J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film Terbaik Tentang Pemberdayaan Perempuan, Inspiratif Banget!

Senin, 8 Mar 2021, 19:00 WIB
Memperingati Hari Perempuan Sedunia, yuk simak 7 film bertema pemberdayaan perempuan terbaik rekomendasi Jaka. Dijamin inspiratif dan seru, deh!

Peran wanita dalam film seringkali hanyalah sebagai pemanis yang gak memiliki makna signifikan di dalam plot. Bahkan, zaman dulu hampir nggak ada film dengan pemeran utama perempuan.

Perjuangan wanita modern dalam menggapai kesetaraan kini telah membuahkan hasil. Kita bisa melihat banyaknya aktris yang mendapatkan peran utama serta bayaran yang setara dengan para aktor.

Banyaknya film dengan cerita mengenai kehidupan perempuan yang independen dan inspiratif juga jadi bukti bahwa perjuangan mereka gak sia-sia.

Sambil merayakan Hari Perempuan Sedunia, yuk simak film terbaik bertemakan pemberdayaan perempuan rekomendasi Jaka berikut ini!

1. Roma (2018)

1 21a02

Roma menceritakan kisah inspiratif mengenai 2 wanita yang sama-sama dikecewakan dan ditinggalkan, namun dapat melanjutkan hidup mereka berkat dukungan dari satu sama lain.

Berlatar pada tahun 70-an di Meksiko, Roma berkisah mengenai Cleo, seorang pembantu rumah tangga yang bekerja untuk sebuah keluarga.

Singkat cerita, Cleo dihamili lalu kemudian ditinggal oleh pacarnya yang nggak mau bertanggungjawab. Di sisi lain, Sofia, majikan Cleo juga ditinggalkan oleh suaminya yang selingkuh dengan wanita lebih muda.

Cerita inspiratif dan empowering dalam Roma membawa film ini memenangkan piala Film Bahasa Asing Terbaik pada ajang Academy Awards (Oscar) tahun 2019.

2. Hidden Figures (2016)

2 Ee312

Nggak banyak yang tahu kalau ternyata dalam misi pendaratan manusia ke bulan pada tahun 1969, terdapat 3 sosok wanita yang memiliki peran krusial.

Diangkat dari kisah nyata, Hidden Figures mengajak kita kembali ke tahun 1961 di mana 3 wanita Afrika Amerika bekerja sebagai ahli matematika di NASA Langley Research Centre.

Kerasnya diskriminasi terhadap warna kulit dan gender gak bikin mereka ciut. Mereka justru menghadapi semua tantangan dengan berani dan berhasil membuktikan bahwa mereka layak berada di sana.

3. Brave (2012)

3 16f5e

Siapa sih yang gak suka nonton film animasi Disney? Meskipun menghibur, namun hampir semua film Disney klasik menceritakan tentang tokoh wanita yang gak bisa apa-apa dan harus diselamatkan oleh "pangeran".

Namun tidak begitu dengan Brave. Berkisah tentang Merida, putri dari raja Skotlandia yang menolak tradisi dan ingin mencari jati dirinya.

Dalam film ini, kamu gak bakalan menemukan kisah cinta klise ala film romantis. Justru kamu akan disuguhkan kisah keberanian Merida yang menjadi ksatria untuk menyelamatkan kerajaannya.

4. Berbagi Suami (2006)

4 57bd1

Kini saatnya kita membahas film perempuan dari Indonesia, geng. Dari seluruh film yang Jaka saksikan, Jaka suka banget sama film Berbagi Suami arahan Nia Dinata.

Film ini bercerita tentang 3 kisah berbeda, namun ketiganya memiliki benang merah yang sama. Gak main-main, film ini mengangkat topik poligami dari sudut pandang wanita yang selama ini dianggap tabu.

Film ini mampu menyajikan kisah pergulatan batin 3 wanita yang dipoligami dengan sangat natural berkat riset yang dilakukan secara mendalam.

Gak heran deh kalau Berbagi Suami sering dianggap sebagai salah satu film Indonesia terbaik sepanjang masa. Film ini bahkan hampir masuk nominasi Oscar, lho!

5. Suffragette (2015)

5 7f61e

Diangkat dari kisah nyata di Inggris abad ke-20, Suffragette mengisahkan 2 aktivis buruh perempuan yang berdemonstrasi agar kaum wanita memiliki hak pilih dalam pemilu.

Gak sampai di situ, mereka juga berjuang atas isu ketidakadilan hukum, kekerasan seksual, serta kekerasan dalam rumah tangga yang terjadi kepada kaum wanita.

Namun, kegigihan para wanita ini dalam memperjuangkan haknya tidaklah tanpa halangan. Cibiran dari masyarakan dan keluarga, bahkan ancaman disiksa dan dibunuh sudah jadi makanan mereka sehari-hari.

6. Mona Lisa Smile (2003)

6 A9dea

Mona Lisa Smile menceritakan kisah Katherine Watson (Julia Roberts), seorang guru sejarah seni baru di sekolah khusus perempuan pada tahun 1950-an.

Pada awalnya, Katherine kesulitan mengatur para siswinya, namun hal tersebut tidak menyurutkan semangatnya. Seperti film pada umumnya, film ini pun memiliki konflik yang besar.

Berdedikasi dan antusias, Katherine memberikan dampak positif kepada muridnya. Perjuangannya dalam kesetaraan gender bikin para siswi mengerti bahwa mereka bisa menjadi apapun yang mereka mau, gak hanya menjadi ibu rumah tangga saja.

7. Wild (2014)

7 63112

Film bertema pemberdayaan perempuan terbaik terakhir dalam daftar ini adalah Wild rilisan tahun 2014 yang juga dibintangi oleh Reese Witherspoon.

Kematian ibunya serta perceraian bikin hidup Cheryl berantakan. Untuk memulihkan diri, Cheryl memutuskan untuk melakukan perjalanan mendaki ekstrem seorang diri.

Cheryl yang gak punya pengalaman sama sekali pun merasa kesulitan. Namun, refleksi yang ia lakukan selama perjalanan inilah yang bikin ia semakin kuat dan mampu menyembunyikan luka hatinya.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai 7 film inspiratif yang bertema pemberdayaan perempuan. Semoga film-film di atas bikin kamu terhibur dan makin percaya diri.

Sampai jumpa lagi di artikel menarik Jaka selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

BACA JUGA

7 Artis Indonesia yang Nikah dengan Kru TV | Mas Pur Hingga Menteri

5 Inovasi Teknologi yang Gagal Mengubah Dunia, Mau Untung Malah Buntung!

5 Instagram MOD APK Terbaru 2021, IG Story Sejernih di iPhone!

Download Minecraft PC & Pocket Edition Terbaru 2021, Semua Versi Ada!

5 Buku Kontroversial yang Pernah Terbit di Indonesia | Paham Radikal?

ARTIKEL TERKAIT
Saw
10 Film Horor Ini Menginspirasi Pembunuhan Nyata
Film Horor Dilarang Tayang Banner 3477e
10 Film Horor yang Dilarang Tayang, Adegannya Terlalu Sadis dan Menjijikkan!
10 Film Horor Berdasarkan Kisah Nyata Jangan Nonton Sendirian 2dec1
10 Film Horor Berdasarkan Kisah Nyata, Jangan Nonton Sendirian!
Film Holywood Berdasarkan Kisah Nyata 74f20
10 Film Hollywood Berdasarkan Kisah Nyata | No. 9 Ngerampok Rumah Artis Paris Hilton!
Film Gangster Terbaik Banner 1338f
12 Film Gangster Terbaik dan Terbaru 2020, Penuh Aksi Baku Tembak!
Film Sci Fi Fiksi Ilmiah Terbaik Sepanjang Masa Box Office Main Img 4bc4c
10 Film Fiksi Terbaik yang Harus Kamu Tonton, Mindblowing!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal