Peringati Wafat Ayahnya, Kim Jong Un Larang Warga Korut Tertawa Selama 11 Hari

Default

Bukan Kim Jong Un namanya jika keputusan yang dibuat tidak mencuri perhatian dunia. Baru-baru ini, pemimpin Korea Utara (Korut) itu kembali membuat keputusan yang terdengar tidak lazim, geng.

Dalam rangka memperingati 10 tahun kematian Pemimpin Korut kedua, Kim Jong Il, pemerintah Korut resmi memerintahkan para warganya untuk tidak tertawa selama 11 hari ke depan.

Seperti yang diketahui, Kim Jong Il sendiri merupakan ayah dari Kim Jong Un yang saat ini memimpin Korea Utara. Sang ayah diketahui wafat pada tanggal 17 Desember 2011 silam.

Lebih tepatnya, keputusan yang diambil pemerintahan Korut itu berisi larangan warga melakukan kegiatan yang merusak suasana duka - termasuk tertawa, selama berlangsungnya masa berkabung.

"Selama masa berkabung, kita tidak boleh minum alkohol, tertawa, atau bersenang-senang," ujar seorang penduduk dari perbatasan timur laut Sinujiu, dilansir dari Radio Free Asia, Jumat (17/12/2021).

Tidak hanya itu, sang narasumber juga mengungkapkan bahwa mereka dilarang berbelanja bahan makanan pada hari peringatan peringatan tersebut.

Sebagai gantinya, pemerintah sudah menugaskan perusahaan-perusahaan milik negara untuk mengurus orang-orang yang kelaparan selama masa berkabung berlangsung.

"Keamanan harus tetap terjaga, perusahaan akan bertanggung jawab mengumpulkan makanan dan memberikannya ke rakyat dan karyawan yang tidak bisa bekerja," katanya.

Ia kemudian mengatakan bahwa pemerintah Korut akan mengawasi pergerakan warganya dengan sangat ketat selama masa berkabung ini.

Apabila ada warga yang ketahuan melanggar aturan ini, maka pihak pemerintah tidak segan-segan memberikan sanksi yang sangat berat.

"Dulu banyak orang yang tertangkap minum atau mabuk selama masa berkabung. Mereka diperlakukan seperti penjahat ideologis. Mereka dibawa pergi dan tidak pernah terlihat lagi," lanjut orang tersebut.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa penduduk di Korea Utara tidak diperbolehkan menangis terlalu keras jika ada salah satu anggota keluarga yang meninggal dunia saat masa bergabung.

"Jika anggota keluarga kalian meninggal di masa berkabung, kalian tidak boleh menangis terlalu keras. Jasadnya hanya bisa dibawa setelah masa berkabung berakhir. Warga pun tidak bisa merayakan ulang tahun jika jatuh di masa berkabung," katanya.

Kim Jong Un 79c3f

Sumber foto: Reuters

Pihak kota Pyongyang pun sudah mulai bergerak untuk mengawasi warganya secara ketat. Polisi akan langsung bertindak jika ada warga yang tidak menunjukkan raut wajah berduka di depan umum.

"Sejak hari pertama di bulan Desember, mereka sudah bertugas untuk menindak warga yang merusak suasana berkabung. Ini tugas khusus polisi selama sebulan. Saya juga mendengar para aparat hukum sama sekali tidak bisa tidur," lanjut warga itu.

Lebih lanjut, ia membeberkan bahwa aturan pemerintah Korut ini banyak membuat warga menjadi sengsara karena tidak bisa bekerja dan mencari makan di tengah kesulitan ekonomi.

"Saya berharap masa berkabung untuk Kim Jong Il hanya berlangsung sepekan. Warga mengeluh karena dipaksa berduka atas kematian mereka hingga seperti orang mati," ujar salah satu warga lainnya yang juga tak ingin disebut namanya.

Pada dasarnya, masa berkabung untuk memperingati wafatnya para pemimpin di Korea biasanya memang hanya berlangsung selama sepekan.

Namun, bagi Kim Jong Un, masa berkabung kali ini sengaja diperpanjang karena dianggap spesial, yaitu karena sang ayah sudah berpulang selama satu dekade.

Kim Jong Il sendiri merupakan anak dari pendiri Korea Utara, Kim Il Sung, yang wafat pada 1994 silam. Kim Jong Il lalu melanjutkan takhta ayahnya dan memimpin Korut hingga ia wafat pada 2011.

Setelah Kim Jong Il meninggal, giliran anaknya Kim Jong Un yang melanjutkan takhta tersebut. Itu artinya, satu dekade meninggalnya Kim Jong Il sekaligus menjadi hari perayaan satu dekade Kim Jong Un menjadi pemimpin Korut.

Baca juga artikel seputar Viral atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

BACA JUGA

10 Potret Orang Foto Bareng yang Hasilnya Gagal Total, Banyak Hal Tak Terduga!

8 Artis Muda ini Pernah Terlibat Kasus Narkoba, Terbaru Inisial JS dan RN!

Wow! Kakek 70 Tahun Berhasil Pecahkan Rekor Tatap Matahari Terlama Tanpa Berkedip

10 Negara yang Menjual Rokok dengan Harga Termahal, Sampai Rp360 Ribu Sebungkus!

13 Potret Status Facebook Bocah SD yang Lagi Pacaran, Dunia Serasa Milik Berdua!

7 Potret Kulkas Mewah Milik Selebriti Tanah Air, Harganya Sampai Ratusan Juta!

ARTIKEL TERKAIT
Cats7 D1885
5 Aplikasi Nonton Iklan Dapat Uang 2021 | Bisa Cari Cuan Sambil Rebahan!
Kaum Rebahan Dc261
Kaum Muda di China Jadi Kaum Rebahan | Capek Kerja Mati-matian Tapi Dibayar Pas-pasan
Reza Abdul Jabbar 02a7b
Kesuksesan Petani Susu Indonesia di Selandia Baru | Sangat Disegani!
Cadangan Berlian Dunia E98b4
Mendadak Tajir, Petani Ini Temukan Berlian Seharga Rp976 Juta di Ladang
Images 2 Picsay 20ba1
10 Film Populer yang Ternyata Menyimpan Berbagai Kesalahan yang Mengejutkan
Gambar Jorok Karena Typo Spasi
14 Gambar Jorok Ini Ada Karena Kesalahan Spasi
Tags Terkait: berita terbaru
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal