7 Film Pertama yang Diproduksi di Indonesia, Rekam Sejarah yang Berharga!

Default

Buat kamu penggemar film-film Indonesia terbaik, pernah nggak sih berpikir, kira-kira film pertama yang diproduksi di Indonesia judulnya apa ya?

Lalu bagaimana proses produksi mereka, mengingat pada zaman itu teknologi masih belum secanggih dan seinstan sekarang?

Nah, di artikel ini daftar film pertama yang diproduksi di Indonesia, yang Jaka kutip dari Good News From Indonesia. Semuanya sudah berusia puluhan tahun, bahkan hampir 100 tahun!

Biarpun nggak semuanya bisa ditonton, entah karena kualitas filmnya yang sudah rusak, namun ini jadi bukti geliat dunia sineas Nusantara yang sudah tampak sejak zaman Hindia Belanda.

Berikut daftar film pertama yang diproduksi di Indonesia!

1. Loetoeng Kasaroeng (1926)

Film Pertama Produksi Indonesia 1 A2425

Menurut sejarah perfilman Indonesia, Loetoeng Kasaroeng adalah film pertama yang diproduksi di Nusantara, yang pada waktu itu masih bernama Hindia Belanda.

Tentu saja, film tahun 1926 ini masih diproduksi sekaligus disutradarai oleh orang-orang Belanda yang kebetulan punya passion di bidang film.

Akan tetapi, film Loetoeng Kasaroeng sudah melibatkan aktor-aktor Indonesia. Ceritanya pun diangkat dari cerita rakyat berjudul sama, loh!

2. Eulis Atjih (1927)

Film Pertama Produksi Indonesia 2 Bd9ab

Dirilis tahun 1927, film bisu ini menjadi film Indonesia pertama yang bergenre melodrama. Kerennya, film Eulis Atjih diputar bersama dengan keroncong yang digawangi musisi legendaris Kajoon.

Film tersebut mengisahkan seorang istri bernama Eulis Atjih. Ia digambarkan sebagai sosok yang setia mengurus anak-anaknya walau dalam kondisi melarat.

Semua itu diakibatkan suaminya yang pergi meninggalkan mereka dan hidup berfoya-foya. Wah ternyata kejadian semacam ini juga ada di masa lalu ya!

3. Lily van Java (1928)

Film Pertama Produksi Indonesia 3 0949b

Film Lily van Java diproduksi dan dirilis tahun 1928 oleh The South Sea Film, salah satu studio film bisu ternama yang kala itu berkantor pusat di Los Angeles.

Inti ceritanya pun nggak jauh beda dengan fenomena sosial saat itu (juga saat ini kalau Jaka pikir), yakni tentang seorang gadis yang lebih memilih jodohnya sendiri daripada jodoh pilihan orang tuanya.

Film Lily van Java menjadi tonggak sejarah karena merupakan film Tionghoa pertama yang dibuat Indonesia. Film ini pula yang menjadi cikal bakal berdirinya rumah produksi Hatimoen Film.

4. Resia Boroboedoer (1928)

Film Pertama Produksi Indonesia 4 8e7d5

Pesona Candi Borobudur memang sudah amat besar sejak zaman dahulu. Bahkan, Candi Borobudur menjadi tema utama salah satu film pertama Indonesia yang berjudul Resia Boroboedoer.

Dirilis tahun 1928, film bisu tersebut diproduksi oleh Nancing Film Co. dan diperankan oleh Olive Young, aktris muda berbakat saat itu.

Filmnya mengisahkan tentang bangunan candi terkenal bernama Borobudur sekaligus menguak harta karun tersembunyi yang konon berada di dalamnya. Kira-kira apakah itu?

5. Setangan Berloemoer Darah (1928)

Film Pertama Produksi Indonesia 5 4c166

Film Setangan Berloemoer Darah merupakan film yang diadaptasi dari novel Melayu terbaik berjudul sama. Film ini sendiri disutradarai oleh Tan Boen San yang cukup terkenal reputasinya di kalangan sinematografi kala itu.

Sayangnya, karena film tersebut sudah lama rusak dan tidak bisa direstorasi lagi, sangat sedikit informasi yang bisa didapat Jaka.

Namun secara garis besar, inti ceritanya nggak jauh beda dengan apa yang tertulis di novelnya, yakni pembalasan dendam seorang anak atas kematian ayahnya yang terbunuh.

6. Njai Dasima I (1929)

Film Pertama Produksi Indonesia 6 9d0ec

Film ini merupakan kisah nyata yang awalnya didokumentasikan secara tertulis oleh G. Francis pada tahun 1896. Karena begitu menginspirasi, kisahnya pun dijadikan sebagai konsep film berjudul Njai Dasima I.

Dirilis pada tahun 1929, film tersebut berlatar belakang Tangerang dan Batavia antara tahun 1813 hingga 1820 mengenai gadis desa bernama Nyai Dasima.

Tercatat, Ia menjadi istri simpanan seorang konglomerat berkebangsaan Inggris bernama Edward William. Hal itu membuatnya menjadi kaya raya dan populer. Sayang, di sinilah konflik mulai terjadi ......

7. Si Tjonat (1929)

Film Pertama Produksi Indonesia 7 29a99

Film yang satu ini mengisahkan tentang petualangan Si Tjonat, anak kecil yang luar biasa nakal bahkan hingga membunuh temannya karena masalah sepele.

Kasus tersebut membuatnya melarikan diri ke Batavia atau Jakarta. Di sana, ia dijadikan buruh paksa oleh seorang Belanda. Sayang, yang Tjonat lakukan adalah merampok harta benda sang majikan hingga habis.

Setelah itu, ia beralih profesi menjadi seorang perampok. Dalam perjalanannya beraksi, ia jatuh cinta pada seorang wanita bernama Lie Gouw Nio. Di akhir cerita, Tjonat terpaksa harus kehilangan segala-galanya, termasuk harta benda yang ia rampok.

Akhir Kata

Itulah tadi deretan film-film pertama yang diproduksi di Indonesia. Biarpun sangat jadul, namun kualitasnya ternyata nggak kalah dengan film-film zaman now!

Tertarik buat nonton film-film ini? Susah sih tapi kalau sekarang. Hehehe..

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Untitled 4 3ea4f
Ssssstt....Ini 7 Rahasia Terbesar di Balik Adegan Film Terkenal
Untitled 3 Ccb77
7 Alur Cerita Paling Buruk & Ngaco di Film MCU, Bikin Fans Murka!
Page B05d7
7 Film Tanpa Adegan Romantis Sama Sekali, Tetap Seru & Menghibur!
Page 9bad8
7 Aktor Hollywood yang Mendadak Berhenti Main Film, Udah Gak Laku?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal