2021) yang tayang di jaringan bioskop seluruh Indonesia mulai 25 November 2021.

Kamu bisa nonton ini bersama teman, sahabat, atau pacar. Meski film sejarah, Kadet 1947 bisa menjadi tontonan penuh makna untuk semua kalangan, terutama membangkitkan rasa nasionalis pada diri masing-masing.

Jadi kamu bisa langsung beli tiketnya agar dapat kursi yang paling enak. Ingat ya, nonton film Kadet 1947 di layar paling besar dengan sound paling bagus supaya makin berkesan!

Sebagai film perang dan sejarah yang jarang ada di Indonesia, Kadet 1947 patut jadi rekomendasi tontonan di akhir pekan.

Download Kadet 1947 (2021)

Nonton Kadet 1947 2021 Download 5eae5
Sumber foto: Temata

Sayangnya, belum diketahui pasti kapan film drama sejarah ini bakal tersedia di situs streaming. Film ini pun enggak akan ditayangkan di bioskop dan situs streaming secara bersamaan.

Sehingga Jaka belum bisa menyediakan link download Kadet 1947 di situs download film terbaik, geng.

Sambil nunggu jadwal tayang Kadet 1947 di situs streaming, kamu bisa cek rekomendasi film sejarah bertema pahlawan dan kemerdekaan Indonesia yang sudah Jaka rangkum buat kamu di artikel berikut ini ya.

Film Hari Pahlawan 7d751
14 Film Hari Pahlawan Dan Kemerdekaan Indonesia, Bangun Semangat Nasionalisme!
Dalam merayakan Hari Pahlawan 10 November, berikut rekomendasi 14 film Hari Pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Itu tadi penjelasan Jaka tentang film terbaru Indonesia, Kadet 1947 (2021), yang akan tayang dan jadi tontonan pilihan buat pencinta film drama sejarah.

Apa kalian tertarik dengan film terbaru ini? Atau kalian punya ide film lain yang ingin dibahas Jaka? Share di kolom komentar ya!

Baca juga artikel seputar Film, Anime, Drama Korea, atau artikel menarik lainnya dari Nural.

ARTIKEL TERKAIT
Film Sejarah Nggak Akurat Banner Ac2a3
7 Film Sejarah yang Ternyata Nggak Akurat | Malas Riset Fakta?
Film Sejarah Islam Terbaik Baf64
8 Film Sejarah Islam & Tokoh Muslim Terbaik 2021 | Cocok Buat Sambil Ngabuburit!
Page12 5265b
5 Film Indonesia yang Bertemakan Politik, Bahas Isu SARA!
Data Horz 892c3
5 Film Indonesia yang Mendunia dan Diakui Secara Internasional, Bikin Bangga!
Poster Film Indonesia Yang Plagiat 6b488
10 Poster Film Indonesia yang Diduga Plagiat, Semuanya Hasil Jiplakan
7 Film Perang Yang Jagoannya Mati Dibunuh Penjahat Tragis Dan Menyedihkan E2ef8
7 Film Perang yang Jagoannya Mati Dibunuh Penjahat, Tragis dan Menyedihkan!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal