J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

13 Gambar Ilusi yang Pasti Bikin Kamu Pusing

13 Gambar Ilusi yang Pasti Bikin Kamu Pusing

Rabu, 21 Mar 2018, 12:00 WIB
Ilusi optik adalah ilusi yang terjadi karena kesalahan penangkapan mata manusia. Jadi ada anggapan konvensional bahwa terdapat ilusi yang bersifat fisiologis dan ilusi yang bersifat kognitif. Berikut JalanTikus sediakan 13 ilusi optik.

Kamu tau ilusi optik? Ilusi optik adalah ilusi yang terjadi karena kesalahan penangkapan mata manusia. Jadi ada anggapan konvensional bahwa terdapat ilusi yang bersifat fisiologis dan ilusi yang bersifat kognitif.

Ilusi fisiologis adalah kesan gambar yang terjadi setelah melihat cahaya yang sangat terang atau melihat pola gambar tertentu dalam waktu lama (biasanya terjadi pada after images). Hal ini diduga merupakan efek yang terjadi pada mata atau otak setelah mendapat rangsangan tertentu secara berlebihan.

BACA JUGA
  • Hayo Tebak Kucing Ini Naik atau Turun Tangga?
  • 10 ILUSI Kertas yang Bikin Kamu RUGI Jika Tidak Melihatnya
  • Ayo Tebak, Mana di Antara Daun-Daun Ini yang Merupakan Daun Palsu?

Sementara, ilusi kognitif diasumsikan terjadi karena anggapan pikiran terhadap sesuatu di luar. Pada umumnya ilusi kognitif dibagi menjadi ilusi ambigu, ilusi distorsi, ilusi paradoks dan ilusi fiksional.

Nah, denger-denger kamu suka main-main sama ilusi kan? Jadi, JalanTikus mau kasih kamu 13 ilusi optik yang pasti bikin kamu pusing dilansir dari 9gag. Coba deh, mampu nggak kamu pecahkan ilusi optik berikut ini:

13 Gambar Ilusi yang Pasti Bikin Kamu Pusing

1. Bisa nggak kamu menghitung jumlah bulatan hitam di gambar ini?

Illusion 1
Kalo kami sih bingung... Soalnya bulatan hitamnya lari-larian sih. Ngitung sebelah kanan, lari ke kiri. Ngitung sebelah kiri, pindah ke kanan. KZL! Jadi, pada saat kita memfokuskan pandangan, yang terlihat pasti bulatan putih. Sementara sekelilingnya menjadi hitam.

2. Coba kamu perhatiin deh bulatan di tengah pada gambar kiri dan kanan. Menurut kamu mana yang lebih gede?

Illusion 2

Gedean kanan? Atau kiri? Atau malah sama besar? Ilusi ini disebut Ebbinghaus illusion. Ditemukan oleh Herman Ebbinghaus, seorang psikologis dari Jerman pada awal 1900.

3. Menurut kamu ada berapa kaki si gajah?

Illusion 3

Gajah yang impossible ini digambar oleh scientist dari Amerika bernama Roger N. Shepard. Shepard menggambar telapak kaki gajah di ruang yang seharusnya kosong yang berada di antara kaki gajah yang asli.

4. Perhatikan dua garis diagonal pink di bawah ini. Menurut kamu mereka berbentuk sama atau berbeda?

Illusion 4
Hayooo jangan sampe kamu dibohongi mata kamu yaa.. Dua garis ini memiliki bentuk bayangan yang sama!

5. Menurut kamu ada berapa gerigi garpu di gambar bawah ini?

Illusion 5
Nah lho! Puyeng deh! Sama seperti kasus gajah Shepard di atas. Gerigi garpu di gambar di ruang yang seharusnya kosong.

6. Siap-siap pusing nih. Coba deh kamu fokusin pandangan kamu ke bagian tengah bulatan sambil menggerakkan kepalamu.

Illusion 6
Pasti pusing! Kami juga! Soalnya bulatannya seakan bergerak mengikuti pandangan kita.

7. Baca kalimat di bawah ini:

Illusions 7
Hayo ngaku siapa yang melewatkan kata _ the _? Biasanya orang-orang lupa membaca pengulangan kata _ the _ lho! Kamu salah satunya bukan?

8. Menurut kamu mana kotak hitam yang lebih besar? Yang di bawah atau yang di atas?

Illussions 8
Kalau kamu bilang gedean yang di atas berarti kamu salah. Keduanya memiliki ukuran yang sama!

9. Kamu lihat dua warna hijau yang berbeda di gambar ini?

Illussion 9
Percaya nggak sebenernya cuma ada satu warna hijau di gambar ini. Kita melihat warna hijau berbeda karena bagian atas disisipi persegi panjang berwarna kuning dan bagian bawahnya disisipi persegi panjang berwarna hitam.

10. Menurut kamu bulatan di bawah ini sempurna nggak?

Illusion 10
Kalau kamu bilang penyok-penyok, kamu salah. Bulatan ini sempurna. Yang menjadikannya terlihat penyok karena background segitiga di belakangnya.

11. Kira-kira kotak biru di tengah ini merupakan kotak sempurna atau nggak?

Illusion 11
Asli deh ini bikin admin bingung. Tapi bener loh kotak biru di atas ini kotak sempurna. Nggak penyok atau peyot. Tapi memang terlihat sedikit penyok karena background gambarnya. Sama seperti kasus bulatan penyok sebelumnya.

12. Perhatikan selama beberapa saat pada bulatan hitam di tengah.

Illusions 12
Kamu ngerasain ada yang aneh nggak? Jadi, semakin kamu fokus pada bulatan hitam di tengah, maka kamu akan melihat tepi bulatan ini makin memudar dan bisa hilang.

13. Tebak ini bangun 3 dimensi atau hanya gambar?

Illusion 13
Yep! Ini gambar yang dibuat Ramon Bruin berjudul Paper Rocks Optical Illusion.

Jadi, gambar mana aja yang berhasil menipu mata kamu? Jangan lupa kasih komentar di bawah dan share ke temen kamu ya.

9gag Icon Icon
9GAG 2.20.32
Apps Productivity 9GAG
DOWNLOAD

Artikel Menarik Lainnya

[gamesterkait]tebak-gambar,cerdas-cermat,onet-deluxe,tebak-gambar-jkt48[/gamesterkait]

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
10 Gambar Ilusi Optik Ini Bikin Otak Kamu Serasa Ingin Meledak

10 Gambar Ilusi Optik Ini Bikin Otak Kamu Serasa Ingin Meledak

Ngakak! Ini 16 Bukti Kita Gak Boleh Meremehkan Gambar Anak Kecil

Ngakak! Ini 16 Bukti Kita Gak Boleh Meremehkan Gambar Anak Kecil

30+ Kumpulan Gambar 3D Keren, Bisa Jadi Wallpaper!

30+ Kumpulan Gambar 3D Keren, Bisa Jadi Wallpaper!

Kumpulan 70 Foto & Gambar Lucu Terbaru & Tergokil, Ngakak Seharian!

Kumpulan 70 Foto & Gambar Lucu Terbaru & Tergokil, Ngakak Seharian!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal