Bikin Takjub, 5 Makhluk Ini Berhasil Dihidupkan Kembali Oleh Ilmuwan!

Default

Melakoni profesi dengan ilmu pengetahuan tinggi khususnya di bidang sains membuat ilmuwan seolah dapat melakukan apa saja, dari meneliti asal-usul hewan purba hingga menemukan spesies baru.

Tak hanya itu, ilmuwan bahkan mampu menyuntikkan sari- sari kehidupan ke berbagai jenis makhluk hidup yang telah mati atau telah lama hilang.

Yup, ilmuwan-ilmuwan tersebut dapat 'membangkitkan kembali' hewan, tumbuhan, dan organisme yang telah mati, salah satunya. Bukan cuma sekali, namun berkali-kali!

Apa sajakah makhluk-makhluk tersebut? Yuk, kita bahas bareng-bareng!

1. Virus Cacar Kuda

Virus Cacar Kuda D06ad

Pada tahun 2017, para peneliti di Universitas Alberta memicu kontroversi ketika mereka menggunakan biologi sintetis untuk membuat ulang genom virus cacar kuda - kerabat virus cacar yang letal.

Virus yang sangat menular itu dipercaya telah diberantas secara total pada tahun 1977, namun para peneliti tersebut justru memutuskan untuk menciptakannya kembali.

Di sisi lain, pembuatan virus tersebut berpotensi membantu produksi vaksin yang lebih baik serta membangun virus yang diperlukan untuk mengobati kanker, geng. Wah... Harus hati-hati banget, sih.

2. Rotifera Antartika

Rotifera 48e40

Beku selama 24.000 tahun, rotifera di Siberia berhasil hidup kembali pada Juni 2021 lalu.

Hewan air yang menyerupai cacing tersebut memang memiliki kemampuan bertahan hidup luar biasa, terbukti dari kemampuannya untuk berhibernasi selama ribuan tahun dalam kondisi beku. Padahal, ilmuwan memperkirakan rotifera hanya dapat bertahan selama 6 hingga 10 tahun dalam keadaan tersebut.

Melalui analisis lebih lanjut, ilmuwan kemudian sampai pada kesimpulan bahwa rotifera dapat bertahan dari pembekuan dan organisme tersebut bahkan bisa terus berkembang biak tanpa proses pembuahan, yang disebut partenogenesis.

3. Tanaman Silene stenophylla

Silene Stenophylla 7a3e4

Spesies tanaman yang tumbuh di lapisan es Siberia ini diketahui hidup pada era Pleistosen akhir sekitar 32.000 tahun yang lalu.

Namun, para ilmuwan berhasil meregenerasi tanaman dari jaringan buah yang belum matang yang terkubur di liang tupai purba hampir 40 meter di bawah permukaan lapisan es.

Setelah mencairkan jaringan buah beku, para ilmuwan dapat membuatnya berbunga dan berbuah, bahkan menghasilkan benih yang layak untuk melanjutkan generasi berikutnya dari tanaman purba ini.

Penemuan ini memberi pemahaman kepada para ilmuwan mengenai peran lapisan es dalam melestarikan kumpulan gen purba. Hmm... Mirip kasus rotifera di atas ya, geng?

4. Lumut Purba

Lumut Purba 93a7f

Dua tahun setelah keberhasilan meregenerasi Silene stenophylla, tim peneliti asal Inggris menemukan lumut berusia 1.530 tahun di Antartika.

Lumut tersebut membeku dalam es dan mengalami mati suri atau kriptobiosis - sebuah mekanisme pertahanan untuk menyelamatkan diri dari lingkungan yang sangat keras.

Para peneliti itu bahkan berhasil menumbuhkan lumut baru di rumpun lumut purba, loh. Meskipun kecil, ilmuwan mengatakan bahwa lumut memiliki peranan yang sangat penting dalam ekosistem, salah satunya sebagai parameter perubahan lingkungan.

5. Kambing Gunung Iberia

Kambing Gunung 51c07

Masih ingat dengan berita kloning musang kaki hitam pertama yang dilakukan oleh ilmuwan? Ternyata masih ada penemuan mencengangkan lainnya yang mirip-mirip.

Sekelompok peneliti lainnya diketahui berhasil menghidupkan kembali seekor kambing gunung Iberia atau ibex Pyrenean terakhir di dunia yang mati tertimpa pohon pada tahun 2000.

Peneliti lantas mengawetkan sel kambing bernama Celia tersebut dan mengambil inti selnya untuk ditanamkan ke dalam embrio ibu kambing pengganti.

Sayangnya, klon Celia hanya dapat bertahan selama sepuluh menit setelah dilahirkan. Yah, tetap saja mengalami kepunahan dua kali, geng.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa hewan yang sempat dan berhasil dihidupkan kembali oleh para peneliti. Sebelumnya, para ilmuwan juga dikenal pernah menghidupkan tardigrada yang membeku.

Sejauh ini, baru makhluk hidup yang relatif sederhana yang bisa benar-benar dibangkitkan kembali oleh ilmuwan. Kira-kira, hewan dan tumbuhan apa lagi yang akan dihidupkan kembali, ya?

Baca juga artikel seputar Hewan atau artikel menarik lainnya dari Ayu Dewi.

ARTIKEL TERKAIT
Hewan Purba 7b261
Pasti Kamu Nggak Tahu! 5 Hewan Ini Hidup Sebelum Dinosaurus Ada di Muka Bumi
Untitled Design 2021 06 30t233043 238 91e78
12 Potret Hewan Hasil Kawin Silang Ini Keren Banget | Jadi Spesies Langka dan Mahal!
Untitled Design 2021 05 04t101038 854 6bc7f
Ini 7 Hewan Terbesar di Dunia Sepanjang Sejarah, Ada yang Saat Ini Masih Hidup!
Hewan Zaman Purba E9890
7 Hewan Purba yang Masih Hidup di Dunia | Banyak yang di Indonesia
Hewan Zaman Purba 1256e
5 Hewan Purba yang Masih Hidup di Indonesia | Bikin Takjub Dunia!
Hewan Laut Dalam Paling Mengerikan 96067
7 Makhluk Paling Mengerikan yang Hidup di Laut, Dianggap Alien Saking Seremnya!
Tags Terkait: hewan
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal