Canggih! Seoul di Korea Selatan Bakal Jadi Kota Metaverse Pertama di Dunia

Default

Sejak Facebook mengganti namanya menjadi Meta, perhatian dunia terhadap masa depan dunia virtual atau Metaverse terus semakin meningkat. Berbagai perusahaan besar pun ikut terjun dalam proyek ini.

Perusahaan properti digital bernama Realm di New York, belum lama ini melaporkan pembelian untuk aset tanah digital seharga 4,3 juta dolar AS atau sekitar dengan Rp61,9 miliar.

Tidak hanya itu, anak perusahaan Tokens.com, Metaverse Group, juga dilaporkan telah membeli aset tanah digital pada November lalu seharga 2,4 juta dolar AS atau setara dengan Rp34,5 miliar.

Tidak mau kalah dengan yang lainnya, Pemerintah Metropolitan Seoul (SMG) di Korea Selatan secara resmi menyampaikan rencana mereka untuk menghadirkan dunia virtual bernama Metaverse Seoul, geng.

Nantinya, dengan rencana besar tersebut, Seoul diharapkan dapat menjadi kota metropolitan digital pertama yang hadir di dunia.

Proyek ini sendiri termasuk dalam rencana Seoul Vision 2030 yang digagas oleh Wali Kota Seoul, Oh Se-hoon. Adapun program uji cobanya akan mulai diluncurkan pada awal tahun 2022 mendatang.

Korsel pun tidak main-main dalam merancang proyek ini, geng. Mereka sedikitnya telah menggelontorkan dana investasi sebesar 3,9 miliar KRW atau setara dengan Rp47,3 miliar, lho.

Metaverse Seoul nantinya akan mencakup berbagai tempat digital seperti balai kota virtual, tempat wisata, pusat layanan sosial, serta sejumlah fasilitas umum untuk masyarakat.

Adapun tempat wisata yang dihadirkan melalui kota digital ini di antaranya adalah Gwanghwamun Plaza, Istana Deoksugung, dan Pasar Namdaemun.

Menariknya, situs kuno yang bangunan aslinya telah dihancurkan pada masa penjajahan Jepang, yakni Gerbang Donuimun, nantinya akan direkonstruksi secara digital agar dapat dinikmati banyak orang.

Jika rencana ini berjalan sukses, maka masyarakat Korea Selatan khususnya penduduk Kota Seoul, dapat menjelajahi semua tempat itu dengan hanya menggunakan headset VR, geng.

Seoul Metaverse E416c

Semua proyek ini dimaksudkan untuk mendukung program bernama Digital New Deal Korea Selatan yang termasuk dalam rencana nasional untuk merangkul semua perangkat digital dan AI (Artificial Intelligence).

Hal ini sebagai upaya pemulihan krisis ekonomi negara akibat adanya pandemi Covid-19. Di waktu bersamaan, mobilitas sosial antar warga dan daya saing global kota pun bisa segera ditingkatkan.

Selain itu, pihak kota juga telah mengumumkan penyelenggaraan acara Festival Lentera Seoul yang akan dimulai pada tahun 2023 hingga seterusnya.

Di festival itu pula, rencananya akan dibuka 120 pusat metaverse yang akan menjadi layanan publik virtual di mana avatar bisa menggantikan kehadiran manusia secara fisik.

Seoul Metaverse 91aeb

Belum berhenti di sana, Seoul nantinya juga akan mengadakan 20 ajang promosi dalam 3 tahap.

Semuanya mencakup sektor ekonomi, pendidikan, budaya, pariwisata, komunikasi, pembangunan kota, administrasi, hingga infrastruktur.

Tahapan pertama yang berupa pengenalan akan dimulai pada awal tahun 2022, kemudian akan dilanjutkan dengan tahap ekspansi pada 2023 hingga 2024, lalu tahap penyelesaian dari 2025-2026.

Di satu sisi, Seoul sebenarnya sudah menjadi salah satu kota pintar paling futuristik di dunia saat ini, geng.

Dengan rencana besar ini, maka Seoul akan dipastikan menjadi kota pertama yang akan mengusung konsep metaverse.

Jika metaverse banyak dikembangkan oleh perusahaan seperti Meta (sebelumnya bernama Facebook), Microsoft, hingga Nike, maka Seoul menjadi satu-satunya pemerintahan di dunia yang ikut dalam proyek virtual semacam ini.

Apabila proyek ini rampung, bukan tidak mungkin Ibu Kota Seoul bakal menjadi tuan rumah untuk berbagai tempat publik dan event-event virtual kelas dunia, geng.

Baca juga artikel seputar Fakta Unik atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

BACA JUGA

NFT Ubisoft Quartz Resmi Diluncurkan dalam Game Ghost Recon Breakpoint, Mau Koleksi?

Wow! Foto Randy Bagus Dibanderol Rp620 Juta di Marketplace NFT Rarible, Mau Beli?

12 Potret Terbaru Aprilio Manganang, Makin Macho Setelah Resmi Jadi Pria

Segini Tarif Endorse 8 Artis Tanah Air, Mencapai Ratusan Juta Sekali Posting!

Duka Paling Mendalam, 12 Artis Ini Harus Kehilangan Anak untuk Selamanya

Bikin Merinding, Rumah Ini Tetap Kokoh dan Selamat dari Ganasnya Erupsi Semeru

ARTIKEL TERKAIT
Gaya Istri Orang Terkaya Di Dunia 27caf
10 Gaya Busana Istri Para Orang Terkaya di Dunia yang Sederhana, Gak Ada yang Suka Pamer!
Mark Zuckerberg Sergey Brin 322e6
10 Kebiasaan Sederhana Orang Terkaya di Dunia Teknologi | Cuma Punya 1 Jenis Baju dan Mobil Penyok
Nurul Atik Mantan Ob Jadi Miliarder 461a5
Kisah Sukses Nurul Atik, Mantan OB yang Jadi Miliarder | Punya Omzet Rp1,2 Triliun!
Cats1 9bc6e
Kisah Sukses TKW yang Tak Lulus SD, Bisa Raup Rp 3 M Lewat Katering Haji
1534010 Kisah Sukses Penjual Gorengan Horz 6a094
Kisah Sukses Penjual Gorengan Raup Ratusan Juta Rupiah Dalam Sebulan, Awalnya Cuma Punya Rp5 Ribu
Untitled Design 2021 04 12t184626 357 1b9fb
10 Orang Terkaya di Indonesia 2021 | Crazy Rich Indonesia Baru Bermunculan!
Tags Terkait: teknologi
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal