J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film yang Merusak Reputasi Tokoh Aslinya, Bikin Nama Baik Tercemar!

Rabu, 30 Des 2020, 17:00 WIB
Saking terkenalnya, tokoh-tokoh ini diangkat menjadi karakter film. Namun, penggambaran mereka yang tidak akurat justru merusak image.

Bukan hanya dari segi jalan cerita, film-film yang diangkat dari kisah nyata juga mendasarkan karakter mereka dari tokoh asli.

Hal ini berarti lebih banyak tanggung jawab untuk sang aktor agar mampu menampilkan karakter tersebut semirip mungkin dengan aslinya.

Meskipun biasanya mengalami sedikit perubahan, namun ada juga karakter film berdasarkan tokoh asli yang diubah secara besar-besaran oleh sutradara atau penulis naskah.

Akibatnya, hal ini menimbulkan protes dari si tokoh asli atau keluarga mereka karena dianggap tidak sesuai fakta dan menghancurkan reputasi mereka.

7 Film yang Merusak Citra Tokoh Asli di Dunia Nyata

Sebagai sebuah karya seni, film memang tidak dimaksudkan untuk diterima mentah-mentah. Baik film sejarah maupun bukan, penonton diharapkan tetap kritis terhadap kebenaran di balik cerita yang diangkat.

Di sisi lain, film memang pada umumnya menambahkan dramatisasi supaya jalan cerita lebih menarik, termasuk pada film yang diangkat dari kisah nyata.

Sayangnya, kadang unsur dramatis yang diangkat adalah hal yang negatif, sehingga merugikan tokoh asli di dunia nyata yang menjadi karakter di film tersebut. Contohnya terjadi pada film-film di bawah ini.

1. Spotlight (2015)

Spotlight 53dcb

Film Terbaik Oscar 2016 ini menceritakan investigasi The Boston Globe terhadap pelecehan seks di bawah umur yang dilakukan oleh para pendeta Katolik Roma di Boston.

Salah satu karakter yang bernama Jack Dunn (Gary Galone), humas Boston College High School, ditampilkan defensif dan menyepelekan masalah ini ketika diwawancarai oleh Walter Robinson (Michael Keaton) dan Sacha Pfeiffer (Rachel McAdams).

Dunn yang asli langsung melayangkan gugatan karena merasa tidak pernah menganggap sepele hal tersebut. Akhirnya, Open Road Films sebagai distributor memberikan permintaan maaf dan menyumbang untuk badan amal lokal atas nama Dunn.

2. Bonnie and Clyde (1967)

Bonnie And Clyde 85c18

Diangkat berdasarkan kisah nyata, Bonnie and Clyde adalah dramatisasi dari dua tokoh kriminal asli. Sayangnya, salah satu polisi di film ini digambarkan sebagai villain yang bodoh.

Frank Hamer (Denver Pyle), seorang Texas Ranger, mengejar Bonnie (Faye Dunaway) dan Clyde (Warren Beatty) hanya karena sering dipermalukan oleh mereka. Padahal, Hamer yang asli adalah penegak hukum terkemuka dan jauh dari kesan konyol.

Ketika film tersebut tayang, keluarga Hamer menuntut Warner Bros. atas pencemaran nama baik. Pada 1971, masalah ini diselesaikan di luar pengadilan.

3. The Imitation Game (2014)

The Imitation Game 5b94f

Film biografi yang memuat kebohongan ini juga tidak kalah problematis dari segi karakterisasi, salah satunya mengenai Komandan Alastair Denniston (Charles Dance).

Ia digambarkan sebagai tokoh yang angkuh, tidak menyenangkan, dan selalu menghalangi usaha Alan Turing (Benedict Cumberbatch) untuk memecahkan kode Enigma. Padahal, hal ini sangat berlawanan dengan laporan sejarah mengenai interaksinya dengan Turing.

Keluarga Denniston yang tersinggung pun menulis komplain di Daily Telegraph dan menyesalkan keputusan pihak studio yang mengubah Denniston menjadi villain demi kepentingan film semata.

4. 300 (2006)

300 A0eb2

Ada banyak alasan yang menjadikan 300 sebagai film sejarah tidak akurat, umumnya mengenai pasukan Persia dalam Pertempuran Thermopylae.

Mereka digambarkan sebagai mutan setengah manusia yang primitif, barbar, dan kejam. Hal ini sangat berbeda dengan pasukan Sparta yang maskulin dan berwajah menarik. Tidak heran jika banyak yang beranggapan bahwa film arahan Zack Snyder ini rasis.

Sementara itu, masih dari pihak Persia, Raja Xerxes (Rodrigo Santoro) ditampilkan sebagai setengah Dewa super tinggi. Padahal di kehidupan nyata, ia hanyalah manusia biasa.

5. The Elephant Man (1980)

The Elephant Man 2fbab

Kisah emosional mengenai John Merrick (John Hurt) yang menderita disabilitas fisik pada film adaptasi novel ini sayangnya harus dirusak oleh penggambaran yang salah pada tokoh Tuan Bytes (Freddie Jones).

Ditampilkan sebagai villain, ia adalah tokoh yang tamak, kasar, dan pemabuk. Bytes juga memaksa Merrick untuk berada di sirkusnya.

Karakter Bytes didasarkan pada tokoh asli penyelenggara pertunjukkan bernama Tom Norman. Pada wawancara tahun 2008, Monty yang merupakan cucu Norman mengatakan bahwa kakeknya selalu memperlakukan Merrick dengan baik dan bukan seorang peminum.

6. The Social Network (2010)

The Social Network C0f0a

Tokoh terkenal lain yang juga menjadi karakter film adalah Mark Zuckerberg. Sayangnya, pada film The Social Network, ia digambarkan sebagai sosok yang canggung, arogan, dan menciptakan Facebook hanya demi balikan dengan mantannya.

Ia juga mengkhianati teman baiknya karena dianggap sebagai keputusan terbaik untuk bisnis. Jelas saja Zuckerberg yang asli merasa perlu meluruskan hal ini.

Ia mengaku membuat Facebook karena memang senang menciptakan sesuatu. Selain itu, Zuckerberg berharap tidak ada yang membuat film tentang dirinya selama ia masih hidup.

7. Titanic (1997)

Titanic D3379

Sebagai film pemecah rekor dunia dari segi pendapatan pada masanya, Titanic masih diingat oleh penonton hingga kini yang sudah lebih dari 20 tahun sejak perilisannya.

Hal ini termasuk karakter-karakter yang ditampilkan, salah satunya First Officer William Murdoch (Ewan Stewart). Pada film, ia menembak dua pria di tengah keributan para penumpang yang berusaha naik ke sekoci, sebelum pada akhirnya menembak diri sendiri.

Padahal, tidak ada bukti kuat bahwa Murdoch melakukan dua hal tersebut. Maka dari itu, tidak heran jika keponakan Murdoch, Scott, sangat vokal dalam menyuarakan keberatannya terhadap penggambaran karakter pamannya di film.

Akhirnya, pihak eksekutif Fox, Scott Neeson, mengunjungi keponakan Murdoch di Skotlandia, meminta maaf secara personal, dan menyumbang 5000 Poundsterling untuk William Murdoch Memorial Prize yang dikelola salah satu SMA lokal.

Akhir Kata

Itu dia film-film yang merugikan tokoh asli di dunia nyata karena karakter mereka digambarkan secara keliru. Meskipun sudah ada disclaimer bahwa film yang dibuat hanyalah karya fiksi, namun bukan tidak mungkin pandangan para penonton terhadap karakter-karakter di atas berubah menjadi negatif sejak menyaksikan filmnya.

Oleh karena itu, kamu sebagai penonton diharapkan bijak dalam menyikapi hal-hal yang ditampilkan dalam film dan tidak mencampurkannya dengan realita.

Baca juga artikel seputar Out Of Tech atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
Nama Karakter Jahat B37bc
7 Aktor yang Dibenci Sungguhan Karena Jadi Villain | Aktingnya Bagus?
Villain Yang Terinspirasi Dari Orang Asli 512f7
7 Villain Ikonik yang Terinspirasi dari Orang Asli, Ada yang Mirip Trump!
Ridley Scott Alien Sequel Ai 88be1
10 Film Alien Terbaik Paling Seru & Menegangkan, Dari Kisah Nyata?
10 Film Horor Berdasarkan Kisah Nyata Jangan Nonton Sendirian 2dec1
10 Film Horor Berdasarkan Kisah Nyata, Jangan Nonton Sendirian!
Tokoh Utama Yang Mati Mengenaskan Fc1db
5 Tokoh Utama dalam Film yang Mati Mengenaskan | Ada dari DC?
Teori Film Disney 0205f
10 Teori Film Disney yang Paling Mencengangkan | Karakter Boo di Monster Inc. Adalah Penyihir?
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal