7 Animator Asal Indonesia yang Mendunia, Karyanya Populer di Mancanegara!

Default

Membuat film animasi bukanlah pekerjaan yang mudah. Meskipun saat ini sudah didukung oleh teknologi yang mumpuni sehingga lebih efisien, tetapi profesi itu nggak bisa dilakukan oleh sembarang orang.

Meskipun begitu, tahukah kamu kalau pekerjaan berat tersebut ternyata mampu dilakukan oleh orang Indonesia? Negara kita punya talenta-talenta unggul yang kemampuannya nggak boleh dipandang sebelah mata.

Berkat sentuhan tangan mereka, kita bisa menikmati sejumlah film animasi buatan Marvel dan Disney. Contohnya ialah "Transformer", "Iron Man", "The Adventure", "Ant Man", "Despicable Me", dan masih banyak lagi.

Karya animasi ciptaan anak bangsa tadi sudah diakui kualitasnya. Bahkan, jadi film animasi terbaik yang sukses menembus pasar dunia. Nah, pertanyaannya, siapa sajakah animator Indonesia tersebut? Yuk, simak ulasannya di bawah.

1. Christiawan Lie

Chris Lie Animator Asal Indonesia 23fad
Sumber foto: soulofjakarta.com

Dialah Christiawan Lie atau yang akrab disapa Chris Lie. Alumni ITB jurusan Arsitektur Institut yang sejak kecil hobi menggambar.

Dia menjadi salah satu animator asal Indonesia yang terlibat dalam proyek film animasi terpopuler yang mungkin pernah kamu tonton, di antaranya "Transformers 3", "GI: Joe", "Spiderman", "Star Wars" hingga "Lord of the Rings".

Kabar teranyar yang Jaka dapatkan dari berbagai sumber, pria jebolan Devil s Due Publishing, perusahaan penerbitan ternama yang memegang lisensi komik G.I Joe di Chicago, tengah mengerjakan proyek baru yang lebih "wah".

Lie saat ini saat ini dipercaya menangani proyek dari Marvel, Hasbro, Mattel, Lego, dan Sony Online Entertainment.

2. Michael Reynold Tagore

Michael Reynold Tagore Animator Indonesia 183d6
Sumber foto: kaskus.com

Tak jauh beda dengan Chris Lie, Michael Reynold Tagore juga sudah menunjukkan bakat menggambarnya sejak kecil, geng. Bahkan, sejak SMA saja pria kelahiran Surabaya ini sudah mulai terlibat dalam proyek animasi game, lho.

Ia pun akhirnya memokuskan kariernya pada industri animasi sebagai animator dengan kuliah di Desain Grafis Tarumanegara dan mengambil gelar master di University Technology of Sydney.

Film animasi seperti film "The Hobbit" dan "Batman v Superman: Dawn of Justice" adalah salah satu karya Michael Reynold.

3. Ronny Gani

Berapa Gaji Animator Indonesia Fb9ad
Sumber foto: Instagram: @ronngan

Punya cita-cita jadi seorang animator, tetapi nggak punya basic menggambar? Jangan khawatir, geng. Mungkin sosok Ronny Gani ini bisa menjadi inspirasi kamu.

Pria lulusan Arsitektur UI itu usut punya usut menekuni dunia animasi secara otodidak. Dia mulai meyakini kariernya di industri animasi setelah lulus dari UI dengan berkerja di PT Mitra Integrasi Komputindo sebagai Graphic Designer.

Ia pun berlabuh di perusahaan animasi Industrial Light & Magic (ILM) asal Singapur dengan mengerjakan sejumlah film, contohnya "Star Wars: The Clone Wars".

Setelah sukses dengan film tersebut, dia pun dipercaya kembali buat mengerjakan film bergensi lain, seperti "Transformers: Age of Extinction", "The Avengers: Age of Ultron", dan "Ant-Man. How cool is that?"

4. Marsha Chikita Fawzi

Siapa Saja Animator Asal Indonesia 29af3
Sumber foto: Good News From Indoensia

Kisah Upin dan Ipin dalam film animasi "Upin dan Ipin" ternyata melibatkan animator asal Indonesia, lho. Dua anak kembar itu juga dibuat oleh tangan dingin seorang Marsha Chikita Fawzi atau yang akrab disapa Chiki.

Keterlibatan Chiki di film animasi asal Malaysia tersebut bermula saat dirinya magang di Las Copaque Production, Malaysia. Karena dinilai piawai dalam bekerja, dia pun diangkat menjadi karyawan tetap yang ditugaskan buat mengerjakan film "Upin dan Ipin".

5. Rini Sugianto

Animator Indonesia Di Marvel 7432f
Sumber foto: carrotacademy.com

Animator asal Indonesia berikutnya bernama Rini Sugianto. Rini menjadi salah satu sosok di balik suksesnya film-film box office Hollywood, seperti "The Adventures of Tintin", "The Avengers" pertama dan kedua, "The Hobbit: The Desolation of Smaug", dan "Teenage Mutant Ninja Turtle".

Jika dilihat dari latar belakang akademiknya, Rini merupakan lulusan S-1 Universitas Parahyangan, Bandung. Ia pun mengambil gelar Master di Academy of Arts di San Fransisco, California, Amerika Serikat.

6. Andre Surya

Apa Arti Animator Dfbfe
Sumber foto: Jatimtech

Berbeda dengan animator lain yang hobi menggambar sejak kecil, sosok Andre Surya malah sebaliknya. Dia hobi bermain game dan dari game-game yang dimainkan, dia jadi jatuh hati dengan visual effect.

Andre pun memutuskan untuk mengambil studi dengan konsentrasi film dan special effect di Vancouver Institute of Media Arts, Kanda.

Setelah lulus, ia bergabung dengan Lucas Animation dengan menangani sejumlah film, seperti "Iron Man", "Indiana Jones", "Star Trek", "Terminator Salvation", "Avatar", dan "Transformers".

Kini, Andre kembali ke Tanah Air dan mendirikan Enspire School of Digital Art (ESDA) untuk membantu Indonesia mengembangkan talenta muda di bidang animasi.

7. Wira Winata

Bagaimana Cara Menjadi Animator 7990a
Sumber foto: Istimewa

Animator Indonesia yang mendunia terakhir ialah Wira Winata. Pria yang berprofesi sebagai ilustrator sekaligus animator ini merupakan lulusan ArtCenter College of Design.

Kepiawaian Wira dalam membuat film animasi dan ilustrasi nggak diragukan industri. Dia menjadi salah satu sosok suksesnya film-film besutan Disney dan Cartoon Network yang begitu mendunia. Dia pernah terlibat dalam animasi film "The Peanuts".

Bahkan, Wira pun pernah bekerja di Netflix sebagai Character/Visual Development sebelum akhirnya berlabuh di Sony Pictures Animation pada 2018 lalu.

Akhir Kata

Gimana, bangga nggak sama 7 animator asal Indonesia yang Jaka sebutkan di atas? Prestasi dan peranan mereka nggak main-main, ya, geng. Bisa meraih achievement yang luar biasa dan membuat kita semua envy berjamaah. Salut!

Semoga ke depannya mereka juga bisa menghidupkan industri animasi Tanah Air biar banyak film animasi keren asal Indonesia yang lahir lewat tangan canggih mereka. Sukses terus buat kakak-kakak di atas!

Baca juga artikel seputar 7 K-Drama yang Jalan Ceritanya Super Rumit & Bikin Pusing, 1Cara Membuat Prakarya di Papercraft, atau artikel Film lainnya dari Rismawati Idris.

ARTIKEL TERKAIT
Kesalahan Di Film Animasi Banner
10 Kesalahan di Film Animasi Terkenal yang Jarang Diketahui Orang-orang
Film Animasi Terbaik F8ba5 8fdf0 E1362
25+ Film Animasi Terbaik & Terbaru 2021 | Dari yang Kocak Sampai Bikin Banjir Air Mata
4c0af49ea5f244c598ee39c9ebae63e9
5 Film Animasi Terbaik Dan Sarat Makna Untuk Menemani Liburan
Anime Cgi Terbaik Banner Db169
7 Anime dengan CGI Terbaik, Lebih Bagus dari Film Animasi Disney!
Anime Grafis Mencengangkan Banner 879c4
7 Anime dengan Animasi Paling Memukau, Gak Ada dari Ghibli!
7 Film Animasi Horor Yang Bikin Merinding Gak Kalah Sama The Conjuring Adcff
7 Film Animasi Horor yang Bikin Merinding, Gak Kalah Serem Sama Valak!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal