7 Maskot Video Game yang Semakin Terlupakan, Sudah Ketinggalan Zaman?

Default

Ketika bermain game, mungkin kebanyakan orang lebih banyak berfokus pada jalan cerita dan hal teknis pada game yang dimainkan.

Tapi, tanpa disadari, karakter yang mereka kendalikan di game tersebut juga menjadi unsur penting yang tidak boleh diabaikan.

Meskipun ada karakter game yang kontroversial, namun tidak sedikit juga yang membawa dampak baik pada game tempatnya muncul hingga dijadikan sebagai maskot.

Sayangnya, popularitas beberapa maskot game semakin tergeser seiring berjalannya waktu. Berikut adalah contoh maskot game yang sempat terkenal, namun sekarang justru dilupakan.

7 Maskot Video Game Terkenal yang Kini Dilupakan

Gameplay, kontrol, dan grafis menjadi tiga unsur penilaian penting dalam sebuah game. Namun, ada lagi satu hal krusial yang bisa membuat game semakin menarik, yaitu maskot.

Beberapa berhasil terkenal dan masih digemari hingga sekarang, contohnya Mario dan Sonic. Saking tenarnya, karakter-karakter ini dibuat dalam versi film.

Tapi, ada juga maskot-maskot game yang semakin terlupakan akibat penjualan gamenya yang terus menurun atau kesalahan strategi dari pihak publisher.

1. Wild Woody

Wild Woody Ed039

Maskot video game yang terlupakan pertama adalah Wild Woody, sebuah pensil yang memiliki wajah, tangan, dan kaki. Wild Woody menjadi maskot untuk game bernama sama yang dirilis oleh Sega pada 1995.

Ia harus keliling dunia untuk mengumpulkan bagian-bagian dari tiang totem yang membuatnya menjadi makhluk hidup.

Meskipun bukan game grafis terbaik, namun Wild Woody mendapatkan pujian yang lumayan untuk visual dan musiknya. Di sisi lain, game ini juga mendapatkan kritik akibat kontrol yang payah, sehingga sangat sulit untuk memainkannya.

2. Vectorman

Vectorman 86f1b

Masih pada 1995, video game lain yang juga memiliki maskot unik adalah Vectorman. Dirilis untuk Sega Genesis alias Mega Drive, Vectorman banyak dianggap sebagai kompetitor game Nintendo terkenal, Donkey Kong Country.

Game action ini mengharuskan pemain untuk menembak apa pun yang ada di hadapan mereka. Selain itu, Vectorman yang dikendalikan oleh pemain juga bisa berubah menjadi bor atau bom untuk menghancurkan musuh.

Sayangnya, maskot Vectorman hanya muncul di dua judul game. Padahal, game ketiganya sudah dalam tahap pengembangan, namun Sega dan pihak developer, BlueSky Software, mengakhiri hubungan kerja.

3. Voodoo Vince

Voodoo Vince Bae53

Hal seru dari game Voodoo Vince adalah adanya unsur dark magic. Vince, boneka voodoo dan maskot game ini, bisa menggunakan berbagai item untuk menyakiti dirinya yang menyebabkan musuh-musuhnya ikut terluka.

Selain menggunakan unsur voodoo, pemain juga masih bisa melakukan serangan fisik, seperti pukulan dan tendangan. Perpaduan gaya bertarung ini mendapatkan banyak pujian dari para kritikus game.

Voodoo Vince juga memiliki soundtrack game terbaik karya komposer Steve Kirk. Meskipun tidak pernah mendapatkan sekuel, namun game ini telah di-remaster dan dirilis untuk Xbox One serta PC pada 2017.

4. Alex Kidd

Alex Kidd 97a78

Pada 1980-an ketika karakter Mario dari Nintendo menjadi maskot game yang sangat terkenal, berbagai perusahaan game berlomba-lomba untuk menciptakan saingannya. Nah, Alex Kidd hadir sebagai maskot andalan dari Sega.

Sayangnya, ketika Sega berhasil menciptakan karakter hit Sonic the Hedgehog pada 1991, Alex Kidd seolah terlupakan. Tampaknya, maskot pada game Alex Kidd in Miracle World ini tidak cukup keren untuk dekade tersebut.

Meskipun demikian, ia pernah muncul sebagai cameo di beberapa game Sega, seperti Sonic & Sega All-Stars Racing pada 2010. Selain itu, versi remake Alex Kidd in Miracle World akan dirilis pada 2021, lho.

5. Glover

Glover Ceab0

Maskot dan video game Glover yang dirilis untuk Nintendo 64 sempat menjadi favorit para gamers pada 1998. Gameplay-nya berpusat pada sebuah sarung tangan yang harus menggulingkan bola untuk mencapai tujuan.

Sama seperti Voodoo Vince, Glover bukan game biasa. Ada banyak elemen puzzle pada permainannya. Gameplay tersebut serta musik yang mengiringinya mendapatkan tanggapan positif dari para reviewers.

Namun, ketenarannya justru menurun akibat kesalahan fatal perusahaan game. Bukannya memesan 150.000 cartridge untuk Nintendo 64 yang merupakan jumlah standar pada saat itu, Hasbro Interactive sebagai publisher justru memesan dua kali lipat.

Akibatnya, ada banyak cartridge yang tersisa. Hal ini menyebabkan kerugian yang sangat besar, sehingga mereka tidak mampu menyelesaikan sekuel Glover yang dikabarkan sudah mencapai 80%.

6. Gex

Gex 54255

Obsesinya terhadap televisi membuat maskot hewan gecko yang hadir pada 1994 ini memiliki banyak lelucon sarkas.

Masalahnya adalah game Gex dipasarkan untuk anak-anak, dan ketika ia mengatakan, "Ini seperti begadang di rumah Richard Simmons", tentu saja mereka tidak memahami referensi pada kalimat ini.

Untungnya, Gex sempat menjadi maskot perusahaan game Crystal Dynamics selama beberapa waktu. Sekuel gamenya, Gex: Enter the Gecko, juga mendapatkan banyak penilaian positif.

7. Conker

Conker 6558a

Conker's Bad Fur Day adalah game 3D yang dirilis oleh Rare pada 2001 untuk Nintendo 64. Sama seperti judulnya, game ini memiliki maskot tupai bernama Conker.

Sempat dikira untuk anak-anak karena maskotnya yang lucu, ternyata game ini berisi banyak konten dewasa, contohnya umpatan dan adegan kekerasan.

Sejak Rare dibeli oleh Microsoft pada 2002, Conker muncul terakhir kali pada 2005 di versi remake yang berjudul Conker: Live & Reloaded. Sayangnya, game ini gagal menarik kembali minat para penggemar.

Akhir Kata

Itu dia maskot-maskot game yang dulunya sempat tenar, namun kini malah terpinggirkan. Selain karena sudah ketinggalan zaman, munculnya berbagai maskot baru dengan visual yang lebih bagus membuat posisi mereka sebagai karakter ikonik justru tergantikan.

Baca juga artikel seputar Out Of Tech atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
Game Arcade Terbaik 2019 Banner Cc5cb
10 Game Arcade Terbaik untuk Android & iOS, Bisa Dimainkan Secara Online dan Offline
Untitled Design 31 Fe3b4
12 Game Online Berdandan Terbaik Android dan PC | Bikin Lupa Waktu!
Game Anak Perempuan F7567
20 Game untuk Anak Perempuan Terbaik di Android
Game Memasak 6eb2f
7+ Game Memasak Offline di Android & PC Terbaik 2022, Paling Seru & Menantang
Untitled1 Aeb86
18 Game Balapan Mobil Terbaik 2022 untuk Semua Platform, Realistis Abis!
Game Bola Android 03aa7
10 Game Bola Android Terbaik 2021 Gratis, Langsung Download!

Download Skin Tools Config FF APK v1.0.0 Terbaru, Buat Konfigurasi Skin

Mengenal Investree: Cara Kerja, Keunggulan, Risiko, dan Keamanannya

7 Pinjaman Online Terpercaya, Cepat Cair dan Syarat Mudah!

Mengenal Freefireind 2022 Com, Bisa Dapat Diamond dan Skin FF Gratis dari Lucky Spin?

Berapa Lama Ngecas Motor Listrik? Ada yang Cuman Butuh 1 Jam Saja!

Aplikasi Pinjol Cair ke DANA 2023, Resmi Terdaftar OJK Langsung Acc!

Mengenal Website Safelink Duit Com, Terbukti Hasilkan Uang Tanpa Modal?

Download Yandex Browser Jepang 2023 Terbaru, Video Bokeh Anti Blokir!

Download Vimeo Proxy VPN APK, Bisa Akses Vimeo Tanpa Takut Terblokir!

13+ Cara Cheat Free Fire + APK Cheat FF Terbaru 2023, Auto Headshot dan Anti Banned!

Download Yandex Japan APK Terbaru 2023, Nonton Video Jepang Gratis Bebas No Sensor!

19+ Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat WhatsApp, Akurat & Ampuh!

Apa Itu Dogpile VPN? Berikut Definisi, Cara Menggunakan, dan Keamanannya

SnackLink Situs Penghasil Uang Tanpa Modal 2023, Bikin dan Sebar Link Dapat Cuan!

11+ Aplikasi Browser Anti Blokir Terbaik, Tak Perlu VPN untuk Buka Internet Positif!

Download VPN Turbo Bokeh, Bebas Akses Situs dan Video Museum Tanpa Sensor!

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal