Kisah Wanita Pemilik Brand Kecantikan Beromzet Miliaran, Dulunya Makan Ikan Bekas Kucing

Default

Kita tidak pernah tahu bagaimana beratnya perjuangan seseorang hingga bisa menjadi sukses seperti sekarang.

Bisa jadi, apa yang telah ia lalui ternyata jauh lebih berat dari apa yang kita bayangkan, geng.

Seperti halnya yang dialami oleh wanita bernama Fatimah Az Zahra ini. Sosoknya belakangan mencuri perhatian publik lantaran kisah saat ia pernah makan ikan bekas kucing viral di media sosial.

Fatimah sendiri saat ini bisa dibilang telah mencapai kesuksesannya sebagai seorang pengusaha.

Bisnis hijab dan berbagai produk kecantikan yang ia rintis kini begitu laris di pasaran.

Sedikitnya, Fatimah menjual berbagai kebutuhan fashion muslim seperti mukena, hijab, hingga tas. Selain itu, ia juga memiliki bisnis yang menjual produk-produk herbal dengan berbagai manfaat.

Kesuksesannya pun tidak ia raih dalam satu malam. Perjalanan hidupnya tak bisa dikatakan mudah, Fatimah telah berulang kali mengalami jatuh bangun sebelum mencapai titik ini.

Bayangkan saja, ia dulunya pernah tidur beralaskan kardus dan berbuka puasa dengan air mentah.

Meski begitu, kondisi sulit yang ia alami tak membuat wanita asal Lebak, Banten ini menyerah begitu saja.

Hasilnya, kini ia bisa meraup omzet miliaran rupiah melalui bisnis yang sedang ia jalani. Fatimah pun tak segan menceritakan awal mula ia terjun ke dunia bisnis.

"Kalau bisnis ini awalnya dari saya sakit sekitar tahun 2010. Ketika itu pemeriksaan masih minim dan saya mengalami pendarahan di rahim. Waktu itu saya sudah punya tiga anak," ujar Fatimah, dilansir dari acara Kopi Viral TransTV.

Di satu sisi, dirinya bukanlah berasal dari keluarga berada. Ia justru merupakan anak yatim enam bersaudara yang sekolah dan lulus di panti asuhan.

Sebelum menikah, ia bahkan harus berjuang mencari jati diri, berusaha keras mencari penghasilan, sampai harus hidup beberapa bulan di jalanan.

"Saya puasa, karena saya tidak mempunyai makanan sama sekali. Saya berpuasa selama beberapa hari, setiap berbuka hanya minum air mentah," kisahnya.

Wanita berhijab ini pun mengingat kembali perjalanan hidupnya yang berat, misalnya saat ia pernah memakan ikan bekas kucing. Kala itu ia masih remaja dan berada di pesanteren.

"Perut saya terasa perih, saya berdoa agar bisa mendapatkan makanan. Tiba-tiba ada kucing yang membawa ikan utuh, dia kaget melihat saya dan langsung kabur. Ikannya besar, lalu saya bakar," kenangnya sambil tertawa.

Fatimah Az Zahra Dan Olla Ramlan 95de1

Perjalanan bisnisnya dimulai saat ia mengidap suatu penyakit ditambah kondisi keuangan yang sangat sulit.

Ia lalu memutar otak bagaimana caranya mendapatkan penghasilan tambahan. Akhirnya, Fatimah mulai belajar tentang ramuan herbal.

"Saat itu kondisi ekonomi sedang sulit, saya berpikir apa yang bisa saya lakukan? Saya banyak belajar tentang herbal," katanya.

Kebetulan, tempat tinggal Fatimah kala itu berdekatan dengan warnet. Ia pun jadi lebih mudah mencari informasi tentang pengobatan yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan tanaman di sekitar.

"Awal yang langsung booming itu virgin coconut oil, itu bikin sendiri. Dijual laku banyak, modal awalnya tidak ada, kalau ada yang pesan baru saya buat," kata Fatimah.

Tidak disangka, bisnis yang ia rintis itu ternyata berdampak besar bagi perekonomiannya. Ia kemudian mendirikan brand yang menjual racikan serba herbal.

Sebelum pandemi saja, bisnisnya tersebut bahkan mampu menghasilkan hingga Rp25 miliar, geng.

"Mulai dari nol rupiah, tahun ke-5 sudah Rp1 miliar. Tahun ke-9 sudah Rp25 miliar. Aku dari herbal dan skin care," jelasnya.

Melalui bisnis tersebut, Fatimah sudah mengajak sejumlah artis Tanah Air untuk menjadi brand ambassador, di antaranya adalah Olla Ramlan, Oki Setiana Dewi, Meisya Siregar, dan masih banyak lagi.

Meski sudah sukses besar, Fatimah ternyata belum melupakan pesantren yang dulu pernah ia tinggali, lho. Ia pun berusaha ikut memberikan sumbangsihnya terhadap pesantren tersebut.

"Berbagi kepada sesama. Saya yakin kepada kebaikan banyak orang, maka Allah memberikan kita kebaikan sebanyak-banyaknya," imbuhnya.

Baca juga artikel seputar Inspirasi atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

ARTIKEL TERKAIT
Gaya Istri Orang Terkaya Di Dunia 27caf
10 Gaya Busana Istri Para Orang Terkaya di Dunia yang Sederhana | Gak Ada yang Suka Pamer!
Mark Zuckerberg Sergey Brin 322e6
10 Kebiasaan Sederhana Orang Terkaya di Dunia Teknologi | Cuma Punya 1 Jenis Baju dan Mobil Penyok
Nurul Atik Mantan Ob Jadi Miliarder 461a5
Kisah Sukses Nurul Atik, Mantan OB yang Jadi Miliarder | Punya Omzet Rp1,2 T
Cats1 9bc6e
Kisah Sukses TKW yang Tak Lulus SD, Bisa Raup Rp 3 M Lewat Katering Haji
1534010 Kisah Sukses Penjual Gorengan Horz 6a094
Kisah Sukses Penjual Gorengan Raup Ratusan Juta Rupiah Dalam Sebulan | Awalnya Cuma Punya Rp5 Ribu
Untitled Design 2021 04 12t184626 357 1b9fb
10 Orang Terkaya di Indonesia 2021 | Crazy Rich Indonesia Baru Bermunculan!
Tags Terkait: Media Sosialinspirasi
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal