J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

10 Penemuan Paling Penting di Bidang Teknologi Hingga Saat Ini

Senin, 22 Mei 2017, 16:00 WIB
Di era ini, manusia hidup berdampingan dengan teknologi. Tanpa teknologi, manusia seperti kehilangan jiwanya. Beberapa penemuan teknologi yang bisa membuat pekerjaan manusia menjadi mudah saat ini.

Teknologi merupakan sebutan untuk alat yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia sehari-hari. Teknologi sudah ada sejak zaman dahulu dan terus berevolusi dari masa ke masa. Tidak muncul begitu saja bagaikan hadiah dari langit tetapi merupakan hasil kerja keras dari manusia untuk menemukan suatu teknologi yang bisa bermanfaat bagi manusia lainnya.

Dari sekian banyak teknologi yang bermunculan hingga saat ini, kali ini saya akan membahas beberapa teknologi penting yang telah ditemukan dan memiliki pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan keseharian kita di era digital seperti sekarang ini, jadi silakan disimak.

BACA JUGA
  • Bukannya Canggih, 4 Teknologi Masa Depan Ini Bisa Jadi Awal Kehancuran Umat Manusia
  • Penemuan Gorilla Glass Baru Anti Kuman dan Bakteri
  • Inilah Dampak yang Akan Terjadi Jika Google Tidak Ada di Dunia!

10 Penemuan Paling Penting di Bidang Teknologi Hingga Saat Ini

1. Komputer

Aa877ee1784d93dba6a3170755d6e805
Foto: pcadvisor.co.uk

Komputer merupakan salah satu penemuan di bidang teknologi yang paling revolusioner dan sangat penting. Berkat komputer, manusia bisa mengenal yang namanya era digital, suatu era di mana manusia menggunakan berbagai macam teknologi canggih. Ide dari komputer ini sendiri (komputer mekanis pertama) pertama kali dipelopori oleh Charles Babbage yang merupakan seorang ahli matematika asal Inggris namun ide tentang komputer modern seperti yang sudah kita kenal sekarang ini baru diajukan oleh Alan Turing tahun 1936.

2. Kendaraan

140b93b6b76dc47edbde768b97cab8ea

Kendaraan merupakan suatu teknologi yang kita gunakan untuk mempermudah bepergian ke suatu tempat dengan lebih cepat dan mudah. Kendaraan sendiri terbagi atas beberapa jenis yaitu kendaraan darat seperti motor dan mobil, kendaraan laut seperti kapal laut dan kendaraan udara seperti pesawat terbang. Berkat adanya kendaraan ini, manusia kini bisa bepergian ke mana saja di seluruh dunia tanpa harus terkendala jarak atau medan (darat, laut dan udara).

Kendaraan sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu, dimulai dari sekitar tahun 3500 SM ketika roda pertama kali ditemukan yang menjadi cikal bakal kendaraan modern dan pada masa inilah kapal laut pertama kali dikembangkan, sementara untuk kendaraan modern seperti motor pertama kali dirakit tahun 1885, mobil uap pertama kali didemonstrasikan tahun 1769 dan pesawat terbang pertama kali ditemukan tahun oleh Wright bersaudara tahun 1903.

3. Telepon dan Smartphone

Ad4a490990264f535bd1583ebfdb32b8
Foto: utmb.edu

Telepon merupakan sebuah alat yang kita gunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain yang berada jauh. Telepon menjadi sangat penting dalam kaitannya dengan penyampaian informasi secara cepat tanpa terkendala jarak. Di era digital seperti sekarang ini, telepon sudah mengalami evolusi menjadi handphone kemudian menjadi smartphone, sebuah perangkat telepon yang juga dilengkapi dengan fungsi komputer dan fungsi-fungsi lainnya.

Telepon ini sendiri sebenarnya ditemukan oleh Antonio Meucci pada tahun 1849 dan dipatenkan tahun 1871 bukan Alexander Graham Bell. Nama Alexander Graham Bell begitu terkenal sebagai penemu telepon hanya karena Antonio Meucci kalah dalam gugatannya kepada kantor paten Amerika terkait karyanya yang diklaim oleh Alexander Graham Bell. Untungnya tahun 2002, dunia akhirnya mengakui Meucci sebagai penemu telepon.

Dbe567c393d522018f7ef842215c7fd1
Foto: forbes.com

Untuk smartphone sendiri, berdasarkan catatan sejarah, IBM adalah pihak yang pertama kali menemukan smartphone pada tahun 1992.

4. Perangkat Lunak

A7c8c162b241be379983c2f31bac09cf
Foto: plus.google.com

Perangkat lunak atau software merupakan istilah yang digunakan untuk sekumpulan data dan yang disimpan secara digital, termasuk di dalamnya program komputer yang bisa dibaca dan ditulis dengan menggunakan komputer. Perangkat lunak telah menjadi bagian penting yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia di era digital ini, karena sama seperti komputer, perangkat lunak juga banyak membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Seorang wanita bernama Ada Lovelace disebut sebagai orang pertama yang menulis algoritma yang kemudian dikenal sebagai potongan software pertama pada abad 19 namun teori perangkat lunak secara utuh pertama kali diajukan oleh Alan Turing tahun 1935.

5. Internet

Db6eed04865a3fcc1cf62efc1bf7cb5c
Foto: dailytimes.com.pk

Saat ini, internet telah menjadi kebutuhan wajib bagi para pengguna komputer di seluruh dunia. Internet dapat menghubungkan para pengguna komputer di seluruh dunia untuk saling bertukar informasi entah itu mengirim data atau menerima data.

Berkat adanya internet, seseorang dari suatu negara bisa mengetahui kejadian di tempat lain. Internet pertama kali dipelopori oleh Robert W. Taylor pada tahun 1966, ketika ia menciptakan ARPANET yaitu sebuah jaringan komputer tunggal yang akhirnya berkembang menjadi internet.

6. Televisi

C0d11423e61003a965e4470664c37a8b
Foto: gadgetreview.com

Jauh sebelum komputer muncul, televisi merupakan salah satu media yang digunakan oleh kebanyakan manusia untuk mendapatkan informasi terkait kejadian di suatu tempat yang jauh. Selain sebagai media untuk mendapatkan informasi terkait suatu kejadian, televisi juga telah menjadi media edukasi bagi manusia dan hingga saat ini hampir semua orang di dunia ini memiliki yang namanya televisi.

Teknologi yang pertama kali ditemukan oleh John Logie Bard pada tahun 1923 dan didemonstrasikan tahun 1927 ini kini telah berevolusi menjadi televisi LCD yang memiliki kualitas gambar dan suara yang lebih bagus dan bentuk yang lebih ramping.**

7. Radio

5ed8dde860599933170b84255df945e8
Foto: pcworld.co.uk

Radio merupakan sebuah teknologi yang digunakan untuk mengirimkan sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik. Jauh sebelum televisi ada, Radio menjadi sebuah teknologi yang paling banyak digunakan untuk mendapatkan informasi. Meskipun hanya menghasilkan suara, radio tetap menjadi salah satu penemuan paling penting hingga saat ini karena dari pengembangan sinyal yang digunakan pada radio inilah bermunculan teknologi seperti radar, sistem navigasi, dan masih banyak lagi termasuk juga jaringan tanpa kabel (Wireless). Teknologi radio ini sendiri pertama kali ditemukan pada tahun 1895 oleh seorang pria asal Italia bernama Marconi.

8. Kamera

Eb360f92f5370a5ed4ad7ac72497f9b7
Foto: bestbuy.com

Kamera digital saat ini telah menjadi salah satu teknologi penting yang sering digunakan manusia untuk mengabadikan momen-momen tertentu. Teknologi kamera kini telah disematkan pada smarthphone yang menginspirasi munculnya teknologi video call atau video conference. Teknologi kamera ini sendiri pertama kali ditemukan oleh Johann Zahn pada tahun 1685.

9. Mesin Cetak

Be0064f6ccbc1117bfb752ec84159f2a
Foto: wikipedia.org

Mesin cetak merupakan sebuah teknologi yang sangat sering digunakan oleh manusia hingga saat ini. Pada era digital seperti sekarang ini, mesin cetak sudah berevolusi menjadi beberapa jenis seperti mesin fotokopi dan printer komputer atau printer digital.

Teknologi mesin cetak pertama sendiri sudah ada sejak zaman kejayaan kerajaan China ribuan tahun lalu, sementara untuk mesin fotokopi baru ditemukan sekitar tahun 1960-an. Bagaimana dengan printer komputer? Teknologi tersebut baru ditemukan sekitar tahun 1968.**

10. GPS (Global Positioning System)

6e0c737680a087abf27082343e53af61
Foto: epinium.com

Teknologi GPS merupakan teknologi yang sangat penting khususnya di era digital. Teknologi yang memungkinkan pengguna mendapatkan informasi lokasi tertentu ini telah banyak membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh manusia seperti membantu navigasi, pelacak kendaraan, pemantau gempa, dan masih banyak lagi.

Teknologi GPS ini sendiri pertama kali ditemukan oleh Roger Lee Easton (penemu ide dan orang yang membuat desain dari GPS), Bradford Parkinson dan Ivan Alexander Getting (pengembang pertama teknologi GPS).

Itulah tadi 10 penemuan paling penting di bidang teknologi yang memiliki pengaruh besar terhadap kehidupan manusia, semoga bermanfaat dan manakah di antara 10 penemuan di atas yang kalian rasa paling banyak memberikan pengaruh bagi kehidupan kalian?

Akhir kata, sampai jumpa dan jangan sungkan meninggalkan jejak di kolom komentar serta share ke teman-teman kalian ya.

ARTIKEL TERKAIT
10 Teknologi Yang Akan Menjadi Tren Di Tahun 2017

10 Teknologi yang Akan Menjadi Tren di Tahun 2017

10 Mitos Teknologi Ini Ternyata Menyesatkan

Jangan Tertipu! 10 Mitos Teknologi Ini Ternyata Menyesatkan (Part 2)

Teknologi Dulu Vs Sekarang 16

11 Teknologi Dulu VS Sekarang, Nomer 6 Bikin Shock!

Kecanduan Teknologi Banner

20 Ilustrasi Menyedihkan Tentang Kecanduan Manusia Terhadap Teknologi

Teknologi Merusak Hidup Banner

5 Teknologi Sehari-Hari yang Dapat Mengancam Keselamatan Penggunanya

APPS TERKAIT
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Camera360 Icon Small Icon
Camera360 Ultimate
Apps PINGUO Inc
Google Camera Logo 50b83
Google Camera 6.2.031.259661660
Apps Google Inc.
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
6 Teknologi Ini Telah Mengubah Cara Hidup Manusia Secara Drastis, Sadar Nggak?!

6 Teknologi Ini Telah Mengubah Cara Hidup Manusia Secara Drastis, Sadar Nggak?!

7 Teknologi Canggih Dan Mengagumkan Ini Mengubah Revolusi Dunia Manusia

7 Teknologi Canggih Dan Mengagumkan Ini Mengubah Revolusi Dunia Manusia

Susah Dapet Kerja! Inilah 5 Alasan Kenapa Anak Zaman Sekarang WAJIB Jago Teknologi

Susah Dapet Kerja! Inilah 5 Alasan Kenapa Anak Zaman Sekarang WAJIB Jago Teknologi

MENGERIKAN! 5 Teknologi Ini Paling Berpotensi Memusnahkan Umat Manusia

MENGERIKAN! 5 Teknologi Ini Paling Berpotensi Memusnahkan Umat Manusia

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal