J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Gunung Berapi Aktif Paling Berbahaya di Dunia | Ada yang di Indonesia

Minggu, 31 Jan 2021, 16:30 WIB
Gunung berapi aktif paling berbahaya di dunia ini terkenal dengan letusannya yang menyebabkan memakan korban jiwa hingga kehancuran sebuah kota.

Indonesia termasuk sebagai salah satu negara yang masuk ke dalam Ring of Fire atau Cincin Api di Bumi. Sehingga tidak heran jika negara ini memiliki gunung berapi aktif paling berbahaya di dunia.

Tingkat berbahayanya diukur dari seringnya letusan, seberapa fatal dampak letusan, hingga status aktifnya.

Bersama dengan sejumlah negara lain yang juga memiliki gunung berapi aktif yang berbahaya, tercatat ada tiga gunung berapi di Indonesia yang patut diwaspadai.

Jika kamu penasaran apa saja gunung berapi aktif paling berbahaya di dunia itu, simak artikel ini hingga selesai, ya!

1. Cotopaxi, Ekuador

Gunung Merapi 19213

Cotopaxi terletak di pegunungan Cordillera Central di tengah Ekuador dan merupakan salah satu gunung berapi tertinggi di dunia dengan ketinggian 19.393 kaki atau sekitar 5,9 km.

Cotopaxi juga menjadi salah satu gunung berapi paling aktif di Ekuador yang diketahui sudah lebih dari 50 kali meletus sejak abad ke-16.

Letusan tahun 1877 adalah yang paling dahsyat, di mana Cotopaxi memuntahkan semburan lumpur sejauh 60 mil atau hampir 97 km dari gunung berapi menuju Samudra Pasifik.

Meski letusan terakhir terjadi pada tahun 1904, tetapi masih terlihat aktivitas vulkanis pada tahun 2005.

Gunung berapi ini sangat dekat dengan daerah berpenduduk padat di Ekuador. Pastinya akan berakibat sangat fatal apabila meletus.

2. Gunung Merapi, Indonesia

Gunung Taal 1f496

Orang Indonesia mana yang tidak kenal dengan Gunung Merapi? Salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia dan telah meletus selama berabad-abad.

Gunung Merapi terletak di dekat pusat pulau Jawa, sekitar 32 km sebelah utara Yogyakarta, dan berdiri di ketinggian 2,9 km di atas permukaan laut.

Letusan gunung ini tercatat sebagai salah satu ledakan terburuk dalam sejarah, tepatnya terjadi pada 1006 yang berakibat menyebarnya abu vulkanis ke seluruh Jawa.

Risiko terbesar dari gunung berapi ini adalah aliran awan panas (Wedhus Gembel) yang pernah menewaskan 64 orang selama letusan tahun 1994.

Ada juga rentetan letusan di akhir 2010 dengan aliran awan panas yang merenggut lebih banyak nyawa dan puluhan ribu orang dievakuasi.

3. Gunung Vesuvius, Italia

Gunung Toba 56515

Gunung berapi legendaris, Vesuvius adalah gunung berapi yang bertanggung jawab atas kehancuran Kota Pompeii di tahun 79 M. Hal itu menjadi bencana alam paling mematikan sepanjang sejarah.

Setidaknya selama 17.000 tahun terakhir, ada delapan letusan besar yang diikuti oleh aliran awan panas yang besar. Aliran gas yang sangat panas dan materi vulkanik tersebut dapat mencapai kecepatan hingga 690 km per jam.

Letusan terakhir diketahui terjadi pada tahun 1944. Karena Vesuvius dekat dengan banyak daerah berpenduduk padat di Italia, seperti Kota Napoli, pemerintah Italia berusaha semaksimal mungkin untuk menanggulangi letusan di masa depan.

4. Gunung Kelud, Indonesia

Gunung Paling Berbahaya Di Dunia Untuk Didaki 9ef2c

Gunung Kelud merupakan salah satu gunung berapi teraktif di Jawa Timur. Gunung ini memiliki kawah besar yang berisi sebuah danau, terbuat dari tumpukan lumpur.

Pada tahun 2007, kubah lava baru terbentuk di danau dan membentuk pulau. Gunung Kelud terkenal dengan letusan eksplosifnya yang sering mematikan.

Salah satu ledakan terburuk terjadi pada tahun 1919, ketika danau kawah mengering dan membentuk aliran lumpur lahar dingin yang menewaskan lebih dari 5.000 orang.

Ledakan dahsyat baru-baru ini, terjadi pada Februari 2014 menghancurkan kubah lava dan menghasilkan kolom abu besar yang melayang di atas Samudra Hindia dan menyebar hampir di seluruh pulau Jawa.

5. Gunung Api Kilauea, Hawaii

Gunung Berapi Terbesar Di Dunia 595a8

Nama gunung berapi ini mungkin kamu kenal sebagai gunung paling teraktif di pulau Hawai'i.

Kilauea adalah gunung berapi perisai aktif dan merupakan yang paling aktif dari lima gunung berapi yang ada di pulau Hawai'i.

Gunung ini terletak di sepanjang pantai selatan pulau terbesar dan menjadi pusat letusan rantai gunung laut yang diperkirakan berusia antara 210.000 dan 280.000 tahun.

Kilauea meletus hampir terus menerus dari tahun 1983 hingga 2018, yang menyebabkan banyak kerusakan dan kehancuran, bersamaan dengan gempa bumi kuat yang memaksa evakuasi warga.

6. Gunung Agung, Indonesia

Letusan Gunung Paling Mematikan Di Dunia 81f51

Gunung Agung adalah gunung berapi yang terletak di Bali, Indonesia. Letusan besar terakhir terjadi pada tahun 1963 dan berlangsung selama 11 bulan.

Kejadian itu menjadi salah satu bencana alam letusan gunung berapi paling dahsyat dalam sejarah Indonesia.

Letusannya saat itu menghasilkan guguran abu dan awan panas yang berbahaya serta menyebabkan lebih dari 1.000 kematian dan kerusakan luas.

7. Gunung St. Helens, Washington

Letusan Gunung Paling Dahsyat Di Dunia Dc275

Terkait gunung berapi di Amerika Serikat, Gunung St. Helens adalah salah satu yang paling mematikan dengan ketinggian lebih dari 2,5 km.

Gunung ini bertipe stratovolcano aktif yang terletak di Skamania County, Washington, hanya 80 km timur laut dari Portland, Oregon.

Pada tahun 1980, letusan Gunung St. Helens menjadi peristiwa vulkanik paling mematikan dan paling merusak dalam sejarah AS. Ketika itu 57 orang tewas, sekitar 320 km persegi hutan hancur, dan ribuan hewan musnah.

Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mengatakan berdasarkan sejarah letusan di masa depan hampir pasti akan terjadi dan peristiwa tersebut akan mengirimkan sejumlah besar guguran abu di Barat Laut Pasifik.

Akhir Kata

Itulah ulasan mengenai gunung berapi aktif paling berbahaya di dunia dan Indonesia yang memakan hingga ratusan hingga ribuan ribu korban jiwa serta kerusakan luas.

Simak juga gempa bumi terkuat dalam sejarah dunia dalam artikel yang Jaka rangkum berikut ini:

Gempa Bumi Terdahsyat D4752
5 Gempa Bumi Terdahsyat Di Dunia, Salah Satunya Di Indonesia!
Indonesia merupakan salah satu negara yang rentan mengalami gempa bumi. Bahkan, salah satu gempa bumi terbesar di dunia pernah terjadi di Tanah Air!
LIHAT ARTIKEL

Serangkaian letusan gunung berapi tadi bahkan tercatat sebagai yang terburuk, tak hanya di Indonesia tapi juga hingga ke negara lain.

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.

ARTIKEL TERKAIT
Pembunuh Berantai Yang Bebas Berkeliaran D4201
5 Pembunuh Berantai yang Bebas Berkeliaran, Sampai 300 Korban!
A Inter 1 5cd6d
7 Film dengan Teori Sains Paling Akurat, Plotnya Kelewat Jenius!
7 Penemu Yang Terbunuh Oleh Temuannya Sendiri Inovasi Berujung Petaka 52bc6
7 Penemu yang Terbunuh oleh Temuannya Sendiri, Inovasi Berujung Petaka!
Momen Bersejarah Yang Tertangkap Kamera B7c15
5 Momen Paling Bersejarah yang Tertangkap Kamera, Kelam & Sadis!
Ledakan Terbesar Dalam Sejarah 79a10
5 Ledakan Terburuk dalam Sejarah, Renggut Puluhan Ribu Jiwa!
Misteri Tubuh Manusia Yang Tak Terjawab Sains 74881
5 Hal Tentang Tubuh Manusia yang Tak Terjawab Sains, Terlalu Rumit?
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal