J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film yang Baru Masuk Akal di Bagian Akhir | Bikin Penonton Bingung!

Rabu, 13 Jan 2021, 17:00 WIB
Film-film ini memiliki jalan cerita yang begitu membingungkan hingga baru bisa dipahami ketika memasuki bagian akhir.

Sebagai aspek esensial dari sebuah film, tentu jalan cerita harus masuk akal dan mudah dipahami oleh para penonton. Hal ini penting supaya pesan dalam film tersampaikan dengan baik.

Meskipun ada film yang mau bagaimana pun juga tetap tidak bisa dipahami, seperti Batman v Superman: Dawn of Justice (2016), tapi ada juga film-film yang sengaja menyembunyikan maksud aslinya hingga bagian akhir.

Sepanjang filmnya berlangsung, penonton akan disuguhkan narasi terselubung dan motivasi karakter yang masih belum jelas. Baru menjelang ending, semuanya akan terungkap.

Nah, kamu penasaran dengan film-film yang cuma masuk akal di bagian akhir? Yuk, simak daftarnya berikut ini.

7 Film yang Hanya Masuk Akal di Bagian Akhir

Biasanya, kita menonton film sebagai bentuk hiburan di kala penat dan suntuk dengan kehidupan sehari-hari.

Tapi, ada juga film-film yang alurnya begitu sulit dipahami, sehingga bukannya menjadi hiburan, malah justru membuat kita berpikir keras.

Contohnya bisa kamu lihat pada film-film yang baru masuk akal di bagian akhir seperti di bawah ini, sehingga kamu harus bersabar ketika baru mulai menyaksikan filmnya.

1. Memento (2000)

Memento Bb056

Christopher Nolan terkenal dengan film-filmnya yang cukup membingungkan, salah satunya Memento. Jalan cerita film ini sengaja dibuat mundur untuk menegaskan amnesia yang diderita si tokoh utama, Leonard Shelby (Guy Pearce).

Film ini mengisahkan Shelby yang harus mengatasi penyakitnya sambil berusaha menemukan pembunuh istrinya. Meskipun jalan ceritanya semakin jelas mendekati akhir, namun bagian awalnya terasa sangat membingungkan bagi penonton.

Ketika semuanya sudah terungkap di bagian akhir pun penonton dibuat tercengang dengan pembunuh istri Shelby. Lebih baik kamu menonton sendiri film yang memiliki ending kelam ini supaya menemukan jawabannya.

2. Oldboy (2003)

Oldboy D4761

Sebagai film dengan plot twist tergila, Oldboy memberikan akhir kisah yang memuaskan karena menjawab semua pertanyaan penonton, namun juga membuat mereka tidak habis pikir.

Film ini berfokus pada Oh Dae-su (Choi Min-sik) yang berusaha menemukan jawaban mengapa ia diculik dan dipenjara di kamar hotel selama 15 tahun. Ternyata, pelakunya adalah Lee Woo-jin (Yoo Ji-tae), mantan teman sekelas Dae-su.

Woo-jin melakukannya sebagai bentuk balas dendam kepada Dae-su yang memergokinya melakukan hubungan terlarang dengan saudara kandungnya sendiri. Rumor ini beredar di sekolah hingga menyebabkan saudara Woo-jin bunuh diri.

Tapi, belum sampai di situ. Kamu akan menemukan perbuatan Woo-jin kepada Dae-su yang lebih gila lagi di bagian akhir sebagai upayanya untuk balas dendam.

3. Arrival (2016)

Arrival 2af86

Pada bagian pembuka, diperlihatkan bahwa Louise Banks (Amy Adams) baru saja kehilangan putrinya akibat sebuah penyakit. Tapi, menjelang akhir film, diketahui bahwa ternyata hal itu belum terjadi.

Penyebabnya adalah pemahaman Louise terhadap konsep waktu berubah pasca berkomunikasi dengan alien yang datang ke Bumi. Kini, Louise mempersepsikan waktu dalam bentuk non-linier.

Misteri lain yang terungkap pada film dengan teori sains paling akurat ini berkaitan dengan putri Louise dan Ian Donnelly (Jeremy Renner) yang merupakan teman kerja Louise.

4. Mulholland Drive (2001)

Mulholland Drive 16bd2

Banyak yang beranggapan bahwa Mulholland Drive adalah film yang bukan untuk dimengerti. Tapi, sebenarnya semua kebingungan penonton akan terjawab di bagian akhir.

Pada sekitar 100 menit pertama, ternyata apa yang ditampilkan di film adalah kehidupan yang dibayangkan oleh Diane Selwyn (Naomi Watts), seorang aktris gagal yang mengalami gangguan kejiwaan.

Lalu, pada 45 menit terakhir, baru terungkap relita kehidupan Diane yang pada akhirnya berakhir tragis pasca ia menemukan fakta bahwa kekasihnya, Camilla Rhodes (Laura Harring), dibunuh.

5. 2001: A Space Odyssey (1968)

2001 A Space Odyssey 302bb

Film paling ambisius garapan Stanley Kubrick ini membuat penonton bertanya-tanya dan berpikir keras bahkan hingga kini. Meskipun demikian, sebenarnya konsepnya sederhana saja, yaitu evolusi manusia.

Tanpa alur yang jelas, empat bagian cerita di film ini dihubungkan dengan sebuah batu monolith persegi panjang. Batu ini menggambarkan setiap tahap evolusi manusia, mulai dari masa prasejarah hingga jutaan tahun kemudian.

Pada akhir film, ketika Dr. Bowman (Keir Dullea) menemukan monolith tersebut, ia juga berubah menjadi entitas lain yang seolah menggambarkan bahwa manusia masih bisa berevolusi lagi di masa depan.

6. Don't Look Now (1973)

Don T Look Now A4235

Ceritanya, John Baxter (Donald Sutherland) dan Laura Baxter (Julie Christie) pergi ke Venice pasca kematian putri mereka akibat tenggelam. Tapi, selama di sana, John sering melihat sosok kecil dengan jas hujan merah, persis seperti putrinya ketika tenggelam.

Ketika Laura sudah kembali ke Inggris, John juga melihat istrinya sedang menghadiri prosesi pemakaman di Venice.

Pada klimaks film yang disutradarai oleh Nicolas Roeg ini baru terungkap bahwa ternyata John sedang melihat kematian dan pemakamannya sendiri. Sosok berjas hujan merah tersebut juga ternyata bukan putrinya, lho.

7. Y Tu Mama Tambien (2001)

Y Tu Mama Tambien 1c670

Film drama komedi karya Alfonso Cuaron yang dibintangi oleh Gael Garcia Bernal (Julio), Diego Luna (Tenoch), dan Maribel Verdu (Luisa) ini ternyata menyimpan cerita kelam tersendiri di baliknya.

Y Tu Mama Tambien bercerita tentang Luisa yang pergi road trip bersama Julio dan Tenoch pasca memergoki suaminya berselingkuh. Tapi, di sepanjang film, Luisa seolah menyimpan kesedihan yang lebih dalam dari sekadar dikhianati.

Setahun kemudian, ketika Julio dan Tenoch bertemu lagi, terungkap bahwa Luisa meninggal satu bulan setelah mereka road trip. Ternyata, selama itu Luisa menderita kanker dan ia sudah menyadarinya.

Akhir Kata

Itu dia film-film yang baru masuk akal di bagian akhir. Meskipun cukup sulit dipahami, namun sebenarnya hal ini dapat menjadi hiburan tersendiri bagi kamu yang memang menyukai film-film berat, sehingga mengharuskan penonton untuk ikut berpikir.

Tapi, kalau kamu menonton lebih dari sekali, sebenarnya alurnya bakal semakin jelas, kok, sehingga kamu tidak akan merasa bingung lagi.

Baca juga artikel seputar Out Of Tech atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
Adegan Ikonik Film Sci Fi Hasil Improvisasi Banner Df3d9
7 Adegan Ikonik Film Sci-Fi Hasil Improvisasi | Banyak yang Gak Sadar!
Page B1d79
7 Film Sci-Fi yang Paling Ditunggu di Tahun 2021, Ada Avatar 2!
7 Film Sci Fi Paling Absurd Dan Tidak Dimengerti Bikin Pusing 9da18
7 Film Sci-Fi Paling Absurd dan Tidak Dimengerti, Bikin Pusing Doang!
Klise Film Horror Yang Bodoh Main Img 0bd47
10 Adegan Gak Masuk Akal yang Selalu Ada di Film Horor, Klise Abis!
Banner 89f5d
7 Adegan Konyol yang Selalu Ada di Film Action, Penjahat Kok Ngantri Buat Ditonjok?
Page1 D3f00
5 Adegan dalam Film yang Harus Ada di Tahun 2021, Ada James Bond Wanita?
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal