7 Video Game Paling Kontroversial Sepanjang Masa | Mainnya Bikin Dosa!

Default

Industri game sering kali terkait dengan kontroversi. Setelah adanya kebohongan besar dari dunia game, kini juga ada game-game yang paling kontroversial.

Padahal, ada di antaranya yang merupakan game dengan nama besar dan memiliki penggemar luas. Pemainnya pun tersebar di berbagai rentang usia, termasuk anak-anak.

Oleh karena itu, video game paling kontroversial di bawah ini terpaksa diberikan rating khusus dewasa hingga dilarang beredar di berbagai negara.

7 Video Game yang Paling Menuai Kontroversi

Bukan cuma film, video game pun bisa dianggap kontroversial oleh sebagian kalangan. Biasanya, pendapat tersebut dipicu oleh isi dalam game, seperti kekerasan, seksual, hingga narkoba.

Jika nggak dibatasi, maka anak-anak yang belum cukup umur pun bisa memainkan gamenya. Kondisi ini dikhawatirkan dapat memengaruhi pola pikir mereka yang akan mewajarkan hal-hal negatif tersebut.

Supaya kamu nggak penasaran apa saja video game yang menuai kontroversi di banyak negara, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Mortal Kombat

Mortal Kombat Fc527

Serial game fighting lengendaris satu ini pasti sudah sering kamu dengar. Meskipun memiliki ketenaran tinggi, namun Mortal Kombat juga nggak lepas dari berbagai kontroversi.

Sejak dulu, serial game yang dirilis pada 1992 ini nggak pernah ragu untuk menyajikan visual darah dan gore, contohnya ketika Johnny Cage memukul kepala karakter lain sampai lepas, atau Sub-Zero yang mencabik tulang punggung lawannya.

Tapi, apakah kamu tahu kalau sebenarnya karakter Johnny Cage didasarkan pada aktor Jean-Claude Van Damme? Kalau kamu perhatikan, gaya bertarung Cage pun serupa dengan Van Dame di film-filmnya.

2. Night Trap

Night Trap Bb7f4

Pada game Night Trap, pemain berperan sebagai agen spesial yang ditugaskan untuk mengawasi beberapa remaja perempuan yang menginap bersama. Sayangnya, mereka tidak tahu bahwa rumah yang mereka tinggali penuh dengan bahaya.

Meskipun cukup seru karena berformat full motion video (FMV) yang terkesan seperti film, namun game yang dirilis untuk jenis konsol game Sega CD ini dianggap mempromosikan kekerasan dan serangan seksual terhadap perempuan.

Akibatnya, Senat Amerika Serikat menciptakan Entertainment Software Rating Board (ESRB) yang memberikan rating untuk game-game yang dirilis. Hal ini dilakukan agar game serupa hanya bisa dimainkan oleh pemain yang cukup umur.

3. Carmageddon

Carmageddon 69627

Meskipun game balap mobil sudah banyak macamnya, namun biasanya mereka nggak memberikan poin tambahan jika kamu menabrak para pejalan kaki di trotoar.

Unsur kekerasan seperti itulah yang mengakibatkan Carmageddon disensor di beberapa negara, salah satunya adalah Jerman. Negara ini mengganti para pejalan kaki menjadi zombie dan robot.

Berbeda dengan Jerman, Brazil justru melarang peredaran game ini sepenuhnya. Sementara itu di Australia, Carmageddon bisa dijual secara bebas, namun dilabeli rating MA15+ yang berarti hanya gamer di atas 15 tahun yang boleh memainkannya.

4. Manhunt

Manhunt 1fd9c

Jika Australia bisa membebaskan penjualan Carmageddon, maka tidak halnya dengan game satu ini. Manhunt yang merupakan salah satu game rilisan Rockstar Games penuh dengan eksekusi sadis, sehingga dianggap sebagai salah satu game paling keras dan eksplisit.

Selain Australia, Selandia Baru juga melarang penjualan game ini. Sementara itu, Jerman menyita semua versi Manhunt karena melanggar larangan penayangan adegan kekerasan.

Belum cukup sampai di situ, Manhunt juga diduga menjadi penyebab pembunuhan seorang remaja berusia 14 tahun di Inggris. Berdasarkan laporan media, si pembunuh terinspirasi dari game ini, meskipun pada akhirnya dugaan tersebut dibantah oleh pihak pengadilan.

5. Grand Theft Auto

Grand Theft Auto 1729c

Sudah bukan hal mengejutkan jika GTA dianggap kontroversial, bahkan anggapan tersebut sudah ada sejak awal kemunculannya. Hal ini pun terus berlanjut pada GTA V yang terlibat skandal besar.

Seperti yang sudah banyak diketahui, GTA memuat adegan kekerasan, pembunuhan, penyalahgunaan narkoba, hingga penyiksaan. Rocktar Games selaku penerbit GTA juga terlibat sengketa hukum dengan para selebriti yang merasa dirugikan oleh game ini, seperti Daz Dillinger, Karen Gravano, dan Lindsay Lohan.

Meskipun sangat populer dan menjanjikan secara finansial, namun beberapa negara tetap memutuskan untuk melarang penjualan GTA, seperti Thailand dan Uni Emirat Arab.

6. Postal

Postal 0ac33

Game Postal sebenarnya sudah lama dirilis, yaitu pada 1997, oleh Ripcord Games. Namun, hingga kini judulnya masih diingat sebagai salah satu game paling kontroversial.

Cerita pada game ini berpusat pada seorang pria dengan masalah kesehatan mental yang membunuh banyak rakyat sipil serta polisi. Saking populernya, game Postal diangkat menjadi sebuah film berjudul sama pada 2007.

Selain film, game ini juga memiliki sekuel, yaitu Postal 2. Sama seperti pendahulunya, game yang dirilis pada 2003 tersebut penuh kontroversi hingga di-ban di Selandia Baru, Australia, Malaysia, Jerman, dan Swedia.

7. Leisure Suit Larry

Leisure Suit Larry 9b6c8

Sebagai serial video game bertema dewasa, Leisure Suit Larry dipenuhi oleh berbagai lelucon cabul, sindiran seksual, misi untuk menggoda perempuan, dan adegan ranjang yang justru konyol. Tapi, hal-hal tersebut malah sukses menarik banyak pemain sejak awal dirilis pada 1987.

Meskipun demikian, salah satu gamenya yang berjudul Leisure Suit Larry: Magna Cum Laude dianggap kebablasan pada 2004. Akibatnya, Australia bahkan menolak memberikan rating untuk game ini dan secara tegas melarang penjualannya.

Hingga saat ini, sudah ada 12 game dalam serial Leisure Suit Larry, termasuk Leisure Suit Larry: Wet Dreams Dry Twice yang dirilis pada Oktober 2020 lalu.

Akhir Kata

Itu dia video game paling kontroversial yang pernah dibuat. Meskipun terkenal dan banyak peminatnya, namun game-game di atas dianggap dapat merusak moral para pemainnya, apalagi jika masih di bawah umur.

Oleh karena itu, langkah-langkah pencegahan seperti memberi rating dewasa hingga melarang penjualannya diambil oleh beberapa negara demi menekan efek negatif yang mungkin ditimbulkan. Bagaimana menurutmu, apakah game-game tersebut masih layak dimainkan?

Baca juga artikel seputar Games atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
Game Balap Motor Terbaik Banner F549f
12 Game Balapan Motor Terbaik 2019 untuk Android & PC | Moto GP atau Drag Race!
Game Balap Mobil Pc Terbaik 2019 Banner Ab959
10 Game Balapan Mobil PC Terbaru & Terbaik di 2019 | Grafis Realistis Abis!
15 Game Fps Offline Android Pc Terbaik 2020 Grafis Hd Tapi Tetep Enteng 9b83a
15 Game FPS Offline Android & PC Terbaik 2020, Grafis HD Tapi Tetep Enteng!
16 Game Moba Terbaik 2020 Di Android Dan Pc Gratis Dan Bikin Nagih D8393
16 Game MOBA Terbaik 2020 di Android dan PC, Gratis dan Bikin Nagih!
Game Memasak 6eb2f
10 Game Memasak Offline Android & PC Terbaik 2020 | Paling Seru!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal