Siap-Siap Nostalgia! 6 Momen yang Cuma Pernah Dirasakan Anak Warnet Era 2000-an Ini Bikin Kangen Masa Lalu

Default

Sekitar akhir 90-an hingga awal 2000-an, internet adalah suatu kemewahan yang hanya bisa diakses lewat tempat-tempat tertentu, geng.

Maka tak heran, jika warung internet (warnet) kala itu tak ubahnya sebagai satu-satunya pilihan anak muda yang ingin mengakses internet.

Konsep dari keberadaan warnet pun cukup sederhana, yakni hanya berupa kios yang menyediakan banyak komputer dengan koneksi internet untuk kemudian disewa oleh orang lain.

Adanya warnet memang dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, entah itu untuk bermain game online atau sekadar menghabiskan waktu untuk bersenang-senang.

Sayangnya, dengan adanya smartphone dan akses internet yang sudah semakin memadai, keberadaan warnet pun kian tergerus dan tak banyak dijumpai seperti dahulu.

Nah, berikut ini akan Jaka ulas sejumlah momen-momen tak terlupakan yang pastinya hanya pernah dialami oleh anak warnet, geng. Apa saja? Yuk, siap-siap nostalgia bareng Jaka!

1. Rebutan Komputer Bagus

1 Rebutan Komputer Warnet 9e2f5

Sumber foto: Kaskus

Biasanya, tidak semua perangkat komputer yang ada di warnet memiliki spesifikasi atau komponen yang sama baiknya, geng.

Di setiap warnet, selalu ada komputer yang memiliki spesifikasi lebih baik dari yang lainnya. Alhasil, komputer yang punya spesifikasi pas-pasan akan kesepian peminat.

Para anak warnet pun biasanya sudah menandai mana komputer dengan spek paling bagus, geng. Tak heran, sebagian anak warnet sampai rela mengantri demi bisa mengunakan komputer tersebut.

Tidak hanya spek, yang perlu diperhatikan juga adalah kualitas komponen lain yang dimiliki, misalnya seperti keyboard, mouse, dan headphone.

Anak warnet biasanya selalu menghindari keyboard-keyboard yang tombolnya sudah cukup keras karena terlalu sering dipakai bermain game, geng.

Selain itu, headphone yang suaranya sudah mati sebelah atau yang busanya sudah hampir habis juga bakal dihindari karena akan menganggu kenyamanan bermain. Pasti ngalamin, kan?

2. Nemu Flashdisk

2 Nemu Flashdisk Di Warnet B2a8a

Sumber foto: Kaskus

Sebagai tempat umum, pasti banyak sekali barang milik orang lain yang ketinggalan di warnet, geng.

Mulai dari topi, buku, CD, sampai flashdisk, beberapa barang tersebut biasanya paling sering ketinggalan di dalam bilik komputer.

Lucunya, beberapa anak warnet ada yang sampai rajin banget keliling setiap PC untuk mengecek apakah ada barang pelanggan sebelumnya yang ketinggalan atau tidak.

Tapi bukannya diserahkan kepada operator atau langsung kepada pemiliknya, barang-barang itu justru dibawa pulang sendiri untuk dijadikan 'oleh-oleh' dari warnet. Bukan untuk dicontoh, ya!

3. Warnet Is My Second Home

3 Tidur Di Warnet 272c1

Sumber foto: Istimewa

Bukan anak warnet namanya jika tidak menghabiskan waktu di warnet sepanjang hari atau bahkan sampai larut malam. Bahkan, warnet sudah dianggap bak rumah kedua bagi mereka, lho.

Momen-momen saat orang tua datang ke warnet sambil marah-marah kepada anaknya pun seolah menjadi pemandangan yang biasa.

Demikian jika ada anak yang dijewer atau disabet sapu lidi oleh orang tuanya, anggap aja itu sebagai bumbu hiburan dalam dunia per-warnet-an, geng.

Selain itu, kamu juga pasti memiliki teman yang setiap kali kamu datang ke warnet, dia pasti selalu ada dan sudah stand by duluan di sana.

Nah, orang-orang seperti itu biasanya memang akan pulang ke rumah jika sudah mendapat ultimatum dari orang tuanya, geng.

Namun, mereka-mereka inilah yang sebenarnya paling pantas dijuluki sebagai anak warnet yang sesungguhnya.

4. Jago Main Game = Diliatin Bocah Satu Kampung

4 Jago Main Game 4cd93

Sumber foto: Istimewa

Sebelum para streamer bermunculan, kegiatan menonton orang lain bermain game sebenarnya sudah lebih dulu terjadi di era warnet, geng.

Gak percaya? Buktinya, setiap ada yang jago bermain game seperti DotA atau Counter Strike (CS), otomatis layar komputernya bakal menjadi tontonan bagi anak-anak warnet lainnya.

Bagi sebagian orang, tentu hal ini tergolong sangat menyebalkan dan bikin risih. Apalagi, kalau yang nontonin kamu main game ternyata adalah gerombolan bocah-bocah yang berisiknya minta ampun.

Namun bagi sebagian orang lainnya, momen-momen saat menjadi tontonan seperti ini justru membuatnya semakin percaya diri, lho. Udah seperti pro player banget, tuh, rasanya.

5. Billing Lumba-Lumba yang Ikonik

5 Billing Lumba Lumba 77959

Sumber foto: Istimewa

Peringatan billing yang biasanya bergambar lumba-lumba ini memang sangat melekat di ingatan para anak warnet, geng.

Warnet sendiri memang sangat mengandalkan sistem billing untuk menentukan durasi lamanya kamu memakai jasa internet mereka.

Nantinya, operator warnet akan menyesuaikan billing tersebut dengan sistem paket yang sudah kamu pilih. Paket yang disediakan pihak warnet biasanya berdurasi 1 jam, 3 jam, dan 5 jam.

Oh, iya, semakin lama paket durasi yang kamu pilih, kelipatan harganya pun akan semakin murah, geng. Bahkan, kalau kamu memilih paket bermain 5 jam, biasanya kamu bakal diberikan minuman teh botol dingin secara gratis. Makin semangat nge-net!

6. Putar MP3 Via Winamp

Winamp

Sumber foto: Tangerang Raya

Berbicara tentang warnet, gak lengkap rasanya kalau belum ngomongin soal lagu-lagu hits yang sering diputar oleh operator maupun para pelanggan warnet, geng.

Dan uniknya, entah kenapa lagu-lagu yang kerap diputar di warnet seluruh Indonesia ini bisa sama semua. Ya, tentu kamu masih ingat, dong, lagu-lagu era warnet yang dahulu begitu hits?

Beberapa di antaranya sebut saja lagu Kenangan Terindah dari Samsons, Semua Tentang Kita dari Peterpan, Tinggal Kenangan dari Gaby, Suara dari Hijau Daun, atau Diary Depresiku dari Last Child.

Untuk lagu-lagu barat, anak warnet tahun 2000-an pasti sering banget nge-play lagu Fall For You dari Secondhand Serenade, I'm Yours dari Jason Mraz, hingga lagu sejuta umat Dear God dari Avenged Sevenfold.

Tidak ketinggalan, lagu-lagu tersebut harus diputar dalam format file MP3 via aplikasi Winamp, geng. Jadi santuy banget, deh!

Akhir Kata

Itulah tadi sederet momen-momen tak terlupakan yang hanya pernah dirasakan oleh anak warnet, geng. Anak-anak warnet yang mengalami momen di atas pun kemungkinan besar sudah menginjak kepala tiga semua, lho. Jadi nostalgia, ya?

Baca juga artikel seputar Unik atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

BACA JUGA

Kapur Barus, Pengawet Mumi Firaun Ternyata Berasal dari Indonesia, Lho! Kok Bisa?

Resmi! BlackBerry OS Stop Beroperasi, Ini Daftar Ponsel yang Terkena Dampaknya!

10 Potret Perayaan Malam Tahun Baru ini Mungkin Kamu Alami Juga, Gak Sesuai Ekspektasi!

6 Fakta Menarik Pratama Arhan: dari Anak Petani Hingga Dilirik Klub Korea!

7 Sumber Kekayaan Anya Geraldine, dari Bisnis Kuliner Sampai Beternak Lele!

Viral Fenomena Merawat Spirit Doll yang Ditampilkan Pesohor, Ini Kata Ahli Kejiwaan!

ARTIKEL TERKAIT
Selebgram Cantik Jaulan Kentut 41eb3
Viral! Selebgram ini Raup Rp700 Juta Per Minggu dari Jualan Kentut, Mau Beli?
Mahasiswi Jadi Kuli Angkut Semen E500f
Aksi Mahasiswi Cantik Jadi Kuli Angkut Viral di Medsos, Ternyata ini Kisah Dibaliknya!
Rekor Melihat Matahari Terlama 07880
Wow! Kakek 70 Tahun Berhasil Pecahkan Rekor Tatap Matahari Terlama Tanpa Berkedip
Diceraikan Karena Nafkah Rp30 Ribu E55a4
Viral Kisah Suami Diceraikan Karena Nafkahi Istri Rp30 ribu, Warganet: Segitu Bisa Beli Apa?
Kasus Polisi Dan Tni Gadungan 7fed3
5 Kasus Polisi dan Tentara Gadungan yang Pernah Viral, Sampai Bohongi Istri 7 Tahun!
Kakek Beragama Islam Hibah Tanah Untuk Gereja D6a8e
Viral Kakek Muslim di Minahasa Hibahkan Tanah Untuk Gereja, Warganet: Semoga Diberkati!
Tags Terkait: fakta menarik
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal