Disia-siakan Indonesia, 5 Inovasi Anak Bangsa Ini Malah Dihargai Luar Negeri!

Indonesia kerap dipandang sebagai salah satu pasar paling menjanjikan oleh para perusahaan teknologi untuk menjual produknya. Hal itu gak salah memang. Tapi tahukah kamu kalo negara kita ini gak hanya pasar, tapi juga kreator.

Ya. Selama ini ternyata banyak karya dan inovasi anak bangsa yang gak berkembang akibat kurang diperhatikan sama negara. Alhasil, inovasi-inovasi tersebut malah diakui dan dihargai di negara lain. Apa aja sih inovasi-inovasinya? Berikut lima inovasi anak bangsa yang 'dibuang' Indonesia, tapi dihargai di luar negeri.

BACA JUGA
  • Inovasi Smartphone dari Zaman ke Zaman, Apakah Kamu Memperhatikannya?
  • 5 Inovasi Teknologi yang Tidak Sengaja Menguntungkan Manusia
  • Meski Banyak Kegagalan, 5 Inovasi Teknologi Smartphone Ini Sukses Dicintai Penggunanya

5 Inovasi Anak Bangsa Ini Malah Dihargai di Luar Negeri

1. Rompi Anti Kanker

Penemuan Indonesia 1

Warsito Taruno pernah menciptkan sebuah rompi yang dapat mencegah kanker lho. Dengan memadukan teknologi berbasis energi rendah dan terapi kanker, rompi ini diyakini bisa meminimalisir gejala kanker di tubuh penggunanya.

Gak mendapat lampu hijau dari Lembaga Kesehatan Indonesia untuk memproduksi secara massal, Warsito akhirnya mencoba peruntungan ke negeri Jepang. Ternyata, Negeri Sakura menghargai karyanya itu dan membantu produksi rompi anti kanker secara massal.

2. Kompor Hemat Bahan Bakar

Penemuan Indonesia 2

Sekilas kompor rancangan Muhammad Nurhuda ini memang mirip kompor minyak biasa. Tapi jangan salah, kompor yang satu ini seperti judulnya memang hemat bahan bakar. Ditambah lagi, kompor ini termasuk ramah lingkungan karena berbasis biomassa yang emisi gas buangnya jauh di bawah ambang batas yang ditetapkan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Gak memiliki banyak peminat di Tanah Air, kompor yang satu ini malah laku keras di Norwegia. Bahkan, peminatnya di salah satu negara Skandinavia itu jauh melampaui batas ekspektasi.

3. Mobil Listrik

Penemuan Indonesia 3

Selo. Bukan maksud Jaka menyuruh kamu untuk santai, tapi inilah nama mobil listrik hasil inovasi anak bangsa. Mobil ciptaan Ricky Elson ini pernah gak lolos uji emisi dan ditolak pemerintah Indonesia.

Tapi penolakan itu justru malah membawa hasil manis. Tawaran akhirnya datang dari negeri tetangga, Malaysia. Serius mau membantu Ricky mengembangkan proyek Selo, mobil listrik tersebit akhirnya resmi dipinang oleh Negeri Jiran.

4. 4G

Penemuan Indonesia 4

Era 3G sudah lama berlalu. Sekarang, mayoritas dari kita pasti menggunakan jaringan 4G untuk berinternet ria. Tahukah kamu kalo salah satu orang yang berjasa menemukan 4G adalah seorang anak bangsa? Ya, dia bernama Dr. Khoirul Anwar.

Lulusan ITB ini adalah penemu salah satu komponen utama yang menjadikan terciptanya jaringan 4G yang kita gunakan sekarang. Anwar sukses melakukan penelitian tersebut di Jepang. Dia sebenarnya ingin melakukan penelitian di Indonesia. Namun, kurangnya dukungan dari pemerintah membuat penelitiannya sulit berkembang maju.

5. Hart

Penemuan Indonesia 5

Pria Surabaya bernama Randall Hartolaksono sukses membuat sebuah inovasi yang kini digunakan banyak perusahaan otomotif dunia. Randall berhasil menemukan sebuah bahan anti-api dan anti-panas yang diciptakannya dari sampah, yaitu kulit singkong.

Siapa sangka, hasil ciptaan alumni Teknik Mesin University of London itu kini digunakan nyaris semua perusahaan otomotif sebagai salah satu komponen dalam kendaraan yang mereka produksi.

Akhir Kata

Itulah lima inovasi anak bangsa yang malah dihargai di luar negeri karena kurang mendapat apresiasi dari pemerintah Indonesia. Semoga lima inovasi di atas bisa jadi pelajaran supaya ke depannya, negara kita gak lagi kehilangan aset-aset berharganya dan malah diambil negara lain.

Baca juga artikel seputar Teknologi atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

ARTIKEL TERKAIT
Inovasi Teknologi Bikin Melotot Banner
10+ Inovasi Teknologi yang Membuat Mata Melotot dan Mulut Menganga
Inovasi Canggih Toilet Gak Penting
Bisa Ngomong?! Ini 5 Inovasi Toilet Canggih yang Sebenarnya Gak Penting
3e91d34e0cfe8054d279064150819f27
5 Inovasi Teknologi Ini Bikin Kualitas Kamera Smartphone Makin Oke!
Teknologi Restoran Cepat Saji 00
5 Inovasi Teknologi Super Keren di Restoran Cepat Saji
Teknologi Aneh Jepang 00
Ngakak! 20 Inovasi Teknologi Paling Aneh yang Cuma Ada di Jepang
APPS TERKAIT
3g4g Icon
3G 4G WiFi Maps & Speed Test 3.49
Apps OpenSignal.com
Internetspeedtest Icon
Internet Speed Test 3G,4G,Wifi 2.0.9
Apps Optimal Software s.r.o.
4G_mark
4Gmark (Speedtest & Benchmark) 1.5.3
Apps Trois Petits Points
3g4g Speed Optimizer Icon
3G/4G Speed Optimizer 1.3.0
Apps 김효준
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal