Cara Menambahkan Kartu Vaksin di Apple Wallet, Mudah!

Default

Cara menambahkan kartu vaksin di Apple Wallet sangatlah mudah. Nantinya, kamu tak perlu lagi membuka aplikasi PeduliLindungi, apalagi saat bepergian ke luar negeri.

Apple Wallet sendiri merupakan aplikasi bawaan di iPhone dan Apple Watch yang mampu menyimpan berbagai macam dokumen resmi, mulai dari kartu transit, boarding pass, tiket, kartu reward, dan lainnya.

Kini, Apple Wallet sudah bisa menyimpan kartu vaksin Indonesia, khususnya jika kamu sudah terdaftar dalam program vaksinasi COVID-19. Jika kamu ingin tahu panduannya, silakan baca ulasan Jaka di bawah ini.

Tentang Kartu Vaksin COVID-19 dan Apple Wallet

Kartu Vaksin Apple Wallet 1 3f93a

Sumber foto: Kartu Vaksin COVID-19 dan Apple Wallet

Mulai iOS 15.1, pengguna Apple sudah bisa menyematkan kartu vaksin di dalam aplikasi Apple Wallet. Terobosan ini tentu sangat memudahkan masyarakat yang hendak bepergian ke luar negeri.

Alasannya, aplikasi PeduliLindungi masih belum terintegrasi dengan sistem birokrasi manapun di dunia. Kamupun tentu tidak mungkin membawa kartu vaksin fisik ke mana-mana. Itu sebabnya, kehadiran Apple Wallet menjadi solusi terbaik.

Sayangnya, berdasar penelusuran Jaka hingga artikel ini ditulis, Apple Wallet hanya mendukung kartu vaksin yang dikeluarkan komisi kesehatan di Eropa dan Amerika. Lalu bagaimana dengan Indonesia?

Cara Menambahkan Kartu Vaksin di Apple Wallet

Kartu Vaksin Apple Wallet 2 1d71e

Sumber foto: MakeMac - Cara Menambahkan Kartu Vaksin di Apple Wallet

Bagi pengguna Apple di Indonesia, jangan khawatir. Kamu masih bisa menambahkan kartu vaksin COVID-19 di Apple Wallet. Caranya adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama Pass4Wallet.

>>> Download Pass4Wallet di Apple App Store <<<

Berikut cara menambahkan kartu vaksin COVID 19 di aplikasi Wallet:

  1. Buka aplikasi PeduliLindugi.
  2. Download gambar kartu vaksin kamu ke aplikasi Photos.
  3. Buka aplikasi Pass4Wallet.
  4. pilih opsi Covid Passport.
  5. Pada bagian Scan QR Code, pilih Select from Photos.
  6. Cari gambar kartu vaksin, lalu pindai QR Code yang tertera.
  7. Lengkapi data di bagian bawah.
  8. Tekan Add to Wallet.

Jika sudah berhasil, kamu bisa langsung membuka aplikasi Apple Wallet. Nantinya, kamu bisa melihat kartu vaksinasi COVID-19 tertera di sana berkat bantuan Pass4Wallet.

Cara Aktifkan Fitur Apple Wallet

Cara mengaktifkan fitur Apple Wallet di perangkat iPhone sangatlah mudah. Kamu hanya perlu menekan dan menahan tombol Power sampai jendela Wallet muncul.

Seperti yang sudah Jaka jelaskan di atas, Apple Wallet mampu menyimpan berbagai jenis dokumen pribadi, mulai dari kartu debit, kartu kredit, boarding pass, hingga kartu vaksin.

Akhir Kata

Itulah panduan cara menambahkan kartu vaksin di Apple Wallet. Mudah sekali, bukan? Kini, kamu bisa mengakses kartu vaksin tanpa perlu membuka aplikasi PeduliLindungi.

Baca juga artikel Tech Healthcare, Gadget, atau artikel menarik lainnya dari Diptya

Tags Terkait: Apple
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal