J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Bukannya Dikecam 7 Bug Ini Malah Membuat Game Jadi Makin Terkenal

Bukannya Dikecam 7 Bug Ini Malah Membuat Game Jadi Makin Terkenal

Jumat, 24 Agt 2018, 16:00 WIB
Namun, tak banyak yang menduga jika bug atau glitches yang selama ini dikenal meresahkan, rupanya pernah membuat beberapa game menjadi lebih terkenal, dalam artian yang baik. Dari beberapa bug tersebut ada malah ada yang menjadi poin unggulan dari game itu sendiri.

Maka sama seperti banyak hal lain di muka bumi ini, tidak ada yang namanya kesempurnaan, termasuk juga video game. Terkadang, video game dipenuhi dengan bug atau glitches yang benar-benar mengganggu pengalaman bermain kita sebagai gamers. Jatuh ke bawah melewati area gelap dan terjebak dalam suatu ruangan, menjadi salah satu contoh yang paling umum.

Namun, tak banyak yang menduga jika bug atau glitches yang selama ini dikenal meresahkan, rupanya pernah membuat beberapa game menjadi lebih terkenal, dalam artian yang baik. Dari beberapa bug tersebut ada malah ada yang menjadi poin unggulan dari game itu sendiri.

Nah, kali ini Jaka akan mengulas tentang 7 Bug yang Malah Membuat Game Jadi Makin Terkenal. Yuk, langsung aja simak artikelnya.

BACA JUGA
  • 10 Bug Paling Aneh yang Pernah Ditemukan Dalam Game!
  • Jangan Dibuka! Ini 7 Bugs di Game Paling Bikin Ngeres
  • Pemain Tanpa Kepala? Ini 10 Bugs Paling Aneh di FIFA!

Bukannya Dikecam 7 Bug Ini Malah Membuat Game Jadi Makin Terkenal

1. Zoo Tycoon - Penguin Pembunuh

1 84a41

Zoo Tycoon sendiri merupakan game simulasi bisnis, dimana pemain menjalankan sebuah kebun binatang dan melakukan beragam aktivitas di dalamnya. Meningkatkan habitat hewan, melakukan perawatan hewan, dan mengalokasikan staf menjadi salah satu aktivitas rutin yang harus dilakukan. Nah, di dalam game pertamanya, terdapat sebuah bug cukup mengerikan dimana penguin kaisar yang ditempatkan di habitat yang sama dapat membunuh penguin lain yang memiliki spesies berbeda. Uniknya, di seri kedua, bug ini dihilangkan namun dipindahkan menjadi salah satu bagian dari gameplay itu sendiri. Jika pemain beruntung, maka pemain bisa mendapat Killer Penguin untuk dikembangbiakkan.

2. Team Fortress - Mata-Mata

2 E22ec
Awalnya, Team Fortress dikembangkan oleh sebuah tim yang membuat mod bagi game FPS bernama Quake pada tahun 1996. Ketika dibuatkan versi game resminya oleh Valve, tim pengembang ternyata sempat mengalami kesalahan yang mengakibatkan nama karakter tiba-tiba berubah warna, sehingga membuat karakter tersebut menjadi tampak seperti tim lawan. Nah, kesalahan ini pada akhirnya melahirkan Spy atau Mata-Mata, yang menjadi salah satu kelas karakter baru. Spy memiliki kemampuan untuk menyelinap ke tim lawan, lalu menyamar menjadi salah satu anggota mereka. Sejauh ini, sudah banyak game FPS yang juga menggunakan Spy sebagai salah satu kelas pada game mereka.

3. Mortal Kombat - Ermac & Baraka

3 E2ba8
Ermac dari franchise Mortal Kombat, pada awalnya lahir dari berita hoax buatan International Gaming Monthly pada tahun 1993. Nama Ermac sendiri berasal dari kata Error Macro, yang notabene merupakan sebuah bug yang sempat muncul di salah satu bagian game Mortal Kombat. Hal itu kemudian mendorong penggemar untuk mencari karakter rahasia bernama Ermac. Pada akhirnya, kesalahan tersebut direalisasikan ke dalam bentuk karakter bernama Ermac yang muncul pertama kali pada Mortal Kombat 3. Tak hanya Ermac, salah satu bug jurus bernama Whirling Dervish dari Baraka, juga mengilhami developer untuk menggunakan sebagai cara kematian salah satu karakter bernama Johnny Cage.

4. Street Fighter II - Jurus Combo

6 A4653

Street Fighter II dianggap sebagai salah satu game fighting paling berpengaruh sepanjang masa yang menginspirasi game-game fighting saat ini, seperti Tekken, Mortal Kombat, dan Injustice. Nah, ada satu hal pada Street Fighter II yang pada dasarnya merupakan sebuah bug, tapi sampai saat ini selalu diimplementasikan ke game-game fighting serupa. Terdapat sebuah bug bernama Cancelling, dimana pemain bisa melakukan jurus kedua, sebelum jurus pertama selesai dilakukan. Hal ini memungkinkan pemain untuk melakukan serangan yang tidak bisa ditahan. Dan pada akhirnya, bug melakukan dua jurus secara bersamaan ini, melahirkan konsep combo atau kombinasi serangan yang sering kita temui di beragam genre video game terutama fighting dan action.

5. Grand Theft Auto - Bug Polisi Agresif

5 Dbb64

Game original dari GTA yang dikembangkan oleh DMA Design (kini Rockstar North), pada faktanya hampir tidak pernah dirilis. Kala itu, game tersebut dipenuhi dengan bug yang sangat parah, yang membuatnya tidak mungkin untuk bisa dimainkan. Namun, seperti kasus-kasus lainnya, bug menyelamatkan sebuah video game. Bug dalam game tersebut rupanya memiliki kaitan dengan AI polisi, dimana polisi menjadi sangat agresif dan berusaha sekuat tenaga untuk menghancurkan mobil dari karakter pemain. Sisi baiknya, kesan menyenangkan yang dihadirkan oleh bug ini, membuat DMA Design merasa jika proyek ini layak untuk diselamatkan. Dan akhirnya, Grand Theft Auto yang dulu hampir gugur , dibangkitkan kembali dan menjadi salah satu franchise game terbaik sepanjang masa.

6. Legend Of Zelda - Bug Sakti yang Malah Memperkuat Link

4 08fee

Salah satu bug paling populer dari franchise Zelda, terletak di The Legend of Zelda: A Link to the Past, dimana karakter utama pemain yaitu Link, bisa menahan lalu melempar balik bola api Aghanim ke musuh. Nah, bug ini pada akhirnya membuat setiap seri dari The Legend Of Zelda, memiliki easter egg yang menarik untuk dicari. Alih-alih menyembunyikan bug tersebut rapat-rapat, developer malah memasukkan setiap bug tersebut kedalam setiap franchise Zelda. Jadi, hampir setiap franchise dari Zelda, memiliki bug membalikkan serangan musuh. Salah satu contohnya terdapat pada seri Ocarina Of Time, dimana pemain bisa membalikkan serangan Ganondorf lewat botol air yang kosong.

7. Space Invaders - Mempercepat Gerakan Alien Musuh

7 F152d
Space Invaders menjadi salah satu game paling berpengaruh di dunia, yang memperkenalkan apa itu difficulty curve, dimana setiap level baru yang dihadapi akan mengalami peningkatan kesulitan dan kecepatan. Namun, tak banyak yang mengetahui jika difficulty curve lahir melalui sebuah bug kinerja. Jumlah karakter musuh alien yang sangat banyak, membebani prosessor dan membuat game menjadi sangat lamban. Artinya, ketika musuh mulai jatuh dan menghilang, beban prosessor mulai berkurang dan game menjadi jauh lebih cepat dari biasanya. Fitur ini pada akhirnya dipertahankan di seri Space Invaders berikutnya, dan seri-seri game lain yang mengadopsi konsep serupa.

Akhir Kata

Demikian tadi informasi mengenai 7 Bug yang Malah Membuat Game Jadi Makin Terkenal. Sangat menarik memang, ketika mengetahui game-game favorit kita di masa lalu, rupanya memiliki cerita atau sejarah yang unik. Bahkan, beberapa di antaranya sampai mempengaruhi genre dan mekanisme gameplay dari game masa kini. Semoga bermanfaat!

ARTIKEL TERKAIT
Maxresdefault Picsay 95b8a

NGERI! 7 Legenda Monster Laut Paling Mengerikan di Dunia

24E6AB9D00000578 2919762 Betsy Davies Pictured Watched An Online Video Tutorial Before Be A 11 1421837618975 Picsay 5e4c0

7 Hacker Bocah Paling Cerdik dan Ditakuti Diseluruh Dunia

Banner A788b

5 Cara Mengatasi Laptop yang Sering Overheat, Dijamin Adem!

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Youtube Gaming Icon
YouTube Gaming 1.1.20.3
Apps Google Inc.
Google Chrome For Android Icon
Chrome Browser 81.0.4044.138
Apps Google
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal