J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Hoaks Film yang Berhasil Menipu Penonton | Apa Kamu Ikut Tertipu?

Minggu, 27 Des 2020, 16:30 WIB
Apa kira-kira mitos dan berita hoaks yang ada dalam film-film tersebut?

Dalam semua pembuatan film-film terbaik, pastinya ada mitos atau urban legend yang muncul, entah ini betulan atau sengaja dilontarkan pihak marketing guna mempromosikan film yang sedang dibuat.

Dari sekian mitos tersebut kemudian berkembang jadi keyakinan pada penonton dan masyarakat sekitar bahwa apa yang terjadi di film, atau apa yang terjadi di balik pembuatan film tersebut betul-betul terjadi.

Nah, supaya kamu tahu mana yang fakta dan mana yang ternyata hoaks, dalam artikel ini Jaka bakal membeberkan daftar hoax film terkenal yang berhasil menipu penonton. Selamat membaca!

Hoaks Film yang Berhasil Menipu Penonton

Beberapa hoax film yang bakal Jaka jabarkan di bawah ini pasti juga pernah kamu yakini pernah terjadi. Mari kita crosscek bersama!

1. Tewas Karena Dilumuri Emas - Goldfinger (1964)

1 Custom D3150

Jika kamu gemar menyaksikan deretan film James Bond terbaik, pastinya kamu familiar dengan mitos yang mengiringi salah satu filmnya berjudul Goldfinger (1964).

Di sini, akan ada adegan saat James Bond menemukan jenasah Bond Girl Jill Masterson tewas dalam kondisi badannya dilapisi emas. Banyak yang menduga bahwa ia tewas betulan karena kulitnya nggak mendapat asupan oksigen yang cukup hingga disebut "skin suffocation".

Tentu saja mitos ini nggak benar, geng. Sang aktris yang memerankan Bond Girl masih hidup dan sehat-sehat saja saat memerankannya. Hanya saja selama proses syuting berlangsung, dokter spesialis turut hadir untuk memastikan keselamatan sang aktris.

2. Kata Tak Senonoh di Langit - The Lion King (1994)

2 Custom B82fe

Urban legend yang satu ini sudah jadi anggapan umum publik yang menonton The Lion King. Bahkan, banyak yang protes karena dinilai menampilkan kata eksplisit di film animasi anak-anak. Bagaimana sih fakta sebenarnya?

Seperti yang diketahui, ada adegan di mana Simba ambruk di tepi tebing dan menimbulkan debu-debu yang beterbangan. Nah, debu-debu itu seolah-olah membentuk 3 huruf yang sekilas seperti tulisan "SEX".

Namun, usut punya usut, salah satu animator Tom Sito menglarifikasi bahwa huruf itu sebenarnya bertuliskan "SFX" sebagai bentuk penghormatan kepada tim animator. Wah kok bisa salah lihat ya?

3. Kematian Brandon Lee - The Crow (1996)

3 Custom 15e39

Brandon Lee adalah salah seorang aktor yang tewas saat syuting berlangsung. Entah siapa yang menaruh peluru sungguhan di properti pistol, sehingga saat adegan berlangsung, Brandon langsung nggak bernyawa akibat terjangan timah panas.

Nah, ada spekulasi bahwa adegan di mana Brandon Lee tewas tertembak ini dimasukkan ke dalam film sehingga menimbulkan protes besar pada keluarga dan fansnya.

Namun belakangan diketahui bahwa adegan di mana Brandon tertembak sungguhan adalah ketika ia sedang memegang barang belanjaan, sementara di film nggak ditampakkan adegan tersebut.

4. The Wizard of Oz (1939)

4 Custom 5378d

Ketika dirilis tahun 1939, The Wizard of Oz menimbulkan banyak rumor dan urban legend yang berkembang di masyarakat. Salah satunya adalah ketika dalam sebuah adegan, kamu bisa melihat dengan jelas bayangan di tengah hutan.

Bayangan yang samar-samar tersebut berbentuk seperti seorang kurcaci yang bunuh diri. Tentu saja ini menimbulkan kegemparan. Kira-kira apakah bayangan tersebut?

Nah, jawaban mulai terkuak saat film ini direstorasi ke dalam bentuk DVD pada tahun 1990an. Di sana bisa terlihat jelas bahwa bayangan tersebut adalah burung besar yang sedang tergantung di pohon.

5. Penampakan Hantu - Three Men & A Baby (1987)

5 Custom 3fcd2

Sebuah urban legend yang beredar sekitar bulan Agustus 1990 mengklaim bahwa dalam suatu adegan film Three Men & A Baby (1987) terekam keberadaan hantu seorang anak laki-laki.

Konon, hantu ini adalah bocah lelaki yang berusia 9 tahun dan bunuh diri dengan senapan di rumah, tempat di mana film atau adegan ini diambil.

Nah, usut punya usut, ternyata penampakan bocah lelaki yang ada dalam adegan tersebut hanyalah properti film, geng. Jadi, secara kebetulan karton berwujud Ted Danson diletakkan di sana untuk keperluan akting.

6. Heath Ledger dan Joker - The Dark Knight (2008)

6 Custom 09c9f

Siapa sih yang nggak familiar dengan Heath Ledger? Aktor yang berhasil memerankan Joker dalam film The Dark Knight ini memang memiliki akhir hidup yang tragis.

Namun, banyak yang menduga bahwa kematiannya yang begitu mendadak dan misterius terjadi karena perannya sebagai Joker. Sudah jadi rahasia umum bahwa pemeran Joker biasanya bakal jadi depresi dan mengalami mental breakdown.

Meskipun begitu, orang-orang terdekat serta sesama rekan aktor menentang teori tersebut, yang menyebut bahwa kematian Heath memang murni karena overdosis obat-obatan.

7. Film atau Kejadian Sungguhan? - The Blair Witch Project (1999)

7 Custom 7f617

The Blair Witch Project adalah salah satu film horor terseram tanpa darah pertama yang menggunakan teknik marketing terbaru, di mana bakal dilontarkan isu-isu bahwa film ini merupakan dokumenter sungguhan.

Tentu saja, karena digembar-gemborkan bahwa apa yang tertuang di film sungguh-sungguh terjadi, banyak banget yang menontonnya dan menimbulkan urban legend tersendiri di kalangan penonton.

Beberapa tahun setelah film tersebut sukses besar di pasaran, barulah tim produksi dan para pemerannya saling memberi klarifikasi mengenai berita-berita yang ada di sekitar film tersebut.

Akhir Kata

Itulah tadi sederet hoax film yang berhasil menipu penonton. Gimana pendapatmu, geng?

Jangan lupa tuliskan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah. Sampai jumpa di artikel Jaka yang selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Untitled 4 3ea4f
Ssssstt....Ini 7 Rahasia Terbesar di Balik Adegan Film Terkenal
Untitled 3 Ccb77
7 Alur Cerita Paling Buruk & Ngaco di Film MCU, Bikin Fans Murka!
Page B7b12
7 Film Indonesia dengan Biaya Produksi Termahal, Gak Balik Modal?
Page B05d7
7 Film Tanpa Adegan Romantis Sama Sekali, Tetap Seru & Menghibur!
Page 9bad8
7 Aktor Hollywood yang Mendadak Berhenti Main Film, Udah Gak Laku?
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Film Terburuk yang Menipu Para Penonton, Bikin Kapok ke Bioskop!
7 Film Terburuk yang Menipu Para Penonton, Bikin Kapok ke Bioskop!
7 Adegan Film yang Bikin Penonton Shock, Sampai Walk Out Dari Bioskop
7 Adegan Film yang Bikin Penonton Shock, Sampai Walk Out Dari Bioskop
7 Film yang Hanya Terdiri Dari 1 Adegan Panjang, Harus Fokus Nontonnya!
7 Film yang Hanya Terdiri Dari 1 Adegan Panjang, Harus Fokus Nontonnya!
7 Film ini Bukti Bahwa Film yang Sempurna Itu Ada, Lho!
7 Film ini Bukti Bahwa Film yang Sempurna Itu Ada, Lho!

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal