7 Artis Indonesia yang Ngaku Alami Gangguan Mental | Tangguh Banget!

Default

Baru-baru ini isu kesehatan mental tengah naik dan menjadi pembahasan di tengah masyarakat setelah kontroversi ucapan Deddy Corbuzier dalam sebuah ajang pencarian model Indonesia.

Ucapan yang disebutkan oleh Deddy dianggap meremehkan seriusnya kesehatan mental. Anggapan tersebut muncul ketika dirinya jadi juri dan tengah mewawancarai peserta Indonesia's Next Top Model yang bernama Danella Ilene.

Kesehatan mental merupakan masalah serius yang serupa dengan gunung es. Sehingga apa yang diketahui dan tampak di mata masyarakat kebanyakan masih terbilang jauh lebih kecil dari fakta yang sebenarnya.

Tidak terkecuali para selebriti atau public figure juga mengalami gangguan mental. Melansir dari The Asian Parents, berikut daftar artis Indonesia yang mengalami gangguan mental.

1. Marshanda

Artis Indonesia Yang Terkena Skizofrenia Ae085

Artis cantik bernama lengkap Andriani Marshanda memang diketahui sejak lama mengalami bipolar. Hal ini terungkap pada sebuah video viral yang tersebar di YouTube pada tahun 2009 lalu.

Video tersebut menampilkan Caca, panggilan akrab dari Marshanda, yang tengah meluapkan kemarahan dan kesedihan yang ia pendam selama ini.

Selang beberapa lama kemudian Caca mulai mengakui bahwa dirinya memang mengidap bipolar. Ketika dirinya tengah mengalami depresi berat, maka bipolar yang dialaminya bisa kambuh.

Sehingga hal ini membuat dirinya menjadi sulit tidur dan berhalusinasi. Dirinya bahkan sempat bersikap denial terhadap kondisi yang dialaminya tersebut.

Namun, berkat dukungan dari keluarga dan teman-teman dekatnya, akhirnya Caca memutuskan untuk mau berkonsultasi dengan psikolog.

Bahkan dirinya juga banyak belajar mengenai bipolar dan meningkatkan kemampuannya dalam memanajemen perasaan emosinya.

Pada sejumlah wawancara Marshanda turut bercerita kalau belajar banyak akan kondisi kesehatan mental yang tengah ia alami tersebut.

2. Rachel Vennya

Gangguan Mental Bisa Sukses 213a6

Dalam sebuah unggahan di akun Instagram miliknya, artis yang pernah mengadakan pernikahan mewah meski berakhir kandas ini mengaku jika dirinya juga mengalami gangguan bipolar seperti yang dialami oleh Marshanda.

Dalam unggahannya tersebut dirinya menyebutkan jika tahun 2014 lalu dirinya pernah terbuka mengenai Bipolar Disorder (BD) yang dialaminya dan berjuang dalam menangani gangguan mental yang ia alami tersebut.

Hingga akhirnya Vennya terpaksa harus menutup hal tersebut lantaran stigma yang diberikan oleh orang-orang mengenai penderita BD ini.

Saat dirinya mulai memberanikan diri, Vennya kembali terbuka akan pengalaman gangguan mental yang ia alami tersebut.

Harapannya, keterbukaannya itu akan membantunya meningkatkan kesadaran publik untuk merubah stigma mengenai gangguan mental atau mental illness.

3. Mey Chan

Artis Indonesia Yang Terkena Bipolar E915a

Dita Anggraeni atau Mey Chan, personel terakhir Duo Ratu, ternyata juga mengalami panic attack disorder. Gangguan tersebut muncul disertai rasa takut dan gelisah yang berlebihan secara tiba-tiba.

Ketika gangguan mental ini menyerang, maka detak jantung akan jauh lebih meningkat, napas jadi lebih pendek, otot menegang, gemetar, dan disertai kepala pusing.

Hal tersebut ia akui melalui akun Instagram pribadinya. Ia menulis jika rasa takutnya sama seperti rasa bingung. Namun, hal ini bisa terjadi secara looping dan wake up call tanpa ada alasan logis.

Mey menambahkan kalau hal ini akan membuat pengidapnya mengalami full blown panic attack yang bakalan bikin dirinya berpikir mengalami serangan jantung atau akan pingsan.

4. Vidi Aldiano

Artis Yang Sembuh Dari Depresi 4b360

Vidi Aldiano juga sempat mengakui dirinya mengalami gangguan mental pada saat menghadiri sebuah acara yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di tahun 2019.

Ia akui kalau mengidap anxiety attack (gangguan kecemasan) yang menyebabkan dirinya akan mengalami gangguan panik yang dirasa terus bertambah.

Vidi mengakui dirinya sampai mencari bantuan dan berusaha untuk berdamai dengan dirinya sendiri di saat mengalami anxiety attack yang parah.

Gangguan mental ini pada kenyataannya memang cukup mengganggu aktivitasnya sehari-hari sehingga dirinya pun rajin berkonsultasi dengan dokter untuk membantunya menangani masalah yang dialaminya tersebut.

5. Tora Sudiro

Artis Indonesia Yang Terkena Anxiety 54521

Mungkin kamu pernah mengetahui jika, aktor tampan Indonesia Tora Sudiro pernah ditangkap lantaran kepemilikan obat terlarang bersama istrinya, Mieke Amalia.

Tora mengakui jika dirinya memang ketergantungan obat-obatan terlarang untuk mengatasi stres berat dan insomnia yang ia derita. Bahkan dalam hasil penyidikan ia didiagnosa mengidap tourette syndrome.

Ini adalah sindrom neuropsikiatrik yang membuat penderitanya bisa mengeluarkan ucapan serta gerakan yang spontan atau tic dan tak mampu untuk mengontrolnya.

Pemicu dari tic tersebut bisa disebabkan oleh beragam hal terutama lantaran stres, cemas, kelelahan, bahkan hingga lantaran terlalu bersemangat.

6. Awkarin

Tokoh Penderita Skizofrenia Dab1b

Selebgram fenomenal Indonesia, Karin Novilda atau yang akrab disapa Awkarin juga mengakui kalau mengalami gangguan mental atau mental illness.

Dalam sebuah video yang berjudul I QUIT INSTAGRAM, pada kanal YouTube miliknya, Awkarin mengaku pernah sejumlah kali melakukan percobaan bunuh diri.

Dirinya waktu itu masih duduk di bangka SMA. Lantaran keinginannya untuk bunuh diri ini, orang tuanya harus beberapa kali membawanya ke rumah sakit karena percobaan tersebut.

Dalam videonya Awkarin menjelaskan bahwa mental illness bukanlah hal yang bisa disepelekan, bahkan di luar negeri kebanyakan orang tua sadar akan masalah serius ini.

Sehingga mereka dapat membawa anak-anaknya ke psikolog untuk dapat mengetahui kepribadian dan cara untuk merawat mereka.

Namun, hal ini berbanding terbalik orang Indonesia yang cenderung malu ketika menceritakan masalah yang dialaminya ini lantaran takut dinilai gila.

Melalui pengalaman yang ia tulis, Awkarin berharap bisa mengubah pandangan masyarakat tentang mental illness.

7. Ariel Tatum

Artis Depresi 41c11

Bisa dikatakan kalau artis cantik Indonesia satu ini sangat vokal dalam mengedukasi masyarakat akan pentingnya kesadaran dalam mental illness.

Ariel juga menjadi salah satu orang yang mengidap gangguan mental. Dirinya mengaku mengalami Borderline Personality Disorder (BPD).

BPD merupakan sebuah gangguan kepribadian atau gangguan mental yang ditandai suasana hati serta citra diri yang kerap berubah dan berperilaku impulsif.

Seseorang dengan kondisi ini akan mempunyai cara pandang, perasaan, dan pola pikir yang cukup berbeda dengan kebanyakan orang.

Sehingga kondisi ini akan dapat menjadi pemicu masalah jika ada hubungannya dengan orang lain seperti keluarga hingga di dunia pekerjaan.

Gangguan mental ini biasanya mulai muncul pada periode menjelang usia dewasa. Ariel mengaku jika dirinya mengalami hal tersebut saat berusia 13 tahun.

Akhir Kata

Itu dia daftar artis Indonesia yang mengaku mengalami gangguan mental. Keberanian mereka untuk terbuka perlu untuk diapresiasi.

Bahkan sebagian dari mereka cukup vokal dalam menyuarakan masalah yang mereka alami tersebut, serta membantu para pengidap gangguan mental lainnya untuk mengatasi masalah yang mereka alami ini.

Baca artikel mengenai Film atau artikel menarik lainnya dari JalanTikus.com.

BACA JUGA

7 Pohon Tertua di Bumi | Candi Borobudur dan Piramida Mesir Kalah Tua!

Download Capcut Pro MOD APK v3.1.0 Terbaru 2021 | No Watermark & Premium Unlocked!

6 Aktris Indonesia yang Punya Perut Six Packs | Bikin Para Cowok Iri!

75+ Nada Dering WA Terbaru & Terlengkap 2021, Gratis!

5 Atlet Esports yang Banting Stir Jadi Content Creator, Makin Sukses?

ARTIKEL TERKAIT
Artis Indonesia Yang Dulunya Atheis Sekarang Beragama Banner 9ce5e
5 Artis Indonesia yang Dulunya Ateis Sekarang Beragama, Sudah Tobat!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal