5 Tim Esports yang Terpaksa Bubar Jalan, Kurang Berprestasi?

Default

Industri esports memang cukup menjanjikan bagi pemain dan tim yang bisa bertahan dan meraih sejumlah prestasi yang membanggakan.

Sayangnya, hal ini berbanding terbalik bagi tim yang penampilannya kurang maksimal hingga sulit meraih kemenangan di berbagai turnamen.

Tidak hanya itu, tim yang kesulitan mendapat pendanaan hingga tim yang sempat terseret kontroversi pun akan sulit bertahan di industri esports.

Pada akhirnya, ada beberapa tim esports yang terpaksa bubar jalan karena alasan tertentu. Biar lebih jelas, simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

1. BOOM Esports (AoV & COD: Mobile)

Boom 072e5

BOOM Esports punya segudang prestasi lewat sejumlah divisi. Bahkan tim ini sampai melebarkan sayap ke Brasil untuk membentuk divisi CS:GO internasional.

Sayangnya, tim inti divisi AoV justru dibubarkan meski sudah menjuarai ASL Season 4 dan berkesempatan tampil di AoV International Championship 2020 (AIC).

Selain itu, BOOM Esports juga membubarkan divisi COD: Mobile. Sebab, turnamen COD: Mobile di Indonesia memang begitu minim dan kurang peminat.

Pembubaran yang dilakukan oleh tim esports yang mendunia ini dilatarbelakangi oleh kepastian nasib dan karier mereka untuk meraih juara di ajang bergengsi.

2. EVOS AOV

Evos Aov 01fac

Selama berkarier, divisi AoV dari tim EVOS Esports kerap mendominasi turnamen yang diikuti. Tim ini bahkan menjuarai ASL Indonesia empat musim berturut-turut.

Nahas, tim esports yang buka cabang di luar negeri ini terpaksa membubarkan divisi AoV meski sudah menorehkan pretasi yang gemilang. Kok bisa?

Salah satu alasannya karena minimnya turnamen game AoV di tanah air. Kalau pun ada turnamen AoV di Indonesia, popularitasnya tetap kalah dari game pesaingnya, Mobile Legends.

3. Siren Moon

Sirenmoon Fbe7d

Kabar buruk juga menimpa pro scene ladies di divisi Mobile Legends. Tim Siren Moon resmi dibubarkan pasca gelaran Woman Star League beberapa waktu lalu.

Padahal, Siren Moon adalah salah satu tim esports Mobile Legends ladies terkuat di Indonesia. Tim ini merupakan runner-up WSL Season 1 dan juara tiga di Season 2.

Belum jelas alasan pembubaran Siren Moon. Tapi sebelumnya, Najel Mikasa dan Valanyr jadi pro player cewek yang tersandung kontroversi dalam WSL Season 2.

4. ION Esports

Ion 35766

ION Esports sanggup menampilkan performa yang sangat luar biasa di PMPL ID Season 2 lalu dengan menempati peringkat ke 2 di babak reguler.

Tapi, penampilan ION Esports di babak Grand Final justru anjlok. Mereka pun hanya menempati posisi ke-8 sehingga gagal lolos ke babak PMPL SEA.

Ironis, ION Esports bubar setelah PMPL ID Season 2 usai. Padahal, tim ini mendapatkan jatah otomatis ke PMPL ID Season 3 karena lolos ke Grand Final Season 2.

Kabar bubarnya ION Esports pun memang cukup disayangkan mengingat performa tim ini yang dibilang cukup baik dan sempat menyaingi Bigetron RA.

5. RRQ Athena

Rrq Athena Bc42b

Selain dikenal dengan divisi Mobile Legends, Team RRQ juga dikenal dengan divisi PUBG Mobile-nya yang dijuluki RRQ Athena.

Tim esports PUBG Mobile asal Thailand ini membuktikan kekuatannya dengan menjuarai turnamen resmi PUBGM pertama, yakni PUBG Mobile Star Challenge 2018.

Meski memiliki pencapaian yang memuaskan dengan meraih 4 gelar juara, RRQ Athena akhirnya melepas seluruh roster alias bubar jalan.

Akhir Kata

Itulah 5 tim esports yang terpaksa bubar jalan karena berbagai alasan, misalnya karena masalah performa, kalah popularitas, hingga tersandung kontroversi.

Baca juga artikel seputar Esports atau artikel menarik lainnya dari Reishatia.

BACA JUGA

5 Artis Indonesia yang Lebih Tinggi dari Suaminya | Kelewat Semampai!

Daftar dan Cara Menukar Kode Redeem FF Terbaru April 2021 | 100% Works!

Tembus 1,5 Juta Views, Ini 5 Pertandingan Paling Banyak Ditonton di MPL Season 7

10 Aplikasi Edit Video PC Gratis Terbaik 2021, Ringan & Banyak Fitur!

4 Fakta Menarik Putri Steve Jobs | Hobi Gonta-Ganti Pacar!

ARTIKEL TERKAIT
Musisi Yang Terjun Ke Dunia Esports 0589d
5 Musisi Ternama yang Terjun ke Dunia Esports, Makin Sukses!
Pro Player Yang Bikin Tim Esports Sendiri 7f6d3
Epic Comeback! 5 Pro Player Ini Bikin Tim Esports Sendiri!
Atlet Esports Cewek Yang Sudah Pensiun E3b8e
5 Atlet Esports Cewek Indonesia yang Pensiun dari Pro Scene, Kenapa?
Pro Player Yang Jadi Pelatih 7f8d4
5 Pro Player Indonesia yang Jadi Pelatih Tim Esports, Sejago Itu?
Atlet Esports Indonesia Yang Berkarir Di Luar Negeri 07c9c
5 Atlet Esports Indonesia yang Berkarier di Luar Negeri, Bikin Bangga!
Tim Esports Indonesia Yang Pernah Juara Dunia 3fd07
5 Tim Esports Indonesia yang Sabet Gelar Juara Dunia, INDOPRIDE!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal