7 Kolaborasi Musisi Indonesia dan Korea, Proyek Lagu Bareng!

Default

Jika dilihat dari pangsa pasar secara global, industri hiburan di Indonesia tentu masih kalah apabila dibandingkan dengan industri hiburan yang ada di Korea Selatan saat ini.

Meski begitu, itu bukan berarti bahwa kualitas penggiat hiburan Tanah Air tidak setara dengan para artis di Korea, geng.

Pasalnya, kita patut berbangga karena ada beberapa penyanyi Indonesia yang kini mendapat kesempatan untuk berkolaborasi dengan penyanyi-penyanyi asal Korea.

Hal itu tampak dari semakin banyaknya proyek lagu kolaborasi penyanyi Indonesia dengan penyanyi dari Negeri Ginseng tersebut.

Penasaran siapa saja musisi Indonesia yang pernah membuat karya bersama dengan artis Korea? Lalu, seperti apa bentuk karya tersebut?

Kalau kamu ingin tahu jawabannya, simak terus artikel Jaka ini sampai habis, ya.

1. Afgan dan B.I.

2 54804

Belum lama ini, tepatnya pada 2 Oktober 2021 lalu, penyanyi solo kenamaan Indonesia, Afgan baru saja merilis lagu terbarunya yang berjudul Lost at Sea (Illa Illa 2).

Menariknya, lagu tersebut ternyata tidak ia nyanyikan sendirian, lho, melainkan bersama salah satu personel dari Ikon, yakni B.I.

Sentuhan berbeda pun tampak ditunjukkan Afgan dalam proyek kolaborasinya ini. Kali ini, pria yang biasanya kerap membawakan lagu mellow ini justru bernyanyi dengan gaya rap di lagu Lost at Sea (Illa Illa 2).

2. Stephanie Poetri dan Jackson Wang

1 375b3

Salah satu penyanyi muda Indonesia yang sedang meniti karier di Amerika Serikat, Stephanie Poetri, juga punya proyek kolaborasi dengan penyanyi Korea Selatan, geng.

Ia berduet dengan Jackson Wang dalam lagu yang berjudul I Love You 3000 II. Sebelumnya, lagu I Love You 3000 yang dinyanyikan putri bungsu Titi DJ ini memang sempat hits hingga ke luar negeri, lho.

Stephanie pun tak menyianyiakan kesempatan berduet dengan Jackson Wang karena sosok tersebut merupakan idolanya sejak lama.

Ada sedikit perubahan dalam lagu I Love You 300 versi terbaru ini, terutama dari beberapa lirik dan aransemennya yang sedikit diubah.

3. Rich Brian dan Chungha

3 0bb10

Rapper muda asal Indonesia, Rich Brian, memang sudah lebih dulu mencicipi industri hiburan di Amerika Serikat. Ia pun sudah berkolaborasi dengan beberapa musisi ternama di sana.

Nah, dalam lagunya yang berjudul These Night, Rich Brian berduet dengan salah satu musisi muda asal Korea yang bernama Chungha.

Kolaborasi kedua musisi yang masih sama-sama berada di bawah naungan agensi 88rising ini ternyata mampu menghasilkan lagu pop klasik yang unik tapi tetap asik didengar, geng.

4. Agnez Mo dan Super Junior

4 9f4d8

Siapa yang tidak tahu dengan boy band papan atas Korea, Super Junior? Idola Kpop ini ternyata pernah berkolaborasi dengan salah satu penyanyi Indonesia yang sudah go internasional, lho, yakni Agnez Mo.

Kolaborasi antara Agnez Mo dengan Super Junior itu terjadi pada tahun 2009 lalu yang mereka lakukan bersama di atas panggung musik, geng. Tidak hanya Super Junior, Agnez Mo bahkan pernah satu panggung dengan SNSD, lho.

5. Astrid dan Tim Hwang

5 655e5

Pada 2012 lalu, salah satu penyanyi ternama Indonesia, Astrid, sempat merilis lagu yang berjudul Saranghamnida.

Menariknya, lagu yang ia nyanyikan bersama dengan Tim Hwang itu berisi lirik dari dua bahasa, yakni bahasa Indonesia dan bahasa Korea. Ada yang udah pernah denger lagunya belum?

6. Atiqah Hasiholan dan Eru

6 4d2ef

Meski lebih dikenal sebagai aktris, namun Atiqah Hasiholan juga pernah menjajaki karier di dunia tarik suara, lho.

Tidak tanggung-tanggung, untuk proyek lagu perdananya, ia langsung menggandeng salah satu idola dari negeri Korea, Eru.

Atiqah dan Eru menyanyikan lagu berjudl Black Glasses yang sekaligus juga menjadi soundtrack dalam film Hello Goodbye.

7. Raisa dan Sam Kim

7 C4c82

Meski lagunya belum dirilis secara resmi, namun kabar kolaborasi antara penyanyi wanita kenaam Raisa dengan Sam Kim sudah ramai beredar, geng.

Kabarnya, lagu yang masih dirahasiakan judulnya ini akan segera dirilis pada 12 November 2021 mendatang. Kira-kira lagunya bakal seperti apa, ya? Jaka jadi tidak sabar nih.

Akhir Kata

Itulah tadi beberapa penyanyi Indonesia yang sudah berkolaborasi dengan penyanyi asal Korea, geng.

Tentunya hal ini menjadi kabar baik bagi industri musik Indonesia yang mulai dilirik pasar internasional.

Semoga banyak musisi-musisi Tanah Air lainnya yang mengikuti jejak mereka, ya, geng.

ARTIKEL TERKAIT
Page3 1df23
10 Potret Rumah Penyanyi Dangdut Indonesia Paling Sukses, Mewah Banget!
Page 3d2b9
7 Penyanyi Dangdut yang Gagal Total Main Film, Ayu Ting Ting Termasuk!
Untitled Design 2021 03 31t151837 450 Ee528
7 Skandal Pemain Bola Paling Panas | Jadi Pebinor Hingga Lecehkan Penyanyi Dangdut!
Potret Artis Sinetron Saat Debut Jadi Penyanyi 33463
10 Potret Lawas Debut Artis Sinetron Saat Jadi Penyanyi | Bikin Pangling!
Coverr Horz E80e6
10 Potret Penyanyi yang Menikmati Makanan Pinggir Jalan | Tetap Enjoy Meski Hidupnya Glamor
Untitled Design 2021 04 01t214446 595 13cbe
7 Penyanyi Populer Ini Dulu Gagal di Ajang Indonesian Idol | Korban Aku Sih, No?
Tags Terkait: musik
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal