12 Film Tentang Penjara Terbaik yang Bisa Mengubah Makna Hidup Kamu

Default

Pernah nggak, sih, kamu bertanya-tanya mengenai kehidupan orang-orang di balik jeruji penjara? Nah, film tentang penjara bisa jadi acuan yang cukup valid, geng.

Kamu nggak perlu masuk penjara untuk mengetahui kehidupan narapidana di balik bui, geng. Sudah banyak film penjara terbaik yang menghibur serta memberikan pesan moral kehidupan.

Kamu akan melihat bahwa nggak semua orang yang hidup di penjara adalah orang jahat. Banyak juga yang mendapat hidayah dalam kehidupannya di penjara.

Film dengan setting penjara nggak cuma memiliki genre action ataupun crime saja, geng. Banyak juga yang memiliki genre comedy, drama, bahkan sports.

Film-film rekomendasi Jaka dibawah ini dijamin akan membuatmu berpikir, tertawa, atau bahkan menangis, Check it out!

1. "A Prophet" (2009)

Film tentang penjara yang juga bisa kamu tonton adalah "A Prophet". Film ini berkisah tentang Malik El Djebana (Tahar Rahim). Ia adalah seorang pemuda yang masuk penjara karena kasus pemukulan terhadap seorang polisi.

Selama di dalam penjara kehidupan Malik di dalam penjara juga terbilang sangat sulit. Ia menerima perlakuan tak menyenangkan dari para tahanan lainnya. Tidak hanya itu saja, Malik juga diminta untuk membunuh Cesar Luciani (Niels Arestrup), seorang tahanan yang merupakan seorang ketua mafia.

Ia sendiri merupakan keturunan Arab dan diharuskan membunuh orang keturunan Arab pula. Lalu bagaimana ia harus melakukan hal tersebut? Tonton kisahnya untuk tahu endingnya seperti apa.

Keterangan "A Prophet" (2009)
Ulasan (Jumlah Pengulas) 7.9 (95.143)
Durasi 2 jam 35 menit
Genre Drama
Tanggal Rilis 26 Agustus 2009
Sutradara Jacques Audiard
Pemain Tahar Rahim, Leila Bekhti, Niels Arestrup

2. "Law Abiding Citizen" (2009)

Film tentang sebuah penjara yang tidak kalah seru adalah "Law Abiding Citizen". Film barat ini berkisah tentang bobroknya sebuah hukum di Amerika. Diawali dari sebuah kisah laki-laki jenius bernama Clyde Shelton (Gerard Butler) yang mengalami perampokan di rumahnya.

Tidak hanya sampai disitu, istri dan anaknya juga dibantai oleh dua perampok keji tepat di depan matanya sendiri. Namun sayangnya, dua perampok bernama Darby dan Ames diadili, tapi keduanya nyaris bebas karena kurangnya bukti.

Akhirnya, seorang jaksa penuntut hukum, Nick Rice (Jamie Foxx), melakukan negosiasi dengan terdakwa. Hasilnya, Ames mendapat hukuman mati sedangkan Darby yang terang-terangan membunuh keluarga Shelton justru hanya dipenjara .

Ia yang tidak terima akan hal tersebut, akhirnya menyusun serangkaian aksi balas dendam dengan skenario yang rapi. Meskipun akhirnya ia ditangkap dan dipenjara, pembunuhan terus saja terjadi.

Nick Rice yakin bahwa Shelton yang masih di dalam penjara adalah pelakunya. Namun, ia tidak memiliki cukup bukti untuk menjerat Shelton sekaligus menghentikan aksi balas dendamnya. Kalau kamu penasaran seperti apa serunya orang di dalam penjara tapi masih bisa balas dendam, jangan lupa nonton ya geng.

Keterangan "Law Abiding Citizen" (2009)
Ulasan (Jumlah Pengulas) 7.4 (278.011)
Durasi 1 jam 49 menit
Genre Drama
Tanggal Rilis 6 Oktober 2009
Sutradara F. Gary Gray
Pemain Gerard Butler, Jamie Foxx, dkk

3. "Shawshank Redemption" (1994)

Film tentang penjara terbaik yang pertama adalah "Shawshank Redemption". Asal kamu tahu saja, film satu ini merupakan film dengan rating tertinggi di IMDb, geng.

Shawshank Redemption menceritakan mengenai kisah Andy Dufresne (Tim Robbins), seorang bankir yang dipenjara seumur hidup atas tuduhan pembunuhan sadis terhadap istri dan selingkuhan istrinya.

Awalnya, Andy selalu dipukuli oleh orang-orang di penjara. Namun, kepintaran Andy membuat kepala penjara memanfaatkan Andy untuk membantunya menggelapkan keuangan penjara. Waduh..

Kamu nggak akan menyesal menonton film satu ini. Buktinya, film ini menjadi film dengan rating tertinggi sepanjang masa di situs IMDb.

Keterangan "Shawshank Redemption"
Ulasan (Jumlah Pengulas) 9.3 (2.110.479)
Durasi 2 jam 22 menit
Genre Drama
Tanggal Rilis 14 Oktober 1994
Sutradara Frank Darabont
Pemain Tim Robbins, Morgan Freeman, Bob Gunton

4. "The Green Mile" (1999)

Film kehidupan di penjara satu ini merupakan salah satu film terbaik yang pernah dibintangi oleh Tom Hanks. Kamu bakal dibuat menangis tersedu-sedu setelah menonton film ini.

The Green Mile menceritakan mengenai Paul Edgecomb, seorang sipir kepala untuk tahanan hukuman mati. Paul selalu memerhatikan bagaimana perilaku orang-orang ketika menjelang ajalnya.

Suatu ketika, datang seorang narapidana bertubuh besar yang juga akan dihukum mati. Meskipun memiliki perawakan yang menyeramkan, nyatanya pria ini sangat lembut, bahkan takut dengan gelap.

Film ini akan mengajarkan kalian supaya jangan menilai orang dari penampilan fisiknya. Ending film ini mampu membuat pria jantan pun menangis lho, geng.

Keterangan "The Green Mile"
Ulasan (Jumlah Pengulas) 8.6 (1.022.271)
Durasi 3 jam 9 menit
Genre Crime, Drama, Fantasi
Tanggal Rilis 10 Desember 1990
Sutradara Frank Darabont
Pemain Tom Hanks, Michael Clarke Duncan, David Morse

5. "The Longest Yard" (2005)

"The Longest Yard" merupakan film genre komedi yang memiliki latar penjara. Film satu ini merupakan remake dari film berjudul sama pada tahun 1974.

Menceritakan seorang mantan atlet football bernama Paul Crewe (Adam Sandler) yang ditahan di penjara karena kelakuannya yang suka mabuk-mabukan dan mengganggu sekitar.

Dalam tahanan, ia bersahabat dekat dengan seorang napi, lalu mereka berusaha untuk membuat tim football narapidana yang akan diadu dengan tim football milik sipir penjara.

Film ini nggak cuma lucu, tapi juga sarat akan pesan moral, geng. Kejujuran akan lebih dihargai dibandingkan dengan kemenangan yang didapatkan dengan curang.

Keterangan "The Longest Yard"
Ulasan (Jumlah Pengulas) 6.4 (150.958)
Durasi 1 jam 53 menit
Genre Comedy, Crime, Sport
Tanggal Rilis 27 Mei 2005
Sutradara Peter Segal
Pemain Adam Sandler, Burt Reynolds, Chris Rock

6. "Escape from Alcatraz" (1979)

"Escape from Alcatraz" merupakan film yang diangkat dari kisah nyata mengenai pelarian narapidana dari penjara Alcatraz di Amerika Serikat.

Alcatraz memiliki reputasi mengerikan karena kehidupan narapidana di sana sangat buruk. Selain itu, tidak ada yang bisa keluar dari penjara berkeamanan tinggi di tengah laut tersebut.

Meskipun begitu, ketiga tahanan berhasil kabur dari penjara Alcatraz dan tidak berhasil ditemukan hingga kini. Ketika nonton film tentang penjara ini, kamu pasti akan merasa deg-degan, geng.

Keterangan "Escape from Alcatraz"
Ulasan (Jumlah Pengulas) 7.6 (105,392)
Durasi 1 jam 52 menit
Genre Biografi, Crime, Drama
Tanggal Rilis 22 Juni 1979
Sutradara Don Siegel
Pemain Clint Eastwood, Patrick McGoohan, Roberts Blossom

7. "The Great Escape" (1963)

"The Great Escape" merupakan film kabur dari penjara terbaik yang terinspirasi dari kisah nyata nih, geng.

Film berlatar Perang Dunia ke-2 ini bercerita mengenai usaha para tentara tahanan perang dari Inggris untuk kabur dari penjara Nazi Jerman.

Film ini diadaptasi dari buku berjudul sama karangan Paul Brickhill yang dirilis pada tahun 1944. Dalam cerita, para tahanan berhasil kabur dari Stalag Luft III di Sagan, provinsi Silesia, Jerman.

Kamu bisa melihat kengerian serta kejahatan yang diakibatkan oleh perang, geng. Semoga saja perang dunia ke-3 nggak akan terjadi, ya.

Keterangan "The Great Escape"
Ulasan (Jumlah Pengulas) 8.2 (205.720)
Durasi 2 jam 52 menit
Genre Adventure, Drama, History
Tanggal Rilis 4 Juli 1963
Sutradara John Sturges
Pemain Steve McQueen, James Garner, Richard Attenborough

8. "Escape Plan" (2013)

"Escape Plan" merupakan film yang bertabur bintang, geng. Aktor utama dalam film ini adalah Sylvester Stallone dan Arnold Schwarzenegger. Gokil nggak, tuh?

Film tentang penjara ini menceritakan kisah Ray Breslin (Sylvester Stallone), seorang insinyur cerdas yang ditahan dalam penjara dengan tingkat keamanan tertinggi di dunia.

Dengan kepintaran serta bantuan dari sesama narapidana, mereka berjuang untuk mencari cara supaya bisa kabur dari penjara tersebut.

Keterangan "Escape Plan"
Ulasan (Jumlah Pengulas) 6.7 (212.572)
Durasi 1 jam 55 menit
Genre Action, Crime, Mystery
Tanggal Rilis 18 Oktober 2013
Sutradara Mikael H fstr m
Pemain Sylvester Stallone, Arnold Schwarzenegger, 50 Cent

9. "Big Stan" (2007)

"Big Stan" merupakan film komedi dengan latar belakang penjara yang akan membuat kamu tertawa terbahak-bahak, geng.

Film ini menceritakan penipu bernama Stan (Rob Schneider) yang akan dipenjara karena kejahatannya. Sebelum dipenjara, ia menyewa guru bela diri bernama Master untuk belajar melindungi dirinya di penjara.

Di penjara, Stan menjadi napi yang terkenal karena skill bela dirinya. Semua napi takut dan hormat kepadanya, sampai-sampai Stan dijadikan ketua geng penjara tersebut.

Keterangan Big Stan
Ulasan (Jumlah Pengulas) 6.2 (39.245)
Durasi 1 jam 45 menit
Genre Action, Comedy
Tanggal Rilis 6 Juni 2008 (Kazakhstan)
Sutradara Rob Schneider
Pemain Rob Schneider, David Carradine, Sally Kirkland

10. "Miracle in Cell No. 7" (2013)

"Miracle in Cell no. 7" adalah film tentang penjara asal Korea Selatan yang akan membuat kamu menangis tersedu-sedu, geng.

Menceritakan kisah seorang pria dengan keterbelakangan mental yang dipenjara karena tuduhan pembunuhan yang tidak ia lakukan.

Ia memiliki seorang anak perempuan yang selalu mengunjunginya. Rekan sel pria tersebut yakin bahwa pria tersebut tidak bersalah dan berusaha membebaskannya dari penjara.

Keterangan "Miracle in Cell No. 7"
Ulasan (Jumlah Pengulas) 8.2 (11.390)
Durasi 2 jam 7 menit
Genre Comedy, Drama
Tanggal Rilis 19 Juli 2013 (Indonesia)
Sutradara Lee Hwan-Kyung
Pemain Ryu Seung-ryong, Kal So Won, Oh Dal-soo

11. "In Hell" (2003)

Cerita tentang kekejaman di penjara yang tidak manusiawi bisa kamu tonton di film In Hell, geng. Film aksi tentang penjara satu ini dibintangi oleh aktor macho, Jean-Claude Van Damme.

Menceritakan tentang seorang pria yang ditahan di sebuah penjara kejam di Rusia karena telah menembak pria yang membunuh istrinya.

Dalam penjara tersebut, semua narapidana akan diadu untuk berkelahi setiap hari hingga menimbulkan korban. Para penjaga penjara hanya mendiamkan para napi dan malah bertaruh satu sama lain.

Keterangan "In Hell"
Ulasan (Jumlah Pengulas) 6.3 (17.506)
Durasi 1 jam 38 menit
Genre Action, Thriller, Drama
Tanggal Rilis 8 Agustus 2003
Sutradara Ringo Lam
Pemain Jean-Claude Van Damme, Lawrence Taylor, Lloyd Battista

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai film tentang penjara terbaik yang bisa bikin kamu ketawa hingga nangis, geng. Semoga artikel ini bisa membantu kamu mencari film berkualitas untuk ditonton.

Kamu bisa memilih berbagai film seputar kisah dalam penjara mulai dari,

  1. A Prophet (2009)
  2. Law Abiding Citizen (2009)
  3. Shawshank Redemption (1994)
  4. The Green Mile (1999)
  5. The Longest Yard (2005)
  6. Escape from Alcatraz (1979)
  7. The Great Escape (1963)
  8. Escape Plan (2013)
  9. Big Stan (2007)
  10. Miracle in Cell No. 7 (2013)
  11. In Hell (2003)

Jadi, mana yang ingin kamu tonton geng? Dan sampai bertemu di artikel Jaka selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
10 Film Terbaik Yang Dibintangi Oleh The Rock A67b1
10 Film Terbaik yang Dibintangi Dwayne "The Rock" Johnson | Ternyata The Rock Jago Melucu
Film Terbaik Keanu Reeves 0812f
10 Film Terbaik yang Pernah Dibintangi Keanu Reeves | Pernah Main Film Horror?
Film Terbaik Johnny Depp 1d757
10 Rekomendasi Film Terbaik Johnny Depp | No. 3 Bikin Terharu!
Film Song Joong Ki Banner B1cdf
10 Film Terbaik Song Joong-ki, Pernah Jadi Werewolf!
10 Situs Download Film Terbaik yang Sepenuhnya Legal
Film Terbaik Yang Diperankan John Cena Banner 474b4
8 Film Terbaik yang Dibintangi John Cena | Jadi Pengganti The Rock di Fast & Furious?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal