Misteri Sumur Kuno yang Dasarnya Tak Pernah Ditemukan, Sampai Telan Korban Penyelam Profesional

Default

Di Prancis, ada sebuah sumur kuno yang kini menjadi objek wisata dan cukup laris dikunjungi. Sumur tersebut bernama Fosse Dionne yang lebih tepatnya terletak di Kota Tonnere, Burgundy.

Sumur yang berisi air sangat jernih ini selalu menarik untuk dibahas karena menyimpan rahasia alam yang belum terpecahkan hingga saat ini, geng.

Bagaimana tidak, selama berabad-abad lamanya, tidak ada seorang pun yang tahu dari mana sumber air sumur alami ini berasal.

Masyarakat setempat hanya mengetahui bahwa sumur tersebut selalu terisi air jernih dengan debit besar sepanjang waktu.

Tidak hanya sampai di situ, geng. Sisi misteri dari sumur ini juga berkaitan dengan kedalamannya.

Ya, sampai sekarang, belum ada orang yang bisa mencapai dasar sumur tersebut. Seolah sumur alami ini tidak memiliki dasar sama sekali.

Selama ini, sumur itu diketahui telah mengeluarkan air dalam jumlah besar, yakni mencapai debit sekitar 311 liter per detik.

Debit airnya pun keluar sangat teratur, di mana dapat meningkat menjadi 3.000 liter per detik jika cuaca sedang hujan.

Misteri Fosse Dionne D32fd

Menurut sejarahnya, sumur ini ini telah digunakan sejak masa Romawi kuno. Bangsa Celtic kala itu bahkan menganggapnya sebagai tempat yang suci.

Kemudian pada tahun 1700-an, bangsa Prancis mulai memanfaatkan sumur alam ini sebagai tempat pemandian umum.

Meski begitu, semua peradaban tersebut ternyata tidak bisa mengungkap dari mana sumber airnya berasal. Banyak yang telah mencoba untuk mengungkapnya, tapi berakhir sia-sia.

Suatu ketika, para penyelam yang coba dikirim untuk mencari sumber airnya justru mengalami nasib tragis. Hingga kini, asal muasal sumber air Fosse Dionne pun tetap menjadi misteri.

Beragam kabar terkait Fosse Dionne pun bermunculan di tengah masyarakat. Mereka merasa heran mengapa air sumur tersebut tidak pernah kering dan seolah tidak memiliki dasar.

Tak sedikit yang merasa yakin bahwa Fosse Dionne adalah portal menuju ke dunia lain. Sementara ada pula mitos yang menyebutkan kalau di bagian dasar sumur terdapat sarang ular raksasa.

Hingga pada tahun 1974, dua penyelam profesional diturunkan untuk mengungkap dasar sumur tersebut. Mereka pun harus melewati sebuah lubang sempit berupa bebatuan kapur yang terdapat di sumur.

Bukannya berhasil menemukan sumber airnya, nyawa mereka justru tak terselamatkan lantaran tak mampu menavigasi jurang Fosse Dionne yang ternyata menyempit ke bagian bawah.

Percobaan belum juga usai. Pada tahun 1996, pihak Kota Tonnere menyewa seorang penyelam profesional lain untuk menemukan dasar sumur tersebut. Sayang, penyelam itu juga tewas dalam aksinya.

Berabad-abad lamanya menjadi misteri, sebuah titik terang tentang sumur ini akhirnya mulai terungkap pada tahun lalu.

Ketika itu, Walikota Tonnerre turun tangan langsung dan menyewa seorang penyelam profesional yang bernama Pierre-Eric Deseigne.

Fosse Dionne F0213

Deseigne kemudian berhasil mencapai dasar dari sumur alami tersebut. Tapi sayangnya, ia gagal menemukan dari mana sumber airnya berasal.

Setidaknya, sang penyelam telah turun sejauh 70 m di bawah tanah, sebelum menjelajahi lebih dari 370 meter dari lubang sempat yang menjadi pintu masuk sumur.

Alhasil, sumber air Fosse Dionne masih belum diketahui sampai dengan saat ini. Hanya saja, para ilmuwan menduga bahwa sumber air tersebut berasal dari jaringan gua kapur bawah tanah.

Meski ada dugaan seperti itu, namun tak sembarang penyelam berani mengungkap sumber airnya. Terlebih setelah mengetahui beberapa kisah penyelam sebelumnya yang tewas saat mencoba memasuki sumur.

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

ARTIKEL TERKAIT
Untitled Design 2021 02 09t113426 116 99254
7 Candi Hindu Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi, Cantik Banget!
Buah Tertua Di Dunia 07872
7 Pohon Tertua di Bumi | Candi Borobudur dan Piramida Mesir Kalah Tua!
Candice Kloss 66477
8 Potret Candice Kloss, Wanita Bak Barbie yang Dianggap Bodoh | Padahal Mendekati Jenius!
Game Kerajaan Terbaik 46e93
13 Game Kerajaan Paling Populer di Android Tahun 2020
Game Perang Kerajaan Bannerx 46588
Game Perang Kerajaan Terbaik 2018 di HP & PC| Buat Mabar!
Bangunan Islam Paling Menakjubkan Di Dunia Banner 8480a
10 Bangunan Islam Paling Menakjubkan di Dunia, Warisan yang Megah dan Indah!
Bangunan Coc Banner
5 Bangunan Penting yang Pertama kali WAJIB di Upgrade Setelah Naik Town Hall
Tags Terkait: fenomenaAlam
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal