J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Banyak Konten Dewasa, SARA, Hingga Lambang Zionis, Inilah 10 Video Game Paling Kontroversial

Banyak Konten Dewasa, SARA, Hingga Lambang Zionis, Inilah 10 Video Game Paling Kontroversial

Sabtu, 3 Jun 2017, 16:00 WIB
Tak sedikit video game yang kemudian ditarik kembali akibat menimbulkan keresahan pada masyarakat. Kali ini Jaka ingin mengulas tentang 10 video game yang sempat menimbulkan kontroversi. Simak yuk!

Sensor konten game yang awalnya hanya isu hangat di industri game, sekarang hal itu benar-benar terwujud. Ya, ketika pengembang game justru mengubah atau membuang beberapa konten di dalamnya agar sesuai dengan kebutuhan pasar, di sisi lain keputusan tersebut justru membuat sebagian gamer kecewa. Tetapi menyensor bukanlah tindakan tanpa alasan. Tak sedikit video game yang kemudian ditarik kembali akibat menimbulkan keresahan pada masyarakat.

Lalu, apakah penyesoran itu sudah benar dilakukan? Mungkin kita perlu mengecek sendiri mengapa video game tersebut dilarang. Kebanyakan karena memuat konten-konten sensitif, misalnya kekerasan, seks, SARA, dan lain sebagainya. Nah, kali ini Jaka ingin mengulas tentang 10 video game yang sempat menimbulkan kontroversi. Penasaran? Yuk, lanjutkan membacanya ya.

BACA JUGA
  • 7 Game Paling Kontroversial dan Diblokir di Beberapa Negara
  • 5 Game Sepak Bola Android Terbaik Gratis 2016
  • 8 Game Keren yang Berhasil Diadaptasi Menjadi Film

Banyak Konten Dewasa, SARA, Hingga Lambang Zionis, Inilah 10 Video Game Paling Kontroversial

1. RapeLay

8e9e14f13b4709f8526735b26a0be7f5

Kebanyakan video game yang mendapatkan penolakan biasanya karena kesalahpahaman dan perbedaan budaya. Jika kalian mengikuti perkembangan video game, seharusnya kalian sudah mengerti kenapa RapeLay menjadi pertama kali yang akan kita bahas di sini. RapeLay menjadi game kontroversial karena beberapa alasan yang kuat.

Selain memuat konten yang vulgar, RapeLay juga memiliki jalan cerita yang tidak senonoh dan terkesan hanya sekedar menjual kontroversi. Wajar RapeLay mendapat penolakan besar di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Namun, tidak semua negara menolaknya, di Amerika game ini boleh beredar walau dengan label rating AO yang artinya tidak semua kalangan bisa mendapatkannya. Meskipun begitu game ini rupanya bisa sangat mudah didapatkan melalui internet.

2. Manhunt 2

396d1109d4bf13428939b0a8f4d1142e

Rockstar Games kerap menimbulkan heboh dengan game buatannya, salah satunya adalah Manhunt 2. Jika sebelumnya mereka juga sukses membuat GTA (Grand Theft Auto) sebagai game kontroversial, kini mereka kembali mengulangi pada Manhunt 2. Lalu, apa yang membuat Manhunt 2 akhirnya dilarang di beberapa Negara?

Sebelum muncul yang kedua, seri sebelumnya juga sempat menjadi sumber kontroversi. Manhunt sempat menjadi perbincangan panas pada awal rilisnya, hal ini dikarenakan insiden tewasnya seorang siswa karena pembunuhan di Inggris yang diduga akibat pengaruh game ini.

Meskipun begitu, kejadian tersebut tidak lantas membuat Rockstar mengurangi intensitas sadisme di dalam Manhunt 2. Walaupun pada akhirnya Rockstar kemudian merilis kembali dengan versi revisinya, tetap tidak membuat game ini begitu saja dapat diterima oleh semua orang. Total ada 7 negara yang melarang game ini beredar, termasuk Inggris dan Jerman.

3. Tom Clancy s Ghost Recon Advanced Warfighter 2

C0fbde972be72baba4433bd0077cf0bc

Game ini sama sekali tidak memiliki konten kekerasan ataupun seksual, lalu kenapa dilarang? Tom Clancy s Ghost Recon Advanced Warfighter 2 adalah game yang menceritakan sebuah kota yang menjadi sarang pemberontak. Kebetulan tempat tersebut adalah kota Chihuahua dan Kota Juarez di Meksiko.

Kemudian hal ini menjadi kontroversial karena dirasa game ini menggambarkan keadaan kota yang tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya dan membuat Meksiko kemudian melarang game ini beredar di negaranya.

4. Postal 2

0321421e75d7d338bd7ff3240af0e7fe

Pada Postal 2, pemain akan diajak menembaki para warga dan pemberontak yang mengamuk di beberapa wilayah. Beberapa gamer menilai gameplay ini kocak, namun sejauh ini sudah 13 negara yang melarang game ini beredar.

Loh, kenapa? Rupanya game ini memiliki beberapa unsur yang tidak pantas dan dikhawatirkan menimbulkan masalah jika dimainkan. Sedikitnya unsur-unsur tersebut mencakup tentang rasisme, kekejaman terhadap hewan, kekerasan brutal, perbuatan tidak senonoh (pemain bisa pipis dan mengarahkannya ke orang), homophobia, dan lain sebagainya.

5. Custer s Revenge

F84c64a1c36d00cb8dd51b4b319269ae

Selama perkembangan teknologi video game, setiap game yang memuat unsur kontroversial hampir selalu paling laku di pasaran. Rupanya unsur seksualitas dan kekerasan bukan lagi hal baru di industri game.

Contohnya adalah game jadul yang paling terkenal sepanjang masa yaitu Custer s Revenge. Game cabul tersebut rupanya pertama kali dibuat pada tahun 1982. Saat pertama kali dirilis game ini sudah memicu kepanikan moral dan akhirnya beberapa negara melarang game ini beredar.

6. The Pokemon Trading Card Game

2dcceb28049a3910616ee7e4d9c99a41

Loh kenapa game ini dilarang? Dari judulnya saja game The Pokemon Trading Card Game, sepertinya sama sekali tidak memiliki muatan negatif. Rupanya hal ini tidak berlaku bagi beberapa negara yang memiliki kebijakan khusus.

Contohnya adalah Arab Saudi. Negara dari Timur Tengah tersebut memiliki sebuah aturan yang melarang adanya game elektronik yang berasal dari negara lain. Tak hanya itu, game ini juga dianggap berbahaya di negara tersebut. Mengapa?

Ternyata di dalam game ini terdapat simbol energi yang serupa dengan simbol bintang daud . Pasti kalian tahu jika itu merupakan simbol Zionisme dan kebetulan simbol tersebut merupakan lambang negara Israel.

7. Grand Theft Auto (GTA)

590c84ef485e4819bf6b1fa31f9b2b07

Siapa yang tak mengenal GTA? Game yang selalu menjadi kontroversi ini memiliki banyak unsur cerita tentang kekerasan dan kriminalitas. Meskipun begitu, tidak banyak negara yang kemudian melarangnya. Satu-satunya yang serius melarang beredarnya game ini adalah Thailand.

Hal ini diakibatkan kasus pembunuhan yang terjadi tahun 2008 di Bangkok, di mana seorang pemuda bernama Polwat Chino menumpangi sebuah taksi dan saat tiba waktu membayar, pemuda tersebut malah mengeluarkan pisau dan menusuk sopir tersebut sampai tewas. Diketahui dari laporan polisi rupanya Chino terinspirasi dari game GTA yang ia mainkan.

8. Command & Conquer: Generals

5dc65821b7385d569e14e7cce4fe296e

Game ini mengingatkan lagi jika sebuah game yang dilarang bukan semata-mata karena memuat konten kekerasan dan seksualitas saja, tetapi unsur politis juga ternyata mampu menyinggung beberapa pihak. Command & Conquer: Generals adalah sebuah game yang tidak hanya dilarang namun juga dikecam di beberapa negara.

Contohnya adalah China yang melarang keras game ini beredar. Alasan negara tersebut melarang game ini adalah karena terdapat beberapa gameplay yang dianggap menyinggung.

9. Bully

29ce84087bfc576d6ab3733dca24466f

Sekali lagi, game buatan Rockstar ini masuk ke dalam daftar game yang dilarang beredar. Game Bully menceritakan tentang anak sekolah di Inggris yang mencoba menguasai sekolah, tentu bisa dibayangkan bagaimana cara ia meraih tujuannya tersebut.

Rupanya game ini sudah dilarang di beberapa negara seperti Brasil, Inggris, dan Amerika Serikat. Karena berpotensi membahayakan para remaja yang memainkan game ini, negara Brasil bahkan memberikan denda US$300 bagi siapa pun yang memiliki dan memperjualbelikan game ini.

10. EA Sports MMA

D347b5add17c85f3569b10054930472d

Bukan karena menampilkan adegan kekerasan atau lainnya, game ini dilarang beredar karena masalah sepele, yaitu hanya karena iklan minuman energi. Rupanya diketahui iklan tersebut menampilkan cara untuk meramu kafein dan gula sebelum bertarung.

Cara tersebut bertentangan dengan aturan di Denmark. Negara tersebut akhirnya melarang game tersebut beredar. Meski tahu masalah ini timbul, pihak EA tetap memilih untuk membiarkan game ini dijual di pasaran.

Itulah 10 video game yang sempat dilarang peredarannya. Kamu punya daftar lain? Yuk, bagikan lewat kolom komentar di bawah ya.

ARTIKEL TERKAIT
Tanda Komputer Kena Hack

5 Tanda Komputer Kamu Kena Hack dan Cara Mengatasinya

Inilah 5 Hal Yang Dapat Merusak Komputer Para Gamer

Inilah 5 Hal yang Dapat Merusak Komputer Para Gamer!

Paket Internet Unlimited 58424

Daftar Harga Paket Internet Unlimited All Operator Terbaru 2020

Karakter Kartun Jika Sudah Dewasa Banner

Keren! Inilah 12 Ilustrasi Karakter Kartun Jika Sudah Dewasa

Kesalahan Sepele Banner

10 Kesalahan Sepele yang Terjadi dalam Kehidupan Tanpa Disadari!

APPS TERKAIT
Capsa Royale Icon
Capsa Royale 3.1.1
Games 88 Entertaiment
Coc Icon Icon
Clash of Clans 13.0.31
Games Supercell
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Dress Up Diary Icon
Dress Up Diary 1.3.43
Games Maingames
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Duh! 7 Game Seru ini Ternyata Dilarang, Ada yang Pernah Mainin?

Duh! 7 Game Seru ini Ternyata Dilarang, Ada yang Pernah Mainin?

10 Mitos Video Game yang Beredar di Indonesia, Padahal Belum Tentu Benar

10 Mitos Video Game yang Beredar di Indonesia, Padahal Belum Tentu Benar

Rekor-rekor dalam Video Game yang Berhasil Dicatat

Rekor-rekor dalam Video Game yang Berhasil Dicatat

5 Game Buatan Anak Bangsa Ini Pasti Bikin Kamu Tercengang

5 Game Buatan Anak Bangsa Ini Pasti Bikin Kamu Tercengang

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal