Wow! Motor Buatan Mahasiswa Indonesia Ini Bisa Bergerak Mengikuti Bola Mata!

Jika kita berpikir mengenai penemu teknologi modern, pasti hal itu akan mengarahkan kita kepada negara-negara maju. Jepang dan Amerika adalah beberapa contoh yang akan muncul di benak kita, karena mereka adalah negara yang produktif dalam soal teknologi modern.

Namun siapa sangka, sebenarnya negara kita Indonesia juga tak kalah dari negara-negara maju. Beberapa waktu yang lalu, dalam acara yang bertajuk IT Innovation Gathering, di Universitas Brawijaya, Malang, dimana salah satu penemuan mahasiswa di sana berhasil mencuri perhatian, karena mereka membuat sebuah sepeda motor futuristik yang dapat digerakkan hanya dengan gerakan pupil mata.

BACA JUGA
  • 5 Motor Paling Laris di Indonesia 2016
  • Main Game di Android Dapat MOTOR dan Uang Jutaan Rupiah? Begini Caranya!
  • 10 Aplikasi Android untuk Pengendara Motor dan Mobil

Motor Buatan Mahasiswa Indonesia Ini Bisa Bergerak Mengikuti Bola Mata!

Motor Untuk Penyandang Difabel Yang Bergerak Mengikuti Pupil Mata

Dilansir dari Merdeka.com, mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya, memamerkan hasil inovasi sepeda motor cerdas, yang mereka beri nama Electric Mini Seater (EMS). Dimana mereka berjumlah 5 orang yaitu, Fitri Utaminingrum, Muhammad Ali Fauzi, Yulita Arum Sari, Renaldi Primaswara, dan Sigit Adinugroho.

Mahasisa Asal Malang Ciptakan Motor Cerdas Yang Berjalan Mengikuti Gerakan Bola Mata

Sepeda motor ini didesain khusus bagi para penyandang tuna daksa, yang tidak mempunyai kedua tangan. Oleh karena itu, motor ini dibuat agar bisa dikendarai hanya dengan mengikuti gerakan pupil mata dengan memanfaatkan sebuah kamera untuk merekam pergerakan mata, lalu diproses sebagai perintah.

Desain EMS ini juga secara kasat mata, tidak terlalu berbeda dengan sepeda motor pada umumnya, hanya saja ia tidak memiliki stang, melainkan diganti dengan kamera dan dilengkapi layar monitor sebagai speedometer dan pemantau proses komputer saat berjalan.

Ems

"Ketika pupil mata bergerak ke kanan, setir motor akan berbelok ke kanan, begitu juga sebaliknya. Komputer akan mengolah perintah dari posisi mata pengendaranya." Kata Abdurahman, salah seorang crew acara IT Innovation Gathering 2016, di GOR Pertamina Universitas Brawijaya.

Meski begitu hasil penelitian 6 bulan ini masih berupa prototype dan belum bekerja secara maksimal, progresnya sekitar 60-70% dari bentuk ideal. Akurasi pendeteksi pupilnya pun masih 83%.

Ems Buatan Universitas Brawijaya

Namun, tentunya ini adalah sebuah prestasi yang membanggakan, mengingat benda futuristik semacam itu biasanya hanya kita temukan di negara maju, dan juga menjadi sebuah motivasi bagi para anak muda untuk menjadi lebih kreatif.

ARTIKEL TERKAIT
Iphone 6s Dirantai
Video: Jangan Taruh iPhone 6S Kamu di Rantai Gear Motor atau Begini Akibatnya
Obeng Online Bengkel 61e9e
Motor Kamu Ngadat? Aplikasi Ini Akan Mudahkan Kamu Mencari Bengkel
Kenali Masalah Mesin Yamaha Menggunakan Revtranslator 9d843
Kenali Masalah Motor Yamaha Kamu dengan Aplikasi Ini
Banner Motobot
MOTOBOT, Robot Buatan Yamaha yang Bisa Naik Motor dan Balapan
APPS TERKAIT
Mini Motor Wrt Icon
Mini Motor WRT 2.0.9
Games SELVAS
Motorplus Icon
MotorPlus 1.08
Apps Automotive Digital Media
Motorcycle Safety Motosave Icon
Motorcycle safety MotoSave 1.31
Apps Grzegorz Małopolski
Servis Motor Manual Icon
Servis Motor Manual 1.5
Apps RIFEL
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal