Kisah Mantan Insinyur Tesla Bergaji Rp1 M, Pilih Resign dan Bangun Perusahaan di Tanah Air

Default

Bekerja di perusahaan besar seperti Tesla mungkin adalah impian dari banyak orang di dunia.

Tapi tidak bagi pria asal Jakarta ini, sebab ia memutuskan resign setelah 3 tahun bekerja di perusahaan milik Elon Musk tersebut.

Niko Questera, nama pria yang dimaksud, sebelumnya pernah bekerja di Stanley Electric pada 2011 silam. Stanley Electric sendiri adalah perusahaan pemasok lampu untuk mobil Honda.

Setelah bekerja di Honda, ia pun memutuskan pindah ke Tesla. Sejak itu pula, ia merasakan bahwa tekanan bekerja di Tesla jauh lebih berat, baik dari segi jam kerja maupun pengalamannya.

"Dulu kita mikir sejarah, Jepang itu kerja rodi, kerja romusha. Memang lumayan seperti itu kultur di Honda. Rekor saya dulu kerja 38 jam nonstop, tidak pulang," kata Niko seperti yang dilansir dalam program Sosok.

"Di Tesla tiga kali lipat, mungkin pertama jumlah orangnya sedikit untuk menangani berbagai komponen. Secara bersamaan, tanggung jawab kita juga jadi banyak banget," lanjutnya.

Niko Questera Mantan Insinyur Tesla 5eebd

Sempat menjadi insinyur selama 3 tahun di Tesla, Niko pun akhirnya mulai memikirkan untuk resign. Ia pun mengaku membutuhkan waktu selama 1,5 tahun untuk memutuskan langkah selanjutnya.

"Cukup lama, satu tahun setengah mikirnya. Soalnya satu tahun setengah awal sudah langsung cukup capek. Tapi tentunya, pertama kali terngiang-ngiang karena uang," ujar Niko.

Setelah melalui berbagai pertimbangan, Niko akhirnya memberanikan diri untuk keluar dari zona nyamannya dan memutuskan kembali ke Indonesia. Ia pun dengan berat hati melepaskan gaji besarnya selama di Tesla.

"Gaji di Tesla ya pasti di atas Rp1 miliar per tahun. Gaji di Indonesia belasan juta kali, ya," ungkap Niko.

Selama di Amerika, Niko menjadi bagian dari perusahaan recruitment asal Indonesia yang bernama Ekrut. Ia melakukan pekerjaannya sebagai karyawan remote dari Amerika.

Lalu setelah kembali ke Indonesia, ia menghabiskan waktu bekerja di kantor Ekrut yang berada di Jakarta.

Ia menghabiskan waktu selama 2 tahun di perusahaan tersebut sebelum akhirnya kembali resign lantaran ingin beristirahat sejenak dari dunia otomotif.

Mulai dari sana, lah rekam jejak Niko sebagai seorang pengusaha di mulai. Saat keluar dari pekerjaan terakhirnya, sang istri, Evani Jesslyn, mendorong Niko utnuk membuat karya dari bidang otomotif yang dikuasainya.

"Jadi berbagai macam clues, berbagai macam hint dari dunia. Akhirnya menunjukkan bahwa perlu saya bikin ini sekarang daripada nanti," kata Niko.

Kisah Mantan Insinyur Tesla 1892c

"Kita bikin suatu konsep di mana motor listrik, kendaraan listrik, sustainable energy, energi terbarukan, semuanya tidak hanya menjadi industri, tapi ini menjadi suatu lifestyle," imbuhnya.

Berkat idenya itu, ia pun mendirikan Quest Motors sekaligus menjadi CEO-nya. Perusahaan swasta ini bergerak di kendaraan listrik buatan anak-anak terbaik bangsa.

Sejak dididirkan pada awal 2021 lalu, Quest Motors kini sudah merilis produk motor listrik yang sempat dipajang di acara GIIAS 2021.

"Jadi kita bikin produk namanya Atom. Motor ini kecil, supaya semua orang bisa napak. Bagi yang belum pernah naik motor, naik sepeda, atau punya keseimbangannya yang buruk, naik ini akan jauh lebih mudah," kata Niko.

Dengan perusahaannya ini, Niko memiliki tekad yang kuat untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia bisa menciptakan teknologi yang tidak kalah maju dari negara lain.

"Kita punya idealisme di mana kita tidak mau main impor sudah jadi. Kita ingin nunjukkin bahwa Indonesia bisa bikin sesuatu yang bukan hanya sekedar nyontek," pungkasnya.

Baca juga artikel seputar Inspirasi atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

BACA JUGA

Rizki DA Resmi Talak Cerai Istrinya Untuk Kedua Kali, Sudah Jalani Sidang Minggu Lalu

15 Potret Kocak Motif Kerokan, Jadi Ajang Melukis sampai Menyatakan Cinta!

Ngeri-ngeri Sedap, 4 Hantu Indonesia Ini Pernah Dijual Lewat Facebook! Ada yang Mau Beli?

Pria Ini 41 Tahun Tinggal di Hutan dan Tak Pernah Lihat Wanita, Layaknya Tarzan Dunia Nyata!

8 Artis Indonesia yang Ternyata Anak Seorang Dosen, Banyak yang Belum Tahu!

Dokter Ini Salah Amputasi Kaki Kanan Pasien, Harusnya Potong Kaki Kiri!

ARTIKEL TERKAIT
Foto Hasil Kamera 1 Abad Banner
10 Foto yang Dipotret Menggunakan Kamera Berumur 1 Abad Lebih
Pokestop Aneh
Kuda Sange dan 14 Nama Pokestop Lucu Hanya di Indonesia!
Potret Nyeleneh Siswa 0a1d3
10 Potret Unik dan Nyeleneh Siswa Saat di Kelas, Bikin Inget Masa Sekolah
Pakaian Nyeleneh B9d87
10 Pakaian dengan Desain Nyeleneh | Auto Ngakak!
Potret Absurd Orang Tua Mengasuh Anak D95ea
10 Potret Orang Tua Saat Mengasuh Anaknya, Kocak dan Absurd Banget!
Tingkah Absurd Anak Kecil D5aee
10 Potret yang Menunjukkan Tingkah Absurd Anak Kecil, Bikin Bernostalgia!
Tags Terkait: Tokoh
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal