J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Ngeri! Ini 5 Eksperimen Psikologis yang Berakibat Sangat Fatal

Ngeri! Ini 5 Eksperimen Psikologis yang Berakibat Sangat Fatal

Minggu, 15 Apr 2018, 14:00 WIB
Kepribadian manusia memang kerap kali menjadi bahasan yang menarik, begitu juga pagi para pakar ilmuwan psikologi. Beberapa eksperimen telah dilakukan untuk mencari tahu dan meneliti misteri kepribadian manusia, baik sebagai individu maupun makhluk sosial.

Kepribadian manusia memang kerap kali menjadi bahasan yang menarik, begitu juga pagi para pakar ilmuwan psikologi. Beberapa eksperimen telah dilakukan untuk mencari tahu dan meneliti misteri kepribadian manusia, baik sebagai individu maupun makhluk sosial.

Namun, sayangnya tidak semua eksperimen psikologis memberikan hasil yang positif. Ada beberapa eksperimen yang terbilang berlebihan bahkan gila, yang berakhir menyedihkan bagi para objek penelitiannya. Kali ini Jaka telah menyusun 5 Eksperimen Psikologis yang Berakibat Sangat Fatal. Simak ulasannya di bawah ini yuk!

BACA JUGA
  • 5 Eksperimen yang Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah
  • 5 Eksperimen Gila yang Pernah Dilakukan Kepada Manusia, Bahkan Ada Ulah Facebook!
  • 5 Spesies yang Tercipta dari Kegilaan Ilmu Pengetahuan

5 Eksperimen Psikologis yang Berakibat Fatal

1. Percobaan Penjara Stanford

Percobaan Penjara Stanford A3974
Sumber foto: How Stuff Works

Penelitian ini dilakukan oleh Dr. Philip Zimbordo pada tahun 1972, di mana eksperimen tersebut menempatkan 24 orang mahasiswa yang tidak memiliki catatan kriminal apa pun dan sehat secara psikologis dalam sebuah penjara buatan.

Ke-24 mahasiswa ini dijemput paksa dari rumah masing-masing layaknya penjahat sungguhan. Kemudian mereka ditempatkan di dalam penjara, di mana mereka diperlakukan secara kasar oleh para sipir yang juga merupakan bagian dari objek penelitian. Eksperimen ini awalnya direncanakan berlangsung selama 14 hari, namun akhirnya dihentikan pada hari keenam karena para tahanan mengaku sudah tidak kuat. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa orang-orang yang baik dan sehat secara psikologis dapat melakukan kejahatan bila dihadapkan dengan situasi yang memungkinkan mereka untuk melakukannya.

2. Monster Study

Monster Study D7063
Sumber foto: CBS News

Eksperimen ini dilakukan oleh Wendell Johnson terhadap 22 anak yatim di Devenport, Iowa, pada tahun 1939. Monster Study merupakan percobaan kegagapan bicara. Johnson memberikan terapi bicara kepada setengah dari anak-anak di penelitian dengan memberikan masukan positif, seperti memuji kelancaran berbicara mereka dan sebagainya.

Sementara anak-anak sisanya, mereka diterapi dengan ucapan-ucapan negatif. Hasilnya anak-anak yang sebelumnya normal menjadi menerima efek psikologis, seperti tidak mau bicara dan bahkan menjadi gagap setelah mendapatkan perlakuan negatif.

3. Percobaan Milgram

Percobaan Milgram 81805
Sumber foto: Telegraph

Pada eksperimen ini seseorang diminta untuk menyiksa orang lain yang baru dikenalnya. Percobaan ini dilakukan oleh Stanley Milgram seorang Profesor psikologis yang berasal dari Universitas Yale. Eksperimen yang dikenal dengan nama Percobaan Milgram ini untuk mengetahui sejauh mana orang dapat mematuhi perintah atasan ketika disuruh melakukan hal yang bertentangan dengan hati nurani mereka.

Pada penelitian ini seorang sukarelawan diberi peran menjadi guru yang bertugas memberikan sengatan listrik pada orang lain yang berperan sebagai murid, jika sang murid menjawab pertanyaan dengan salah. Tanpa sepengetahuan guru, sang murid adalah aktor yang sudah disiapkan oleh para peneliti. Murid akan terus berpura-pura menjawab pertanyaan secara salah, sehingga sang guru akan mengalami dilema. Penelitian ini dilakukan karena didasari oleh para mantan tentara Nazi Jerman yang mengaku melakukan penyiksaan hanya karena diperintah. Hasil dari eksperimen ini dari 40 orang yang menjadi peserta, sebanyak 26 orang mencapai tegangan tertinggi, sementara sisanya berhenti sebelum mencapai tingkat paling tinggi.

4. Unit 731

Unit 731 Ac5bc
Sumber foto: Listverse

Eksperimen kali ini berasal dari negeri matahari terbit, Jepang. Eksperimen ini dikenal dengan nama Unit 731. Unit 731 yang dipimpin oleh Jenderal Ishii Shiro berpusat di pinggiran kota Harbin dan bercabang ke Manchuria. Percobaan ini dilakukan kepada para tahanan perang untuk berbagai macam penelitian.

Salah satunya yang mengerikan adalah percobaan pembedahan organ manusia tanpa obat bius, untuk mengetahui efek penyakit yang dihasilkan. Memotong lengan untuk melihat proses kehilangan darah dan kemudian potongan tersebut disambung kembali tanpa diberi obat, untuk mempelajari pembusukan pada tubuh. Berbagai macam eksperimen mengerikan dilakukan ini menyebabkan banyak orang yang menjadi objek akhirnya meninggal dunia.

5. Eksperimen Kasih Sayang

Eksperimen Kasih Sayang 4cc61
[copyrigth]Onedio[/copyright]

Meski terdengar lebih lembut dari yang lainnya, eksperimen kasih sayang juga menimbulkan efek yang cukup fatal. Jika sebelumnya kebanyakan eksperimen menggunakan manusia sebagai objek, di eksperimen ini mereka menggunakan seekor monyet. Seorang psikolog bernama Harley Harlow, sangat tertarik dengan pemikiran tentang kasih sayang. Ketertarikannya ini pun diimplementasikan kepada sebuah eksperimen.

Ia memisahkan seekor anak monyet dengan induknya dan menempatkannya di sebuah lubang, di mana terdapat dua buah benda sebagai pengganti induknya. Pertama benda yang disebut 'ibu kawat' di mana benda tersebut mengeluarkan asupan makanan, yang lainnya benda yang dibentuk seperti monyet dengan dilapisi kain yang lembut. Saat monyet ditakuti dengan robot seram, monyet tersebut lebih memilih mendekat ke benda yang menyerupai monyet dengan dilapisi kain lembut. Hasilnya eksperimen ini menyatakan bahwa kenyamanan lebih penting daripada makanan untuk menjaga keterikatan.

Akhir Kata

Itulah 5 Eksperimen Psikologis yang Berakibat Sangat Fatal. Jadi bagaimana menurut kalian, apakah eksperimen seperti ini patut dilakukan? Tuliskan di kolom komentar di bawah ini ya!

ARTIKEL TERKAIT
Meme Ujian Nasional 2018 03f77

Gak Perlu Stress, 10 Meme Ujian Nasional Ini Dijamin Bisa Menghiburmu

Foto Efek Global Warming Dunia

9 Foto Menyeramkan Efek Global Warming di Seluruh Dunia, Pertanda Kiamat?

Video Game Wallpaper Phone For Widescreen Wallpaper C6648

5 Penjahat di Video Games yang Sebenarnya Baik Hati

Top Aa9fc

5 Top Player Indonesia dengan Pertandingan Paling Banyak

Banner 079eb

5 Hal Ini Ternyata Lebih Seram Daripada Ketemu Hantu

APPS TERKAIT
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Youtube Logo 6cd54
YouTube 15.11.34
Apps Google Inc.
Buzz Up Viral Videosok Icon
Buzz Up! - Viral Videos 5.1.2
Apps Mainspring
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
10 Eksperimen Sains Paling Gila yang Pernah Ada

10 Eksperimen Sains Paling Gila yang Pernah Ada

5 Eksperimen yang Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah

5 Eksperimen yang Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah

Jangan Lengah! Ini 5 Aplikasi Smartphone yang Ternyata Berbahaya Untuk Anak-anak

Jangan Lengah! Ini 5 Aplikasi Smartphone yang Ternyata Berbahaya Untuk Anak-anak

5 Hal Menyebalkan yang Sering Dialami Anak IT

5 Hal Menyebalkan yang Sering Dialami Anak IT

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal