Harus Tahu! Ini 3 Organisasi Esports di Indonesia Beserta Tanggung Jawabnya

Kalau sepak bola dinaungi oleh PSSI, dan bulutangkis juga dibina PBSI, lantas, apa organisasi yang membidangi eSports ya?

Sobat Jaka, jangan mengaku penggemar eSports kalau kamu belum tahu apa saja organisasi yang menaungi industri game daring di Tanah Air.

Industri eSports kian berkembang dalam dekade terakhir, membuat berbagai pihak sadar jika perlu adanya wadah yang mampu menaungi para pemain dan tim eSports.

Kemudian, dibentuklah berbagai organisasi yang bisa berbagi tugas dan tanggung jawab untuk bersama-sama membesarkan industri eSports di Indonesia.

Saat ini, setidaknya tercatat tiga lembaga resmi yang menaungi eSports Indonesia, mulai dari organisasi bentukan pemerintah hingga asosiasi dari tim eSports itu sendiri.

Nih, Jaka kasih tahu 3 organisasi eSports yang ada di Indonesia, lengkap beserta tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.

1. Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI)

PBESI Bcd0a

Awal tahun 2020 lalu, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) meresmikan Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI). Dengan demikian, eSports resmi diakui sebagai salah satu cabang olahraga.

Menpora Zainudin Amali lantas menunjuk Kepala Badan Intelijen Negara, Jenderal Pol (Purnawirawan) Budi Gunawan sebagai ketua umum PBESI, dan Sandiaga Uni sebagai Dewan Pembina PBESI.

Meski tergolong baru, namun PB eSports sudah mengemban tanggung jawab untuk membuat regulasi yang mengatur eSports Indonesia agar lebih jelas dan terarah.

Baru-baru ini, PBESI juga menggelar webinar bertajuk Esports: Olahraga atau Bukan?" pada Rabu (10/03), menghadirkan eks pro player eSports, Benny Moza dan Bangpen.

Hal ini sebagai upaya PBESI mengedukasi masyarakat jika eSports adalah salah satu cabang olahraga prestasi dan menjanjikan, dan juga penyambutan eSports sebagai salah satu cabor eksibisi di PON 2021.

2. Asosiasi Olahraga Video Game Indonesia (AVGI)

AVGI2 C512f

Asosiasi Olahraga Video Game Indonesia (AVGI) resmi dibentuk pada 16 Juli 2019, yang dipimpin oleh eks pemilik tim ONIC eSports, yakni Rob Clinton Kardinal.

Pada awal pendiriannya, AVGI memang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mendata para pemain eSports Indonesia, baik profesional maupun non-profesional yang tidak terikat dengan tim manapun.

Langkah ini diambil untuk memudahkan penjaringan atlet pada kejuaraan eSports nasional dan menuju kancah internasional.

Namun saat ini, tujuan besar dari asosiasi ini bergeser, yakni untuk membantu sosialisasi kepada masyarakat soal video game dan eSports sebagai sebuah gaya hidup masa kini, yang juga bisa membawa prestasi.

3. Indonesia eSports Association (IESPA)

IESPA2 A2557

Indonesia eSports Association (IESPA) dapat dikatakan sebagai organisasi pertama yang menaungi eSports di Tanah Air, tepatnya sejak dibentuk pada 1 April 2014 lalu.

IESPA saat ini masih dipimpin oleh Eddy Lim, dan bertanggung jawab membidangi game online, game offline, game developing, serta team gaming yang ada di Indonesia.

IESPA juga bertanggung jawab menyeleksi atlet eSports untuk dilatih di pelatnas, dan nantinya membela Merah Putih di kompetisi level internasional, seperti misalnya saat Asian Games 2018 dan SEA Games 2019.

Berbeda dengan PBESI, IESPA punya afiliasi dengan organisasi internasional, yaitu Asian eSports Federation (AeSF) dan International Esports Federation (IeSF), serta anggota dari Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC).

Akhir Kata

Nah, sudah tahu kan 3 organisasi besar yang menaungi industri eSports di Indonesia.

Maka, kamu nggak perlu khawatir lagi jika ingin terjun ke dunia eSports, karena industri ini sudah diakui pemerintah Indonesia dan punya jenjang hingga di level internasional.

BACA JUGA

Mengenal Pak Dadang, Pecatur Indonesia yang Kalahkan Gamer Catur Dunia

5 Inovasi Teknologi yang Gagal Mengubah Dunia, Mau Untung Malah Buntung!

7 Artis Indonesia yang Nikah Dengan Kru TV | Mas Pur Hingga Menteri

10 Fakta Ini Bakal Mengubah Pandanganmu Tentang Afrika, Udah Modern!

7 Anak Artis Indonesia yang Punya Banyak Haters, Iri Bilang Bos!

ARTIKEL TERKAIT
Cover Player Kembar 4181d
4 Pemain Esports Indonesia yang Kembar Identik, Mending Satu Tim atau Saingan?
Pro Player Asing Di Tim Esports Indonesia 84914
5 Pro Player Asing yang Diboyong Tim Esports Indonesia, Sejago Apa?
Atlet Esports Indonesia Yang Diakui Dunia A06b1
5 Pro Player Indonesia yang Mendunia, Diboyong Tim Luar Negeri!
Pemain Sepak Bola Dunia Yang Terjun Ke Dunia Esports Banner 4772a
5 Pemain Sepak Bola Dunia yang Terjun ke Dunia Game, Bikin Tim Esports!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal