10 Derby Sepak Bola Paling Panas dan Populer di Dunia, Sarat Gengsi dan Emosi!

Default

Bagai sayur tanpa garam, pertandingan sepak bola akan terasa hambar tanpa adanya bumbu rivalitas di atas lapangan.

Pasalnya, gelar juara tentu hanya bisa diraih setelah melewati pertarungan yang sengit di setiap laganya, geng.

Adapun emosi yang sesekali tersulut, adalah hal yang lumrah selama hal itu masih berada di bawah naungan bendera fair play.

Rivalitas dalam sepak bola sendiri sebenarnya memiliki sejarah yang panjang. Seperti misalnya saat ini, ketika kita mengenal persaingan sengit antara dua klub besar dengan sebutan derby.

Ya, derby memang merupakan istilah yang paling tepat untuk menggambarkan perseteruan yang terjadi di antara dua klub hebat dunia, geng.

Pelatih dan pemain pun boleh datang dan pergi kapan saja, tetapi menjaga nama besar klub adalah suatu kewajiban yang diturunkan dari satu generasi ke generasi agar aura rivalitas tetap menyala.

Bagi para suporter, bisa dikatakan bahwa tidak ada pertandingan lain yang dianggap sama pentingnya dibandingkan dengan memenangkan pertandingan derby.

Nah, berikut ini adalah sejumlah derby sepak bola paling panas dan populer di dunia yang perlu kamu ketahui, geng. Jangan ngaku pecinta sepak bola sejati deh kalau kamu belum baca artikel ini!

1. El Clasico

El Clasico E99e8

Pertarungan sengit antara dua klub besar Spanyol, yakni Real Madrid dan Barcelona, selama ini dikenal dengan istilah El Clasico.

Nama tersebut diambil berdasarkan sejarah persaingan dua klub ini yang sudah berlangsung sangat lama. Terlebih, setelah melihat bahwa dua klub ini memiliki basis penggemar yang besar di seluruh dunia.

Selain selalu diramaikan dengan bintang-bintang terbaik dunia, derby ini juga menjadi semakin panas karena intrik politik di dalamnya, geng.

Seperti yang kita tahu, Real Madrid merupakan representasi dari nasionalisme Spanyol karena berada di ibu kota negara. Sementara Barcelona dipandang mewakili nasionalisme warga Catalan.

2. Derby della Madonnina (Derby Milan)

Derby Milan 81647

Derby della Madonnina atau yang dikenal dengan Derby Milan, adalah salah satu pertandingan paling besar dalam sepak bola Italia dan bahkan Eropa, geng.

Seperti namanya, derby ini akan menampilkan pertandingan akbar antara dua klub raksasa Italia yang berbasis di Kota Milan, yakni AC Milan dan Inter Milan.

Menariknya, kedua klub ini sama-sama menghuni stadion yang sama sebagai kandang mereka, yakni San Siro.

Asal usul derby ini sendiri berasal dari adanya isu kesenjangan sosial antara masing-masing suporter. Inter Milan memiliki reputasi yang erat dengan kaum berada, sementara AC Milan mewakili para kaum-kaum pekerja di Kota Milan.

3. The North West Derby

The North West Derby 04cda

Jika beralih ke dataran Inggris, maka dunia mengenal The North West Derby sebagai derby sepak bola paling panas di Negeri Ratu Elisabeth.

Derby ini mempertemukan antara dua klub musuh bebuyutan Inggris yang sarat prestasi serta sejarah, yakni Liverpool dan Manchester United.

Saking panasnya derby ini, para pemain antara kedua klub bahkan kerap melontarkan kebencian mereka terhadap lawan mereka di hadapan publik.

Begitu juga ketika laga antara keduanya mulai tersaji, maka yang namanya umpatan bahkan hingga perkelahian, menjadi bumbu tersendiri dalam pertandingan ini.

Di satu sisi, derby sepak bola ini hanyalah bagian kecil dari persaingan kota Liverpool dan Manchester. Hanya berjarak 35 mil, kedua kota ini pada dasarnya kerap bersaing dalam perkembangan industri dan perekonomiannya, geng.

4. The Manchester Derby

Derby Manchester 2d951

The Manchester Derby atau yang lebih sering disebut di Indonesia dengan Derby Manchester, merupakan pertandingan antara dua rival sekota, Manchester United dan Manchester City.

Jika dibanding berdasarkan sejarahnya, maka Manchester United tentu jauh lebih populer dari pada Manchester City.

Meski begitu, Manchester City telah bangkit dalam satu dekade ke belakang sejak kedatangan pemilik baru asal Timur Tengah. Mereka juga mulai mendatangkan pemain bintang dan pelatih berkelas untuk meraih berbagai gelar bergengsi.

Tetangganya, Manchester United pun semakin terusik. Wajar jika derby yang satu ini semakin ditunggu-tunggu oleh para pecinta sepak bola dunia, terutama penikmat Liga Inggris.

5. Derby d'Italia

Derby D Italia 3f2e8

Tidak hanya Derby Milan, Italia juga punya rivalitas sengit lainnya yang dikenal sebagai Derby d'Italia. Derby mempertandingkan dua klub raksasa Italia, yakni Inter Milan dan Juventus.

Dalam sejarahnya, pertandingan dalam derby ini kerap melahirkan peristiwa yang kontroversial, geng. Salah satunya adalah di musim 1960/1961 saat kemenangan Inter Milan atas Juventus dibatalkan.

Peristiwa yang menggemparkan sepak bola dunia pun terjadi pada tahun 2006, di mana Juventus kala itu terlibat skandal pengaturan pertandingan dan dihukum turun ke Serie B.

Kala itu, gelar juara Serie A Juventus resmi dibatalkan. Sebagai gantinya, sang rival Inter Milan lah yang berhak menadapatkan gelar Serie A.

6. Der Klassiker

Der Klassiker 7e1a7

Sepak bola Jerman juga tumbuh dalam rivalitas antara dua klub raksasa mereka, geng, yakni Bayern Munchen dan Borussia Dortmund.

Persaingan dua klub ini sendiri lebih dikenal dengan istilah Der Klassiker, yang mana mulai terjadi pada tahun 90-an ketika Dortmund berhasil menjuarai Bundesliga berturut-turut.

Kesuksesan Dortmund pun membuat klub kaya seperti Bayern Munchen terusik. Terlebih, kehebatan Dortmund berhasil memaksa klub tajir seperti Bayern Munchen menjadi runner up Bundesliga pada musim 1995/1996.

7. The North London Derby

North Londond Derby 2a863

The North London Derby atau Derby London Utara mempertemukan dua klub besar London, yakni Arsenal dan Tottenham Hotspur.

Derby ini pun menjadi salah satu rivalitas terbesar yang ada di sepak bola Inggris, geng. Pertandingan ini selalu menghadirkan laga yang seru dan dimainkan dengan tempo cepat.

Sayangnya, belakangan performa kedua tim ini tidak begitu meyakinkan dan dianggap sulit bersaing untuk meraih gelar juara Liga Inggris.

Meski begitu, laga ini juga wajib kamu tonton karena aura rivalitasnya yang tak kalah panas, geng.

8. El Derbi Madrileno (Derby Madrid)

Derby Madrid D9f2a

Lebih dikenal sebagai Derby Madrid, pertandingan ini mempertemukan dua rival sekota asal Madrid, yakni Real Madrid dan Atletco de Madrid.

Selain El Clasico, laga ini juga menjadi salah satu laga yang selalu dinantikan di La Liga, geng.

Real Madrid tentu lebih banyak meraih kesuksesan baik itu di Spanyol maupun di Eropa. Namun jangan salah, Atletico pun tak kalah tampil mengejutkan di setiap kompetisi, lho.

Sama seperti beberapa derby lainnya di Eropa, pertandingan ini juga tak terlepas dari benturan politik di dalamnya.

Contohnya saat rezim Fransisco Franco menjadi pendukung Real Madrid karena kemenangan di Piala Eropa pada 1950-an. Ketika itu, fans dari Atletico memutuskan untuk menjadi sayap kiri sebagai bentuk protes mereka.

9. The Merseyside Derby (Derby Merseyside)

Merseyside Derby 80e45

Derby Merseyside dikenal sebagai pertandingan antara dua klub asal Kota Liverpool, yakni Liverpool melawan Everton.

Meski jarak antar stadion kedua klub ini tak kurang dari satu mil, namun pertarungan yang disajikan selalu panas, geng.

Bahkan, saking tingginya gengsi antar keduanya, pertandingan ini sering kali dihujani hadiah kartu karena pertandingan yang cenderung keras.

Hingga kini, Derby Merseyside menjadi pertandingan yang menghasilkan rekor kartu merah terbanyak dalam sejarah Liga Inggris, geng.

10. The Superclasico

The Superclasico D6b15

Jangan salah, di luar daratan Eropa juga ada derby sepak bola yang tak kalah sengit, geng.

Bertajuk Superclasico, ini adalah salah satu derby terpanas di dunia yang mempertemukan dua klub raksasa Argentina, yakni Boca Juniors dan River Plate.

Derby ini sudah tersaji sejak 1913 silam, di mana kedua klub ini saling bertarung untuk merebut gelar seabagai klub terbaik yang ada di Buenos Aires.

Tidak hanya itu, bumbu-bumbu kesenjangan sosial juga mewarnai derby ini. Boca Juniors memiliki reputasi pendukung dari kelas pekerja, sementara penggemar Rivel Plate berasal dari kelas atas.

Kedua klub ini juga sudah sering bertemu di final Copa Libertadores, geng. Partai final yang mempertandingkan dua klub ini akan selalu menjadi sorotan karena stadion dipastikan penuh sesak oleh suporter kedua tim.

Akhir Kata

Jadi itulah tadi 10 derby sepak bola paling panas dan populer di dunia saat ini, geng.

Sudah berlangsung selama berabad-abad, pertandingan derby tentunya selalu menyuguhkan pertarungan yang sengit dan sarat akan gengsi.

Berdasarkan artikel Jaka di atas, adakah derby yang mempertandingkan klub favorit kamu? Atau, kamu punya derby lainnya yang selalu kamu tonton, nih? Kalau ada, sampaikan pendapatmu, ya.

ARTIKEL TERKAIT
Jadwal dan Link Live Streaming Perempatfinal Piala Thomas & Uber 2020, Indonesia vs Malaysia!
Link Live Streaming PON Papua 2021, Saksikan Setiap Pertandingan Cabang Olahraga Secara Live!
Aplikasi Live Streaming Bola Gratis B3b02 2 E0c5b
16 Aplikasi Live Streaming Bola Gratis Terbaik 2021, Buat Nonton Liga Champions!
Live Streaming Bola 7f2be
15+ Situs Live Streaming Bola Terbaik dan Gratis, Bisa Nonton Liga Inggris!
Film Sepakbola Terbaik Banner C0ef0
7 Film Sepakbola Terbaik Sepanjang Masa, Buat Obat Kangen!
Tags Terkait: Olahragasport
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal