Nonton Film Penyalin Cahaya (2021) | Raih 17 Nominasi Festival Film Indonesia!

Default

Film Penyalin Cahaya (2021) akhir-akhir sedang santer dibicarakan. Selain jadi salah satu film Indonesia terbaru 2021 yang ditunggu-tunggu, film yang punya judul internasional "Photocopier" ini menarik perhatian karena berhasil menyabet 17 nominasi Festival Film Indonesia 2021!

Tak hanya itu saja, film garapan sutradara Wregas Bhanuteja ini juga jadi salah satu film Indonesia yang tayang perdana di Busan International Film Festival 2021, salah satu festival film internasional paling bergengsi di Asia loh.

Penyalin Cahaya jadi film Indonesia yang cukup unik, geng. Film ini menggabungkan beberapa genre sekaligus yakni drama, misteri, dan kriminal yang dibalut dalam cerita seru nan menegangkan. Film ini juga didukung oleh jajaran cast yang namanya sudah gak asing lagi di kalangan pencintan film Indonesia.

Pasti kamu penasaran banget kan, geng, seperti apa sih film Penyalin Cahaya ini? Sebelum film ini tayang di Netflix pada 13 Januari 2022, simak dulu yuk berbagai informasi menarik yang sudah Jaka rangkum hanya buat kamu.

Sinopsis Film Penyalin Cahaya

Poster Penyalin Cahaya 42da5 6db64
Sumber foto: Rekata Studio

Film Penyalin Cahaya bercerita tentang mahasiswi tahun pertama bernama Sur (Shenina Cinnamon). Selain kuliah dengan beasiswa, ia juga menjadi sukarelawan perancang web di sebuah grup teater universitas bernama Mata Hari.

Suatu hari, Sur diajak pergi ke pesta untuk pertama kalinya. Di sana, ia diminta untuk minum sebuah minuman. Tiba-tiba ia terbangun keesokan paginya dalam keadaan tidak bisa ingat kejadian apa pun yang ia alami sejak kemarin malam. Tak itu saja, kehidupan Sur pun berubah 180 derajat setelah selfie mabuknya beredar di internet. Beasiswanya dicabut.

Merasa marah, Sur pun berusaha untuk mencari siapa yang jadi dalang di balik tersebarnya foto mabuknya itu. Ia curiga bahwa dirinya jadi bahan lelucon anggota senior teater Mata Hari.

Sur meminta bantuan teman masa kecilnya, Amin (Chicco Kurniawan), yang bekerja dan tinggal di toko fotokopi dekat kampus. Mereka berusaha menemukan kebenaran soal selfie Sur dan juga apa yang terjadi di malam pesta tersebut.

Siapa kira-kira yang jadi dalang di balik kasus Sur? Apa alasan mereka melakukan hal itu?

Karakter dan Aktor Pemeran Film Penyalin Cahaya

Para cast Penyalin Cahaya diisi oleh aktor dan aktris Indonesia berbakat yang saat ini sedang naik daun. Beberapa di antaranya bahkan masuk juga dalam nominasi FFI 2021. Berikut daftar lengkapnya.

  • Shenina Cinnamon sebagai Sur

    Shenina Cinnamon Sebagai Sur 87a3d
    Sumber foto: Rekata Studio
  • Chicco Kurniawan sebagai Amin

    Chicco Kurniawan Sebagai Amin Fd62d
    Sumber foto: Rekata Studio
  • Lutesha sebagai Farah

    Lutesha Sebagai Farah 48dd4
    Sumber foto: Rekata Studio
  • Jerome Kurnia sebagai Tariq

  • Dea Panendra sebagai Anggun

  • Giulio Parengkuan sebagai Rama

  • Lukman Sardi sebagai Ayah Sur

  • Ruth Marini sebagai Ibu Sur

  • Mian Tiara sebagai Bidan Siti

  • Rukman Rosadi sebagai Dekan

  • Landung Simatupang sebagai Burhan

Jadwal Tayang Film Penyalin Cahaya

Sinopsis Film Penyalin Cahaya D3208 75971
Sumber foto: Rekata Studio

Film Penyalin Cahaya alias Photocopier akhirnya mendapatkan tanggal tayang. Sayangnya film ini enggak rilis di bioskop Indonesia, melainkan di platform streaming Netflix pada 13 Januari 2022.

Jadi kamu harus bersabar dulu ya, geng. Sementara itu, kamu bisa cek deretan film Indonesia terbaru 2021 yang Jaka rangkum dalam artikel berikut ini. Cocok untuk mengisi waktu luangmu.

Film Indonesia Terbaru November 2021 Afd43
25+ Film Indonesia Terbaik & Terbaru 2021 | Banyak Drama Romantis!
Rekomendasi film Indonesia terbaru 2021 dengan berbagai pilihan genre, mulai dari romantis, komedi, hingga horor. Ada yang masuk Netflix juga!
LIHAT ARTIKEL

Trailer Film Penyalin Cahaya

Setelah nonton trailer film Penyalin Cahaya, ada beberapa hal yang menarik perhatian. Film ini kehadiran Adipati Dolken, Yayan Ruhian, dan Donny Damara.

Melalui trailer tersebut, penonton disajikan sekilas mengenai Sur, mahasiswa berbakat yang berusaha mempertahankan beasiswanya semenjak kejadian yang menimpanya pada pesta suatu malam.

Dari video tersebut, peran Adipati dan Yayan Ruhiyan memang belum terlihat spesifik. Namun, kehadiran mereka patut ditunggu, karena semakin menyolidkan para pemain lainnya.

Judul Penyalin Cahaya (Photocopier)
Rilis 13 Januari 2022
Durasi belum tersedia
Produksi Rekata Studio, Kaninga Pictures
Sutradara Wregas Bhanuteja
Cast Shenina Cinnamon, Chicco Kurniawan, Lutesha,

Jerome Kurnia, Dea Panendra, dkk
Genre Drama, Misteri, Kriminal
Rating belum tersedia

Fun Fact Film Penyalin Cahaya

Fakta Film Penyalin Cahaya F2aca
Sumber foto: Rekata Studio

Dari sinopsisnya dan para pemerannya aja, udah ketahuan kan kalau film Penyalin Cahaya (2021) ini bakalan seru banget?

Gak itu aja loh, tapi film ini juga masih menyimpan berbagai informasi seru lainnya. Salah satunya berbagai fun fact yang melingkupinya. Simak berikut ini ya!

  • Film Penyalin Cahaya berhasil mendominasi dalam ajang Festival Film Indonesia 2021. Film ini berhasil meraih 17 nominasi FFI 2021. Beberapa di antaranya adalah kategori utama seperti Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Penulis Skenario Asli Terbaik, serta Pemeran Utama Pria dan Perempuan Terbaik untuk Chicco Kurniawan dan Shenina Cinnamon.

  • Film Penyalin Cahaya merupakan film panjang perdana dari sutradara Wregas Bhanuteja. Sebelumnya, ia terkenal sebagai sutradara film pendek berprestasi dan sudah menghasilkan beberapa judul film pendek seperti Lemantun (2014), Prendjak (2016), dan Tak Ada yang Gila di Kota Ini (2019).

  • Pada tahun 2016, Wregas menjadi sutradara Indonesia pertama yang memenangkan penghargaan Cannes Film Festival, untuk film pendeknya berjudul Prenjak.

  • Film Penyalin Cahaya juga sukses di ranah internasional dengan berhasil tayang perdana di Busan International Film Festival 2021 lewat program kompetisi New Currents.

  • Film ini tak hanya mengangkat cerita yang seru tapi juga penting. Film ini mengangkat kejadian kekerasan dan juga pelecehan seksual yang banyak terjadi. Sutradara berharap film ini bisa jadi alat untuk melawan ketidakadilan yang dialami para korban.

Akhir Kata

Itu tadi deretan informasi menarik seputar film Penyalin Cahaya (2021), film Indonesia terbaru 2021 yang berprestasi di ranah nasional dan internasional. Layak buat ditunggu dan masuk wishlist tontonan kamu nih!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Syifa Nuri Khairunnisa.

ARTIKEL TERKAIT
Film Indonesia Sedih 35b23
12 Film Indonesia Paling Sedih Ini Bikin Nangis & Banjir Air Mata
Film Indonesia Dengan Plot Twist Terbaik Banner B14d0
5 Film Indonesia dengan Plot Twist Terbaik, Endingnya Bikin Shock!
Poster Film Luar Indonesia Yang Mirip Luar Negri Banner
35 Poster Film Indonesia yang Meniru Film Luar Negeri
Film Adaptasi Korea Terpopuler Fc598
5 Film Indonesia yang Diadaptasi dari Film Korea | Terpopuler!
Page12 5265b
5 Film Indonesia yang Bertemakan Politik, Bahas Isu SARA!
Film Diadaptasi Dari Luar 4b4b7
6 Film Indonesia yang Diadaptasi dari Film Luar Negeri, Lebih Sukses?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal